Bambang Nurcahyo Prastowo

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Sistem Pemrograman Java: Aplikasi Interaktif di Sistem WWW

next_inactive up previous


Sistem Pemrograman Java:
Aplikasi Interaktif di Sistem WWW

Bambang Nurcahyo Prastowo

Abstract:

Pemakaian sistem informasi berbasis World Wide Web di Internet diharapkan dapat dimanfaatkan untuk keperluan komunikasi data lokal. Sistem Java dirancang untuk menutup Keterbatasan WWW untuk melayani kebutuhan interaktif. Makalah ini membahas permasalahan aplikasi interaktif melalui sistem WWW dan solusi yang ditawarkan sistem Java.

1 Pendahuluan

Disamping oleh meluasnya penggunaan electronic mail (surat elektronik, imil), popularitas Internet antara lain ditunjang oleh kesuksesan penggunaan sistem World Wide Web (WWW). Publikasi tentang kemudahan penggunaan sistem WWW dan luasnya informasi yang dapat digali dari Internet dengan sistem ini menyebabkan banyak pihak tertarik untuk menggabungkan sistem komputernya dengan Internet. Disamping eksplorasi Informasi dari tempat lain, Internet sekaligus digunakan untuk publikasi produk sendiri. Dengan kemajuan teknologi pengamanan data, Internet mulai digunakan untuk melalukan transaksi bisnis jarak jauh yang mengikat secara hukum.

Makalah ini membahas masalah pemanfaatan sistem WWW untuk menyusun sistem komunikasi data interaktif khususnya dengan memanfaatkan sistem pemrograman Java. Semua informasi tentang sistem World Wide Web diambil dari homepage konsorsium WWW (http://www.w3c.org). Semua informasi tentang pemrograman Java diambil dari homepage Sun Micro System (http://www.sun.com) terutama dari homepage Java sendiri ( http://www.javasoft.com). Contoh-contoh program diturunkan dari contoh-contoh program yang ada di [Dan96,CH96,JM96].

2 Aplikasi WWW

Pada awalnya, pemanfaatan sistem WWW hanya terbatas untuk membaca informasi statis, yakni dalam arti pihak client hanya melakukan pembacaan data-data yang dipajang para pemilik server. Dengan sistem ini, berkas-berkas dari beberapa simpul internet dapat digabungkan untuk dibaca dalam satu penampilan seperti nampak pada Gambar 1.

Figure 1: Penampilan dokumen teks yang diselipi gambar dari komputer lain
\begin{figure}\begin{center}
\leavevmode
\epsfbox{hipertek.eps} \end{center}\end{figure}

Selain rujukan sumber yang langsung memasukkan berkas yang dirujuk ke dalam tampilan dokumen yang merujuk ada juga rujukan kait. Dengan rujukan kait, bagian dari tampilan dokumen suatu dapat dihubungkan dengan sumber dokumen lain sedemikian hingga bila bagian tampilan itu di''klik'' dengan mouse, browser akan menampilkan dokumen yang dirujuk tersebut. Bagi yang ingin memulai penelurusan informasi ilmiah melalui sistem WWW, silakan simak bukunya Brian J. Thomas yang berjudul The Internet for Scientists and Engineers [Tho96].

Program penelusur data WWW atau yang lebih dikenal dengan istilah Web Browser pada mulanya dirajai oleh Internet Mosaic (TM) yang mulai memasukkan unsur-unsus multimedia ke browser. Browser Netscape (TM) yang mempelopori sistem penampilan dokumen web incremental cepat mendapat sambutan dari masyarakat pemakai sistem WWW. Dengan Netscape, dokumen yang sedang dalam proses transfer langsung tampil sepotong demi sepotong. Lain halnya dengan Mosaic versi awal yang baru menampilkan dokumen setelah selesai transfer.

2.1 Umpan Balik dari Browser

Pada perkembangan selanjutnya banyak digunakan program-program server dan client yang dirancang sedemikian hingga pihak pembaca dapat juga mengirimkan umpan balik ke pihak pemajang data. Fasilitas pengiriman teks umpan balik pada awalnya hanya digunakan untuk keyword search dengan teks terbatas satu baris. Fasilitas umpan balik ini dikembangkan untuk:

  1. Mengirimkan permintaan tentang data khusus yang terlalu besar jika harus dipajang secara keseluruhan. Sebagai contoh di ://www.xerox.com tersedia peta dunia yang cukup rinci. Kita dapat mengirimkan permintaan agar server tersebut mengirimkan potongan peta dalam tingkat kerincian tertentu.

  2. Mengisi formulir dengan data-data yang ingin dipublikasikan oleh pemakai umum sistem WWW. Dengan cara ini, orang dapat ``menitipkan'' informasi ke pemilik server WWW secara mudah untuk dipublikasikan.

  3. Mengirimkan ``nota pesanan'' produk yang dipublikasikan.

  4. Mengirimkan imil melalui server WWW.

Fasilitas mengirimkan pesan umpan balik membuka luas perkembangan bentuk-bentuk interaksi baru antara client dan server WWW. Salah satu diantaranya adalah fasilitas chat. Dengan fasilitas ini, client dapat mengirimkan pesan yang dapat dimunculkan di layar client-client lain yang sedang membaca ``dokumen'' yang sama. Dengan demikian, fasilitas ini dapat dimanfaatkan sebagai forum diskusi teks. Umpan balik yang pada mulanya hanya berupa sebaris teks dikembangkan sehingga para perancang homepage dapat memasukkan obyek-obyek antarmuka yang lazim digunakan di program-program aplikasi berbasis window seperti radio button, selection list, dan text area.

2.2 Aplikasi Interaktif
Jarak Jauh

Meskipun telah banyak aplikasi yang memanfaatkan fasilitas umpan balik, bentuk interaksi tampilan per tampilan ini dirasa kurang memadahi. Hal ini disebabkan karena proses komputasi sepenuhnya dilakukan oleh pihak server. Perubahan tampilan sekecil apapun memerlukan transfer data satu dokumen penuh dari server. Sementara itu, aplikasi WWW diharapkan dapat dinikmati oleh semua client, termasuk client yang tersambung dengan kapasitas saluran pas-pasan. Kebanyakan pengguna Internet di Indonesia rata-rata hanya dapat menikmati transfer data 200-500 byte per detik. Tampilan satu layar komputer dapat memakan waktu beberapa detik sampai bebreapa menit.

Untuk mengatasi kelambatan ``screen update'' dibutuhkan sistem yang memungkinkan terjadinya proses komputasi di komputer client. Pada dasarnya, kebutuhan ini sudah dapat dipenuhi dengan teknologi yang ada pada awal berkembangnya WWW. Program WWW client telah diperlengkapi dengan ``parser'' yang dapat menguraikan dokumen html sebagai spesifikasi cara menampilkan data dalam html tersebut. Kemampuan interpretasi kode penampilan dengan mudah dapat ditingkatkan dengan kemampuan interpretasi kode sebagai program untuk dijalankan sebagai proses di komputer yang menjalankan client.

Yang menjadi masalah adalah keamanan. Jika pembacaan isi data yang terpajang di server WWW dapat mengakibatkan jalannya proses komputasi di komputer client maka dikhawatirkan proses tersebut dapat merusak sistem client baik dengan maupun tanpa unsur kesengajaan dari pihak server. Penelitian masalah ini dilakukan untuk menetapkan batas jangkauan proses di komputer client yang boleh dipicu oleh kode-kode yang dicantumkan dalam dokumen WWW.

3 Sistem Java

Teknologi Internetworking telah membuktikan bahwa satu sistem tunggal (World Wide Web) dapat diakses dari berbagai macam komputer dengan berbagai macam sistem operasi. Hal ini dilakukan dengan membuat kesepakatan protokol yang didudukung oleh program-program aplikasi yang dibuat untuk berbagai sistem. Mulai jenis IBM PC (terutama tiruan-tiruannya), Apple MacIntosh, Sun, HP, sampai IBM mainframe sedikit banyak menyediakan fasilitas untuk berkomunikasi dengan protokol Internet (TCP/IP). Sun MicroSystem bergerak lebih lanjut dengan merancang sistem Java yang memungkinkan suatu program aplikasi dapat dijalankan di segala macam sistem komputer tanpa harus melakukan modifikasi.

Java dirancang sebaga bahasa pemrograman berorientasi obyek tanpa merujuk ke jenis komputer tertentu. Untuk mengetasi perbedaan arsitektur prosesor, Java menyediakan sistem piranti lunak bagi setiap sistem komputer yang berpotensi menjalankan program java. Sistem piranti lunak ini berfungsi sebagai ``sistem operasi'' yang mengatur jalannya proses-proses Java. Java

3.1 Pemrograman Java

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi obyek. Program-program Java nampak seperti teks program yang dihasilkan Visual Basic(TM) dari MicroSoft atau Delphi(TM) dari Borland. Perancang sistem Java menganjurkan programernya untuk langsung saja menulis program dengan editor teks. Hal ini dapat difahami karena sasaran pemakai bahasa pemrograman Java adalah mereka yang terbiasa membangun sistem piranti lunak dengan C/C++ (pemrograman sistem) atau Perl (pemrograman CGI).

Sebagai bahasa pemrograman umum, Java tidak tidak memiliki keistimewaan baru dibanding bahasa-bahasa pemrograman lain. Meskipun menggunakan sintaks tersendiri, konsep obyek di Java kurang lebih seperti obyek di C++. Yang menjadi daya tarik adalah, Java dipublikasikan sebagai bahasa untuk membuat program aplikasi Internet. Java muncul pada saat Internet itu sendiri sedang menanjak kepopulerannya.

3.2 Input Output Stream

Salah satu kekuatan Java bertumpu pada konsep input/output stream. Segala peralatan komputer, termasuk piranti jaringan komunikasi data dan sistem berkas, ditangani dengan ``memasang'' saluran data dari dan ke piranti yang bersangkutan. Saluran data masuk (obyek yang dapat memberikan data) disebut input stream dan saluran data keluar (obyek yang dapat menerima data) disebut output stream. Berikut ini adalah potongan program Java yang melakukan pemasangan saluran input dan output data ke sistem berkas.
    FileInputStream fin =
      new FileInputStream("masuk.dat");
    FileOutputStream fout =
      new FileOutputStream("hasil.dat");
FileInputStream dan FileOutputStream mengeluarkan dan menerima data byte per byte.

Jika hendak menuliskan bermacam data seperti string, integer, dan float, maka dapat didefinisikan konverter pada saluran data tersebut. Perhatikan potongan program berikut ini.

    FileOutputStream fout =
      new FileOutputStream("hasil.dat");
    PrintStream prtout =
      new PrintStream(fout);

String nama = \"Fulan\"; double gaji = 500000;

prtout.print(nama); prtout.print(' '); prtout.println(gaji);

Ini akan mengirimkan string ASCII
    Fulan 5000\\n
Ke saluran ptrout, yakni ke berkas hasil.dat.

3.3 Pemrograman Komunikasi
Data

Input dan output melalui jaringan komputer pada dasarnya diperlakukan seperti input dan output ke sistem berkas, yakni dengan memasang obyek input dan obyek output pada socket sambungan jaringan komputer. Potongan program berikut ini memasang socket ke komputer beridentitas server.intranet.ugm dengan nomor saluran (port) 2233.
 Socket t
= new Socket ("server.intranet.ugm", 2233);

DataInputStream dinput = new DataInputStream(t.getInputStream)

Untuk selanjutnya, dinput diperlakukan sebagai obyek input stream tempat kita mengambil data yang dikirim oleh proses server di komputer server.intranet.ugm melalui socket port 2233. Untuk mengirimkan data, perlu dibuat obyek output stream pada socket t dengan metoda getOutputStream.

Pembukaan socket di atas dapat terjadi kalau komputer yang dihubungi (server.intranet.ugm) menjalankan proses server yang akan membuat obyek input dan output stream jika ada komputer lain yang menghubunginya. Tiap server akan berjaga dengan nomor port yang berbeda satu sama lain. Potongan program berikut ada contoh perintah untuk menjaga nomor port untuk menunggu permintaan hubungan socket.

ServerSocket ss = new ServerSocket(2233);
Perintah
Socket hubung = ss.accept();
menyuruh Java untuk menunggu permintaan hubungan. Jika ada permintaan hubungan maka obyek DataInputStream dan DataOutputStream dapat dibuat seperti client di atas. Input si satu ujung socket berhubungan dengan output di ujung yang lain; demikian pula sebaliknya. Dari satu sisi, input dan output stream ke jaringan dapat dipandang sama dengan input dan output ke sistem berkas (lihat Gambar 2).

Figure 2: Input/Output stream ke jaringan komputer dan ke sistem berkas.
\begin{figure}\begin{center}
\leavevmode
\epsfbox{stream.eps} \end{center}\end{figure}

Sebagaimana bahasa pemrograman modern umumnya, Java memiliki fasilitas pemrograman antar muka grafis. Fasilitas pembuatan tampilan seperti button dan option list dan fasilitas event handler sperti mouse click dan sebagainya kurang lebih sama dengan yang disediakan Delphi atau Visual Basic.

3.4 Sistem Operasi Java

Ada dua macam sistem priranti lunak yang dapat menjalankan program Java: interpreter Java dan Browser WWW. Dengan interpreter, program java dijalankan sebagaimana kita menjalankan program-program aplikasi komputer yang lain. Dengan Browser WWW, program Java yang dirujuk sebagai sisipan dalam dokumen WWW dari suatu server akan dijalankan oleh interpreter Java yang sudah termasuk dalam program browser itu sendiri.

Sebagai pengembangan dari Java interpreter, Sun Microsystem memproduksi Sistem Operasi Java. Sistem Operasi Java bekerja seperti Java interpreter dalam menjalankan program-program aplikasi Java. Karena berdiri sendiri (tidak bekerja di bawah komando sistem operasi lain), Sistem Operasi Java diharapkan dapat menjalankan program-program aplikasi Java secara lebih efisien.

4 Java di Sistem WWW

Dalam bentuk program aplikasi tersendiri, Java berjalan dengan keamanan data yang disediakan sistem operasi. Pada saat menjalankan program Java, kita harus tahu persis apa yang dilakukan program tersebut. Sebagaimana program-program ``executable'' yang lain, program Java berpotensi untuk merusak sistem tempat program itu berjalan.

Sistem Java dirancang untuk memungkinkan distribusi software langsung melalui akses dokumen WWW. Program-program aplikasi kecil (misalnya validasi isian formulir) dapat dijalankan di sisi browser sehingga dapat mengurangi jumlah data yang harus dipingpong antara browser dan server untuk mendapatkan isian formulir yang sesuai dengan yang dikehendaki pengelola server.

4.1 JavaScript

Dalam peristilahan sistem operasi komputer, script adalah spesifikasi proses (program) yang ditulis dengan suatu bahasa pemrograman yang lazimnya dijalankan dengan interpreter. Untuk menjalankan suatu proses, script tidak perlu dirakit ke bentuk lain terlebih dahulu. Program browser WWW yang mengandung sistem Java umumya dapat menjalankan JavaScript. Setiap dokumen web dapat diselipi teks program yang membangkitkan proses di setiap WWW browser yang mengaksesnya.

Netscape(TM) mengkaitkan pemrograman JavaScript langsung untuk mendayagunakan komponen-komponen tampilan browser seperti window utama, kolom status, dan komponen-komponen tampilan dokumen seperti frame, button, tabel, formulir isian dan sebagainya. Kekuatan Java Script dibuktikan dengan program-program demo yang antara lain memanfaatkan obyek tabel untuk membuat kalkulator dan spreadsheet.

4.2 Java Applet

Program aplikasi Java dapat didistribusikan melalui akses WWW. Dengan kelengkapan sistem Java, program Browser akan menjalankan proses Java jika mengakses dokumen WWW yang diselipi program Java yang sudah terakit. Untuk distribusi program melalui WWW, rakitan program java ini dikemas dalam bentuk khusus yang disebut Applet.

Figure 3: Browser yang mengakses dokumen yang merujuk ke applet menjalankan proses sesuai dengan yang diprogramkan applet.
\begin{figure}\begin{center}
\leavevmode
\epsfbox{applet.eps} \end{center}\end{figure}

Jika dirujuk, Applet akan menjadi proses baru yang berjalan di komputer yang mengakses Applet tersebut. Gambar 3 menunjukkan bahwa proses applet dapat berinteraksi sendiri dengan proses-proses lain yang ada di server sumber applet.

4.3 Keamanan Data dalam
Jaringan

Browser Netscape membatasi proses Java untuk tidak membaca atau menuliskan data dalam sistem berkas lokal [CH96]. Koneksi komunikasi data melalui jaringan hanya boleh dilakukan proses Java dengan komputer yang mengirimkan applet yang bersangkutan. Sepintas lalu, pembatasan ini terasa keterlaluan, namum kalau mengingat bahwa browser Java didistribusikan secara luas dan tidak ada kontrol terhadap server yang berpotensi mendistribusikan Java applet maka pembatasan ini bisa dimaklumi.

Seandainya applet boleh membaca data komputer lokal, setiap pemilik server web dapat memasang applet yang membaca data komputer lokal dan mengirimkannya ke server. Hal ini tidak dikehendaki sistem pengamanan komputer karena melanggar ketentuan pembatasan hak baca oleh pihak di luar sistem lokal sebagaimana ditunjukkan di Gambar 4.

Figure 4: Peluang Applet membaca semua data di sisi browser
\begin{figure}\begin{center}
\leavevmode
\epsfbox{tidak-aman.eps} \end{center}\end{figure}

Demikian pula jika proses applet dari web diijinkan untuk menuliskan data, maka kemampuan ini berpotensi untuk merusak sistem berkas di komputer yang menjalankannya.

Bagaimana dengan hubungan penyaluran data dengan komputer lain? Sepintas kita dapat menyatakan bahwa jika suatu server merelakan datanya dibaca melalui sistem WWW maka semestinya ia merelakan pula data tersebut disalurkan ke tempat lain melalui pihak ketiga. Yang menjadi masalah adalah kenyataan bahwa banyak perkantoran yang memanfaatkan web browser seperti Netscape untuk kepentingan komunikasi data internal. Akses web ke luar jaringan lokal dilakukan melalui komputer khusus yang menjalankan program proxy.

Ide dasar penggunaan proxy adalah untuk memberi kesempatan pada komputer di dalam jaringan internal untuk membuka hubungan komunikasi data dengan dunia luar. Sementara itu, dari luar jaringan lokal, hubungan hanya dapat dilakukan dengan komputer yang khusus untuk hubungan ke luar tersebut. Jika applet diijinkan untuk membaca data dari komputer selain dari sumber applet tersebut, maka dimungkinkan applet yang diselipkan di suatu dokumen www untuk mengambil informasi yang hanya diperuntukkan pemakai jaringan lokal untuk ditransfer ke server yang berada di luar jaringan lokal.

Figure 5: Interaksi Applet dengan Server Basis Data
\begin{figure}\begin{center}
\leavevmode
\epsfbox{dbase.eps} \end{center}\end{figure}

Keterbatasan akses data dari Applet ditanggulangi dengan memasang server di komputer yang mendistribusikan applet tersebut untuk melakukan hubungan dengan pihak-pihak pemegang data yang dibutuhkan oleh applet yang bersangkutan. Server pembantu tersebut bekerja dengan mekanisme CGI (common gateway interface). Dengan demikian dapat dijalankan skenario bekerjanya suatu proses di browser yang secara aktif melalukan penyajian data dinamis (dapat berubah menurut waktu) ke pengguna browser.

5 Penutup

Java adalah bahasa pemrograman umum yang memiliki interpreter di hampir semua sistem komputer yang berpotensi untuk menjalankan program aplikasi jaringan komputer. Kemantapan hasil riset dibidang keamanan data di jaringan komputer mendukung perkembangan sistem distribusi aplikasi jaringan komputer melalui aplikasi WWW. Sistem Java membuka lebar perluasan manfaat jaringan komputer di segala bidang.

Bibliography

CH96
Gary Cornell and Cay S. Horstmann.
Core Java.
The SunSoft Press, A Prentice Hall Title, 1996.

Dan96
Arman Danesh.
Teach yourself JavaScript in a Week.
Sams.net Publishing, 1996.

JM96
Jerry R. Jackson and Alan L. McClellan.
Java by Example.
The SunSoft Press, 1996.

Tho96
Brian J. Thomas.
The Internet for Scientists and Engineers.
Oxford University Press, 1996.

About this document ...

Sistem Pemrograman Java:
Aplikasi Interaktif di Sistem WWW

This document was generated using the LaTeX2HTML translator Version 99.2beta8 (1.42)

Copyright © 1993, 1994, 1995, 1996, Nikos Drakos, Computer Based Learning Unit, University of Leeds.
Copyright © 1997, 1998, 1999, Ross Moore, Mathematics Department, Macquarie University, Sydney.

The command line arguments were:
latex2html -no_subdir -split 0 -show_section_numbers java.tex

The translation was initiated by on 2001-01-08


next_inactive up previous

2001-01-08


Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 909B di
  • 48. Belajar Java

    makasih sob, kebetulan saya lagi belajar javascript... Ninggalin jejak dulu...

    07-08-15 10:20
  • 47. dyka

    mas,saya pemula ni...saya dikasi tugas kuliah buat halma di java cuma saya g tw caranya...tolong dibimbing donk MAS..TLOng ajarin saya donk mas...
    email saya di, andyka_poenix@yahoo.com

    09-12-08 10:00
  • 46. nana

    mas bambang...
    saya pemula dlm menggunakan java...saya ingin tanya gimana caranya menyimpan kata yang baru (kata yg belum kita masukkan sbg defaultnya) di dalam membuat program kamus dngn menggunakan java??
    bntuin ya mas...
    gi tgs bsr niyy


    bls k email: narazz_lovers@yahoo.com

    30-11-08 07:22
  • 45. org bijak

    semua koq pd gak tau diri. ngaku mhs tingkat akhir, tp gak mau usaha sendiri, malah tanya2 thok! lah ya mau jd apa

    03-11-08 07:49
  • 44. sidik

    saya masih pemula dalam belajar java, bisa minta saran bagaimana belajar yang baik untuk bahasa ini, misal site yang menyediakan tutor dan lain2. dan konsep OOP... terimakasih banyak.
    al-ip@hotmail.com

    08-10-08 08:05
  • 43. dongo

    woi dasar orang-orang goblog.... kuliah doang lo pade ..... giliran tugas akhir minta bikinin....giliran lulus minta gaji gede padahal ga bisa ape ape....mending lo pade jadi OB aje deh.....

    22-09-08 08:20
  • 42. edwin

    saya saat ini sedang mengerjakan tugas akhir pembuatan sofware untuk perhitungan dengan mengunakan Delphi 7 permasalahnnya ketika saat memasukkan sorce kode log eh ternyata malah di baca sebagai logaritma natural Example : log 10 = 2.3 kan seharusnya kalo di hitung dengan kalkulator log 10 = 1 , mohon tuliskan Scrip Log pada delphi. jika ada masukan tolong kirim ke
    globemaster_edwin@yahoo.com

    saya ucapkan banyak terimakasih sebelumnya

    10-07-08 01:01
  • 41. Acim

    Assalamualaikum pak....
    Bisa minta tolong buatkan saya aplikasi java. Ini untuk tugas akhir saya, dan dipresentasikan hari senin (23/6). saya menggunakan JCreator. Tolong kirim nya ke : acimcool77@yahoo.com
    sebelum dan sesudahnya terimakasih.
    wassalam

    22-06-08 02:09
  • 40. Ella

    Assalamualaikum pak....
    Bisa minta tolong buatkan saya aplikasi java.
    yang ada inheritance,method, dan overwritenya tapi memakai tampilan GUI...
    ini buat tugas akhir semester saya trus di presentasikan deh ke dosen saya...
    Kirim nya ke : princes_ellanoary@yahoo.com
    sebelum dan sesudahnya terimakasih.
    wassalam

    12-06-08 12:31
  • 39. aO

    Gimana ya cara memahami bahasa pemrograman biar gak hafal listing lagi.soalnya skrg dah banyak yang sok programer tapi masih copy paste listing orang lain.

    30-05-08 07:44
  • 38. erwin_sisinfo

    Yang terhormat mas Bambang Nurcahyo P.
    saya awam untuk program java dan saya tertarik, khususnya pembuatan aimasi web. mas java versi apa yang harus saya persiapkan untuk pembuatan animasi dan dimana saya mencari software tersebut. terikasih banyak sebelumnya.
    erwin di bontang-kaltim
    email : erwin_sisinfo@yahoo.com

    26-05-08 09:37
  • 37. iskandar

    mas, saya mau minta tolong, tolong berikan saya contoh judul skripsi tentang pembuatan web yang sederhana aja, sebelumnya saya ucapkan terimakasih dan saya akan lebih berterimakasih lagi kalo mas mau memberikan langkah2 pembuatan webnya. email saya: iskandar_surya@yahoo.com

    22-05-08 04:16
  • 36. niagEto

    Pak,saya mau minta tolong pengarahannya,apa saja yang dibutuhkan jika kita ingin membuat program aplikasi tentang kamus inggris indonesia dan indonesia inggris serta di lengkapi dengan aritmatika?dan bagaimana sebaiknya langkah-langkah pembuatannya?sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya. email saya: nia_geto@yahoo.com

    14-03-08 04:09
  • 35. Abbi

    Mas tolong dong kasih contoh program Java. Coz q msh dl tahap awal blajar Java. Satu lagi, menurut mas apa seh kelebihan Java dr bahasa pemrograman yg lain. Trims... balas k email q d abbi_yudhas@yahoo.co.id

    25-02-08 07:52
  • 34. K. Herryawan

    Pak, saya baru belajar program java dan masih belum mengenalnya, mungkin bapak dapat memberikan salah satu contoh program yang sedehana sebagai langkah awal untuk mempelajari program java. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas perhatiaannya.

    Kushansen@Yahoo.com

    01-02-08 03:56
  • 33. Toni

    minta juga dong mas script kalkulator javanya. buat belajar ne baru belajar : tony_250904@yahoo.com

    07-01-08 11:47
  • 32. mulyono

    pa boleh saya minta cara membuat program KALKULATOR dengan menggunakan bahasa java
    kalau bisa kirimin dong ke email : mulydpk@yahoo.co.id
    sebelum dan sesudahnya terima kasih

    27-12-07 10:53
  • 31. Asep Romansah

    Yth.
    maaf tolong kirim contoh program jam atau kalkulator dengan menggunakan bahasa java yang sederhana dan mudah dibaca oleh saya yang masih belajar disemester 1 D3 TKJ TEDC Bandung.
    terima kasih
    asep_romansah08@yahoo.com

    18-12-07 11:48
  • 30. endriyanto

    Yth. mas
    aku minta program kalkulator
    java, makasih banyak
    Tolong kirim ke email saya
    onegondrek@plasa.com
    sekali lagi makasih

    01-12-07 02:31
  • 29. endriyanto

    Yth. mas
    aku minta program kalkulator
    java, makasih banyak

    01-12-07 02:29
  • 28. simanjuntak

    Mas, boleh kirim ga program java Applet, Hanpone,masalahnya mau TA neh, cepat mas ya, Tolong dong!

    31-10-07 11:55
  • 27. eni

    mas, tolong kirim program java applet. Program untuk memainkan game Tic-Tac-Toe. User memainkannya melawan komputer. Tolong kirimkan programnya ke email saya (tabanan_23@yahoo.co.id) Terima Kasih sebelumnya....

    24-10-07 02:47
  • 26. fendzy

    aplikasi komputer apasaja sich yang bisa untuk program java

    07-10-07 10:37
  • 25. deni

    ya pak saya setuju tolong kasih lebih contoh aplikasi nyatanya dong pak! jd tambah binggung kl
    banyak ceritanya......

    28-09-07 04:04
  • 24. santi

    gutten morgen pak
    saya mahasiswi dari D3TKJ UMM Magelang.
    Pada semester 1 ini saya sudah sampai pemrog JAVA.Padahal bahasa pemrog saja saya gak mudeng pak.saya mau minta panduan cepat belajar java bagi pemula untuk saya.
    tolong kirim ke email saya
    santi_180688@yahoo.com

    22-09-07 10:49
  • 23. danan

    pak saya bru belajar ttg java di kul smster5 ini..saya msh buta skali,boleh saya minta bbrapa contoh sdrhana Program JAVA yg memakai OOP
    Tolong kirim ke email saya makasih garfield_takur@yahoo.co.id

    09-09-07 11:29
  • 22. abel

    Pak, apaaja yg mestidisiapkan dalam membangun aplikasi java yg berbasis database client & server,Tq banyak ya Pak

    09-08-07 08:33
  • 21. 3LL0

    mas tolong kirimin contoh program client server yang menggunakan delphi atau java dan bahasa pemprograman yg lainnya. Ini sangat penting untuk uji kompetisi saya.
    Tolong kirim kan ke email saya yah rio_nitro@yahoo.com

    03-08-07 08:07
  • 20. anton

    mas tolong kirimin contoh program applet animasi java(dimana bola didalam kotak jika bola mengenai dinding kotak maka bola akan dipantulkan)dan ada tombol start,stop&tombol ganti warna buat mengubah warna bola.tolong ya mas.makasih

    03-08-07 12:25
  • 19. prastowo

    tidak mau!

    28-07-07 04:15
  • 18. zay

    tolong ya saya minta script buat kalkulator.
    buat bikin tugas akhir sekolah


    saya minta script buat logaritma,persen,akar,sinus,cos inus,tangen

    zay_u5@yahoo.com

    28-07-07 03:40
  • 17. gasir

    tolong ya saya minta script buat kalkulator.
    buat bikin tugas akhir sekolah


    g minta script buat logaritma,persen,akar,sinus,cos inus,tangen

    28-07-07 03:37
  • 16. add13n

    hmm..semuanya sibuk ya???minta dikirimin ke emailnya, mendingan cari sendiri di google hue hue hue , saya juga sedang belajar jadi orang jawa yang baik dan benar supaya tidak lupa warisan leluhur *colut*

    21-07-07 10:21
  • 15. ika

    Aslm..pak tlg krimin saya suatu program java berorientasi objek tentang SI suatu organisasi,shg saya mudah memahaminya cz dpekuliahan saya g masuk.tlg kirim ke email saya antik_1206@yahoo.com.THANKZ

    16-07-07 08:10
  • 14. dani

    mas bisa tolong kirim contoh program jaringan donk + script nya
    tolong kirim ke
    ninoza86@yahoo.com

    09-07-07 10:39
  • 13. Jajat Sudrajat_Cianjur

    Aslmk, Pak gimana yah supaya kita bisa membuat Program Java dalam sesingkat-singkatnya melaui pembelajaran buku, sedangkan ada beberapa dari buku java yang ketika saya mencoba ternyata bingung dan kurang benar dalam pembuatan Program, gimana yah pak??

    Kalo bisa saya meminta sedikit ilmu dari bapak, beberapa contoh program java yang sederhana dan mudah untuk saya pelajari !!

    06-07-07 05:47
  • 12. shendy barata aji

    pak,tolong kirimin saya suatu program java yang di dalam program tersebut terdapat overloading,overriding,pewarisan dan get,getter.misalnya cara membuat kalkulator sederhana,tolong ya pak,sekalian beserta penjelasannya dalam koding2tersebut.tolong dikirimkan di email saya
    g_nduth@yahoo.co.id
    Trimakasih...

    03-07-07 09:19
  • 11. lingga

    pak tolong kirimkan saya program javascript kalkulator secepatnya
    tolongdikirimkan di email saya
    lingga_say@plasa.com

    20-06-07 12:20
  • 10. didik

    pak,kalau boleh kirimin cara membangun sebuah aplikasi yang sedang membuming, terserah bapak apa sajayang penting didik bisamengembangkannya

    daw_religius@yahoo.com

    12-06-07 07:29
  • 9. ibig

    Mas,minta script buat bikin aplikasi dunks(java applet)...dah coba beberapa script tapi tetep ga berhasil...terutama untuk menampilkan animasi berbarengan dengan suara....thanks yaa Mas.....
    "klo berkenan memberikan scriptnya tlong send ke myfuneral_87@yahoo.com yaaa Mas...thanks bgt lho...."

    11-06-07 02:23
  • 8. icha

    kasih contoh program aplikasi buat kalkulator java

    02-06-07 09:25
  • 7. gadis

    gmana sich program java untuk buat kalkulator
    balas ke cewekrpy@yahoo.co.id

    02-06-07 09:23
  • 6. Lou

    Tak kira JAVA ada hubungannya sama Wong Jowo.
    ternyata itu cuma nama Kopi tho... ??
    Mas Bambs, klo kita make pemrograman client server dengan menggunakan java khan keluiatannya aplikasi kita bisa jadi REALTIME gitu ya.. ini apa ga makan memori yg gede Mas ?

    22-05-07 03:29
  • 5. ikha

    mas tempat kursus jva yang bagus dan yang tidak terlalu mahal itu untuk mahasiswa dmn ya mas?
    kira2 brapa harganya?
    bales ke e_mail ku. fiska_s@yahoo.com

    20-05-07 04:15
  • 4. sinbie

    yups yups, kasi contohnya gitu dunx

    27-04-07 03:48
  • 3. bayu

    kurang contoh polymorpshism n sekalian flowcart

    07-01-07 07:28
  • 2. gemblong

    ga' no' gmbre

    03-01-07 04:03
  • 1. Ilham

    kasih contoh satu program aplikasi yg berbasis jaringan don9. plz dch. Thanks Mr Bambang

    23-12-06 01:37