Bambang Nurcahyo Prastowo

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Memanfaatkan Internet untuk Membantu Kelancaran Kerja Organisasi Sosial

next_inactive up previous


Memanfaatkan Internet
untuk Membantu Kelancaran Kerja
Organisasi Sosial

Bambang Nurcahyo Prastowo

Disampaikan di acara Tutorial dan Demo Internet
Dewan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Yogyakarta
di Universitas Ahmad Dahlan
25 Agustus 1995

Abstract:

Sarana komunikasi Internet telah hadir di semua provinsi di Indonesia. Komunikasi elektronis jarak jauh dapat dijangkau dengan cara menghubungi penyedia jasa Internet terdekat melalui saluran telpon lokal. Organisasi-organisasi yang banyak melakukan komunikasi surat-menyurat baik untuk keperluan pengiriman pesan atar anggota-anggotanya maupun pengiriman laporan dari dan ke seksi-seksinya dapat memanfaatkan Internet untuk menghemat biaya dan waktu pengiriman. Selain komunikasi, Internet dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi langsung dari sumbernya di berbagai penjuru dunia.

Pendahuluan

Kerja organisasi-organisasi sosial umumnya banyak memerlukan komunikasi data baik untuk keperluan surat-menyurat maupun pengiriman laporan dari dan ke seksi-seksinya atau cabang-cabangnya. Secara tradisional, komunikasi data ini dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas surat-meyurat dari Kantor Pos, atau menyediakan sendiri bagian khusus yang menangani pengiriman dokumen (kurir).

Makalah ini akam membahas pemanfaatan dari media Internet untuk menyelenggarakan berbagai bentuk komunikasi. Sebagai media komunikasi alternatif, Internet menjanjikan kerja yang lebih cepat dan terintegrasi. Fungsi kerja komunikasi tradisionil seperti: surat pos, kurir, telpon dan fax dapat dilakukan dengan memanfaatkan sambungan Internet. Internet hanyalah suatu media alternatif. Tidak semua kebutuhan komunikasi dapat dilayani dengan Internet. Ada beberapa kebutuhan yang hanya cocok untuk dilayani melalui Intenet.

Perihal Internet

Pemakaian komputer dilakukan dengan memasukkan data misalnya melalui keyboard atau melalui scanner. Disamping data yang umumnya berisi informasi yang dibutuhkan dalam suatu pekerjaan, pemakaian komputer juga membutuhkan program yang berisi instruksi-instuksi komputasi/pengolahan data. Program-program ini lah yang menentukan hasil dari pengolahan data. Pemanfaatan dua komputer atau lebih juga memerlukan pengisian data di kedua atau lebih komputer tersebut. Jika di kantor yang sama terdapat beberapa komputer, besar kemungkinan banyak data dan program yang diperlukan di beberapa komputer tersebut. Dengan teknologi jaringan komputer, data-data dan program-program yang diperlukan di banyak komputer cukup dimasukan ke satu komputer saja. Jika memerlukan, pekerja di komputer lain dapat membaca langsung data di komputer yang menyimpannya, atau dapat juga menjalankan instruksi komputer yang secara otomatis menyalin data dari suatu komputer ke komputer yang lain.

Jaringan komputer adalah suatu media yang dapat digunakan untuk mentransfer data dari satu komputer ke komputer yang lain. Cara kerja penyaluran data itu fisiknya sama degnan cara kerja penyaluran suara pada teknologi audio atau penyaluran gambar pada teknologi visual. Dengan demikian, media yang dipakai untuk membangun jaringan komputer juga sama dengan media yang dipakai untuk menyalurkan suara/gambar ala radio/TV yakni: kabel tembaga, kabel serat optik, sinyal radio, sinyal satelit dan sebagainya.

Berbeda dengan penyaluran informasi Radio/TV yang bersifat satu arah dari pemancar ke pesawat penerima, setiap komputer yang dilengkapi dengan kemampuan menerima data dari komputer lain umumnya juga berkemampuan untuk menyalurkan data ke komputer lain. Dari sisi arah penyampaian informasi, komputer yang tersambung dalam suatu jaringan bekerja seperti sebuah pesawat komunikasi radio dua arah yang merupakan penerima sinyal radio sekaligus memiliki komponen pemancar sinyal radio juga.

Pada pemakaian pesawat komunikasi radio, lalu-lintas pembicaraan diatur dengan mengalokasikan frekuensi pancaran menurut yang lazim disebut channel (saluran). Masing-masing saluran diberi nomor tertentu. Pihak-pihak yang hendak berkomunikasi dapat memperjanjikan saluran tertentu untuk bercakap-cakap. Pesawat pemancar dan penerimanya disetel pada saluran yang sama. Karena umumnya percakapan dilakukan dengan menggunakan satu saluran yang sama, maka ``kepemilikan'' saluran tersebut dikaitkan dengan suatu kelompok pemakai. Disamping itu jumlah saluran yang tersedia sangat terbatas sehingga tidak memungkinkan untuk ``menjual'' satu saluran untuk satu orang saja.

Teknologi komunikasi dengan komputer juga mengikuti prinsip serupa. Karena di dalam komputer ada proses komputasi, channel penyaluran data komputer dapat diperbanyak. Ada banyak cara mengatur saluran-saluran komunikasi data komputer. Salah satunya yang saat ini sangat populer adalah Internet. Dengan Internet, masing-masing komputer yang terhubung diberi nomor saluran tersendiri yang lazim disebut nomor IP (Internet Protocol). Jika kita hendak mengirimkan data ke suatu komputer, data tersebut dilengkapi dengan nomor IP tujuan untuk kemudian disalurkan ke komputer terdekat di Internet. Selanjutnya paket data akan dikirim secara beranting sampai ke tujuan.

Pada umumnya, disamping nomor IP, masing-masing komputer yang terhubung di Internet diberi identitas dengan kata-kata yang mudah diingat-ingat. Misalnya, komputer-komputer Internet milik PT Pos Indonesia diberi nama ``wasantara'' (singkatan wawasan Nusantara). Jika identitas itu terdiri dari beberapa kata, maka kata-kata itu dipisahkan dengan simbol titik. Misalnya, komputer Posindo di Yogya mendapat identitas ``yogya.wasantara.net.id''. Nama ``net.id'' adalah akhiran yang lazim diberikan pada identitas komputer-komputer yang ada di Indonesia. Karena paket data Internet disampaikan secara beranting, hubungan dari masing-masing komputer akan terasa ``lokal''. Berbeda dengan telpon. Untuk menghubungi pesawat di Amerika, perlu diadakan saluran langsung ``interlokal''.

Kebutuhan sarana Komunikasi

Ada dua macam komunikasi: langsung dan tak langsung. Dengan komunikasi langsung, pesan yang dikeluarkan pengirim langsung dibaca oleh penerima. Dengan komunikasi tak langsung, pembacaan pesan opel peneriman dapat dilakukan sewaktu-waktu setelah pesan tersebut terkirim. Kedua macam komunikasi ini masing-masing ada untung-ruginya. Beberapa masalah seperti penyebaran pengumuman lebih cocok dikomunikasikan dengan media tidak langsung. Masalah-masalah yang membutuhkan diskusi antar beberapa pihak memerlukan sarana komunikasi langsung.

Untuk mengadakan komunikasi langsung (satu atau dua arah) semua pihak yang terlibat (mengirim atau penerima data) harus memegang sarana komunikasi pada saat yang sama. Contohnya, kedua pihak yang berkomunikasi melalui telpon harus bersama-sama memegang pesawat telpon. Dalam batas-batas tertentu pesan langsung dapat juga disampaikan ke masyarakat musalnya dengan menggunakan pengeras suara. Tentu saja efektifitas penyampaiannya tidak dapat diharapkan terlalu baik mengingat beragamnya aktifitas masyarakat menyebabkan semua orang siap mendengarkan pengumuman itu. Komunikasi langsung antar pihak yang berada di satu bangunan bisa diadakan dengan mengundang rapat di ruang yang sama.

Dengan komunikasi tak langsung, data atau pesan yang disampaikan pihak pengirim dapat dibaca beberapa saat (beberapa hari) kemudian oleh pihak penerima. Penundaan ini bisa disebabkan oleh keterlambatan pengiriman atau karena tidak adanya kesempatan bagi penerima untuk langsung membaca pesan. Komunikasi tak langsung dapat juga berbentuk penyebaran informasi baik dengan aktif mengirimkannya ke penerima (misalnya mengirimkan koran ke pelanggan) maupun pasif hanya dengan memasang papan pengumuman. Pihak penerima yang diminta untuk aktif datang ke tempat papan pengumuman untuk membaca isi pesan yang diumumkan.

Telpon dan Fax

Kebutuhan komunikasi jarak jauh antar anggota organisasi saat ini umumnya dilakukan dengan telpon untuk percakapan langsung, fax untuk surat menyurat cepat, dan pos untuk pengiriman surat yang tidak harus sampai segera. Keuntungan komunikasi telpon adalah dimungkinkannya melakukan diskusi jarak jauh. Namun demikian telpon tidak dapat digunakan untuk mengirimkan data dokumenter yang diperlukan sebagai rujukan kerja sewaktu-waktu.

Dengan teknologi fax, dokumen tertulis dapat dikodekan dengan suara yang dapat disalurkan melalui telpon. Di sisi penerima, kode suara dikembalikan ke informasi tercetak di kertas. Fax sangat baik untuk menyampaikan rincian informasi tertulis yang jelas. Teknologi ini dapat digunakan untuk membantu kejelasan dari catatan percakapan telpon yang sering mengandung kekeliruan. Kerugiannya dibanding pengiriman dokumen tertulis melalui pos adalah keaslian tanda tangan tidak dapat dipastikan dengan melihat hasil cetakan fax.

Pemakaian Internet

Karena Internet adalah jaringan komputer, kita dapat memanfaatkannya untuk kepentingan pengiriman pesan/surat. Dengan jaringan komputer, naskah yang diketikkan di satu komputer dapat segera tersimpan atau ditampilkan di komputer yang lain. Berbeda dengan data fax yang berupa gambar tercetak di kertas, data kiriman komputer berupa berkas yang sama persis dengan data yang dimasukkan pengirim. Untuk selanjutnya si penerima dapat melanjutkan, mengubah, mengoreksi langsung di berkas yang sama. Hal ini sangat bermanfaat untuk pengumpulan data-data laporan. Sumber-sumber data dapat mengirimkan laporan dalem bentuk yang siap edit. Pihak penyusun laporan dapat dengan cepat menggabungkan data laporan untuk dijadikan buku dokumen dengan format yang rapi dan seragam.

Sumber Informasi

Untuk membantu kelancaran kerja dan sering juga untuk menunjang kelangsungan hidup, suatu organisasi atau perusahaan komersial perlu melakukan publikasi mengenai kegiatan-kegiatannya. Publikasi ini diperlukan agar masyarakat tertarik untuk ikut membantu atau dalam konteks perusahaan komersial agar masyarakat tertarik untuk membeli produk usahanya itu.

Media Massa

Publikasi kegiatan organisasti atau produk barang dan jasa perusahaan umumnya dilakukan dengan bantuan media massa baik yang cetak seperti koran majalan maupun suara/gambar melalui Radio dan TV. Disamping itu sering juga dilakukan pengiriman informasi dengan secara langsung satu-persatu menelpon anggota masyarakat dan juga mengirimkan surat-surat ke alamat pribadi. Data-data nama, alamat dan nomor telpon dapat diperoleh dari buku telpon.

Untuk memberi pelayanan informasi lebih lengkap, biasanya organisasi/perusahaan menyedikan pusat informasi yang dapat dihubungi melalui telpon atau datang sendiri ke ``loket'' pelayanan. Keberhasilan dari pelayanan informasi ini bergantung pada servis dari bagian informasi itu sendiri. Beberapa peningkatan pelayanan misalnya dengan menambah saluran telpon dan menggunakan sistem ``hunting''.

Sumber Informasi di Internet

Peningkatan pelayanan informasi tradisionil dengan menambah saluran telpon informasi dan memperbanyak loket membutuhkan investasi yang cukup besar. Dengan menurunnya harga komputer dan sarana jaringannya, investasi usaha dengan peningkatan pelayanan informasi melalui Internet menjadi alternatif yang cukup menguntungkan untuk dijajaki.

Pemasangan Internet dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan sekaligus, antara lain:

komunikasi antar anggota organisasi
Internet dapat digunakan sebagai media alternatif surat-menyurat dengan cepat disamping pos tradisionil dan fax.
eksplorasi informasi
Karena jaringan komputer memungkinkan pembacaan data di komputer-komputer lain yang terhubung, tersedianya jaringan komputer Internet yang mendunia memungkinkan kita untuk membaca data-data yang tersimpan di banyak komputer yang tersebar di segala penjuru dunia
publikasi data
Disamping untuk membaca informasi di komputer lain, komputer sendiri yang terhubung ke Internet dapat diisi dengan data-data yang perlu dipublikasikan. Dengan mempublikasikan identitas komputer yang berisi data-data publikasi, maka semua pemakai Internet dapat membacanya. Informasi iklan dapat ditekan minimal tetapi cukup menarik masyarakat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.
Teknologi Internet memungkinkan banyak orang dapat sekaligus membaca dokumen-dokumen yang kita publikasikan. Dari segi banyaknya anggota masyarakat yang dapat mengakses sumber informasi secara bersamaan, Internet lebih menguntungkan dibanding penyediaan informasi melalui saluran telpon.

Jaringan Komunikasi Organisasi

Pemakaian Internet untuk komunikasi data hanya cocok untuk data-data yang bersifat umum. Surat-menyurat yang tidak bersifat rahasia, eksplorasi data yang disediakan orang lain dan publikasi data yang kita sediakan sendiri. Pemakaian Internet menjadi semakin aman karena volume lalu-lintas data di Internet sangat tinggi sedemikian hingga semakin sulit bagi seseorang untuk mengumpulkan potongan-potongan informasi dari percakapan tertentu untuk disadap.

Bagi organisasi/perusahaan yang membutuhkan komunikasi yang bersifat lebih pribadi/rahasia dapat membangun jaringan dengan teknologi yang sama tetapi terpisah dari Internet. Saat ini bahkan dikembangkan teknologi ``baru'' dengan nama Intranet. Secara singkat, teknologi ini memanfaatkan program-program Internet untuk keperluan eksplorasi/publikasi data dan komunikasi yang terbatas pada kompleks perkantoran suatu organisasi.

Penutup

Internet adalah media komunikasi alternatif yang dalam batas-batas pemakaian tertentu dapat digunakan untuk menggantikan media komunikasi tradisionil seperti pos, telpon dan fax. Sebagai media alternatif, Internet tidak dapat menggantikan media tradisionil secara keseluruhan mengingat terbatasnya golongan masyarakat pemakai Internet. Dengan ``memasyarakatkan'' Internet, diharapkan suatu saat kelak pemakaiannya sudah meluas, seluas pemakaian telpon, sehingga program-program aplikasi yang ditawarkan dapat dimanfaatkan maksimal sesuai dengan yang diangankan pembuatnya.

About this document ...

Memanfaatkan Internet
untuk Membantu Kelancaran Kerja
Organisasi Sosial

This document was generated using the LaTeX2HTML translator Version 2002 (1.62)

Copyright © 1993, 1994, 1995, 1996, Nikos Drakos, Computer Based Learning Unit, University of Leeds.
Copyright © 1997, 1998, 1999, Ross Moore, Mathematics Department, Macquarie University, Sydney.

The command line arguments were:
latex2html -split 0 internet-dpw.tex

The translation was initiated by Bambang Prastowo on 2002-12-12


next_inactive up previous
Bambang Prastowo 2002-12-12

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 7E1C di
  • 8. ifanz

    kayanya saya butuh yang sifatnya lebih teknis degh...soalnya kebanyakan isi blog indo ngebahas teorinya aza...jrg yang mo bagi-bagi hal teknis di lapangan...
    kan dari downstreamnya dulu baru ke up stream..
    kalo mo comment...ke saya ifanz_irfan@yahoo.com

    08-02-08 01:20
  • 7. gita

    sebetulnya bukan komentar saya sedang membikin skripsi tentang efektivitas dari website saya bisa mencari dimanakah sumber data tersebut, di perpustakaan, toko buku, searching di engine juga tidak mendapatkan hasil yg memuaskan. kiranya dapat membantu

    regards, gita

    27-07-07 12:02
  • 6. muhadi adhiyatma

    mudah mudahan indonesia bisa lebih maju dari pada sebelumnya. dengan adanya alat telekomunikasi yang canggih saat ini dan bisa juga dinikmati semua kalangan. Good luck

    21-07-07 12:05
  • 5. sutrisno

    Saya sangat prihatin dengan adanya alat komunikasi sekarang ini,,karena biaya nya terlalu mahal,padahal kita tau apabila yang menggunakan alat komunikasi bkan hanya orang yang berduit aja,saya punya usul gimana kalo kita pake cara yang lebih aman,ampuh,tampa dibatasi apapun,dengan cara ini kita dapat komunikasi tanpa adanya gangguan yaitu dengan TELEPATI,mungkin kalo sekarang outlet2 diganti aja dengan pengajaran ilmu TELEPATI mungkin akan lebih laris,,kita cuma ngeluarin biaya sedikit tapi berguna untuk selamanya.tanpa ada Error atau istilahnya Blank...mungkin banyak yang mendukung saya,,,cuma kelemahanya kita ngga bisa kirim sms...hehheeee...

    17-06-06 12:51
  • 4. sutrisno

    saya sangat pinggin kalau alat komunikasi di diindonesia dilakukan tanpa ada nya pengeluaran biaya,seperti saya punya hp tapi kaloa pulsa habis saya harus mengeluarkan uang untuk membeli pulsa

    08-06-06 11:34
  • 3. Bambang Nurcahyo Prastowo

    Handphone juga sangat membantu saya tapi entah kenapa saya masih juga harus mengeluarkan biaya untuk menggunakan telpon.

    11-05-06 02:36
  • 2. fitri yulyanti

    dengan adanya internet sangat membantu kami dlam mencari berita2 dan tugas2 juga menambah pengetahuan kami, tapi mengapa dalam pemakaian internet masih mengeluarkan biaya

    11-05-06 09:14
  • 1. budhi

    bagus sekali komentar di atas dgn cara ini kami semua dapat mendapatkan data yang kami inginkan. TERUSKAN PERJUANGAN ANDA DALAM MEMBANGUN INDONESIA YANG LEBIH BAIK DARI SEKARANG!!!!!!!!!!!!!!!!!

    18-01-06 10:19