Bambang Nurcahyo Prastowo

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id * Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Mencari Topik Tugas Akhir

Bambang Nurcahyo Prastowo

Sebagai website milik dosen yang mengaku anggota lab elektronika dan instrumentasi serta mengajar mata-mata kuliah di program studi ilmu komputer, prastowo.staff.ugm.ac.id banyak mendapat masukan berupa permintaan topik penelitian tugas akhir dari mahasiswa program studi terkait. Berhubung memerlukan waktu yang banyak untuk menjawab satu persatu, saya coba tulis dokumen yang memuat pengalaman berdiskusi dengan mahasiswa untuk mendapatkan topik tugas akhir.

Penulisan dimulai dengan menyampaikan prinsip-prinsip pelaksanaan tugas akhir dan dilanjutkan dengan pembahasan pembentukan beberapa topik. Harapan saya, teman-teman mahasiswa dapat menggunakannya sebagai bahan pertimbangan menentukan langkah-langkah kerja untuk mendapatkan topik yang cocok.

Tugas Akhir

Pada dasarnya tugas akhir adalah bagian dari acara perkuliahan untuk mendemonstrasikan kompetensi mahasiswa bahwa ia layak lulus berdasar standar yang telah ditepkan program studi. Untuk itu, renungi standar kompetensi lulusan program studi, sadari besar beban tugas akhir, niatkan untuk menyelesaikan tugas akhir tepat waktu.

Sebelum memulai pencarian topik, coba renungi dulu standar kompetensi yang telah ditetapkan; simak kembali buku panduan akademik. Saya pernah ditemui mahasiswa program studi D3 Elektronika dan Instrumentasi yang menginginkan topik tugas akhir tentang pengembangan sistem informasi manajemen. Meskipun bisa saja ditemukan topik yang sesuai, namun prosesnya akan memakan waktu lama dan belum tentu yang bersangkutan mempunya bekal cukup untuk menyelesaikan tugas akhir tersebut tepat waktu.

Sadari betul beban tugas akhir tersebut. Tugas akhir terkecil yang pernah saya lihat adalah 3 sks, yang terbesar 10 sks, kebanyakan 6 sks. Teorinya, tanpa memandang pembagiannya, 1 sks menuntut 3 jam kerja mahasiswa per minggu kali jumlah minggu efektif dalam satu semester. Produk tugas akhir 6 sks mestilah setara dengan hasil kerja lulusan program studi yang bersangkutan selama 6 satuan x 3 jam/minggu x 16 minggu = 288 jam. Suatu jumlah yang tidak sedikit. Sesuaikan beban tugas akhir dengan alokasi waktu ini, jangan terlalu kecil, jangan pula terlalu besar.

Niatkan untuk menyelesaikan tugas akhir dalam satu semester sebagaimana ditetapkan banyak program studi. Apabila kurang cukup keyakinan untuk bisa menyelesaikan dalam satu semester, tunda registrasi tugas akhir di semester ini. Masukkan di semester depan atau, kalau perlu, depannya lagi. Dosen pembimbing yang baik adalah yang dapat menyelesaikan bimbingannya dalam satu semester. Bantu jaga nama baik dosen pembimbing dengan mencantumkan tugas akhir hanya di semester saat pekerjaan diperkirakan bisa selesai.

Unsur Penelitian

Saya termasuk yang berpendapat bahwa tugas akhir hendaknya mengandung unsur penelitian. Kerja yang memakan 288 orang jam (asumsi 6 sks) akan mubadzir apabila hasil akhirnya hanya lah selembar ijasah untuk syarat melamar pekerjaan. Waktu 288 jam mestilah membuahkan hasil yang bermanfaat bagi orang lain, jangan sampai tersia-siakan.

Pada umumnya, manfaat bagi orang lain bisa diberikan kalau kita memasukkan unsur penelitian tentang sesuatu hal. Sebagai contoh, kerja merangkai opamp, adc dan 7 segment display menjadi sebuah volt meter bukan lah suatu kerja yang mudah. Namum demikian, meskipun proses menggambar pcb, mencelup, soldir komponen sampai testing produk akhir bisa memakan beberapa semester, hasil kerja dalam bentuk volt meter bukan lah suatu produk yang cukup berharga dibanding waktu yang terbuang oleh mahasiswa tahun terakhir. Pekerjaan ini akan menjadi bermanfaat apabila disertai penelitian jenis-jenis opamp dan ADC yang cocok digunakan untuk pembuatan aplikasi volt meter tersebut dengan melihat watal linearitas hasil pengukuran dengan meter yang dibuat tersebut.

Contoh lain, saya pernah membimbing mahasiswa D3 elins untuk membuat detektor kelembaban tanah untuk kepentingan peringatan waktu penyiraman. Alat dibangun dengan merangkai resistor, transistor, dan led masing-masing satu buah. Hasil akhir mendapat nilai A karena perancangan alat yang antar lain memuat penentuan nilai resistor dilakukan dengan dasar penelitian sifat fisika (resistansi) kelembaban tanah. Kompleksitas alat tidak menjadi faktor penentu kualitas kerja tugas akhir.

Proposal

Tidak semua program studi mempersyaratkan penulisan proposal. Meskipun tidak dipersyaratkan, saya sarankan siswa membuat proposal kerja tugas akhir. Dengan proposal yang telah disepakati dosen pembimbing, kerja siswa bisa terfokus pada tujuan akhir yang telah dirumuskan dalam dokumen tersebut. Proposal dapat dipandang sebagai kontrak kerja mahasiswa bersama dosen pembimbingnya sebagai alat penentu kapan kerja tugas akhir berakhir. Disamping itu, proposal merupakan modal awal penyusunan naskah tugas akhir karena sudah mengandungi sebagian besar dari bab 1 dan bab 3 serta bab selanjutnya yang emuat informasi mengenai metodologi yang diterapkan pada kerja yang bersangkutan.

Latar belakang hendaklah sejujur mungkin diisi dengan alasan pemilihan topik. Karena alasan mudah, permintaan dosen, dan semacam itu tidak layak ditampilkan, sebaiknya kita memang harus kerja keras untuk mendapatkan topik yang benar-benar menarik perhatian kita minimal dari satu sisi yang bisa kita jelaskan.

Istilah studi pustaka di naskah tugas akhir menurut saya menyesatkan. Bayak saya jumpai mahasiswa yang tidak memahami perbedannya dengan dasar teori. Dalam bahasa Inggris, posisi studi pustaka disebut dengan Related Works . Untuk mengisi porsi ini, cari laporan karya penelitian terdahulu dengan topik serupa untuk disarikan capaian dan kekurangannya. Belakangan disarankan, saya setuju, untuk memasukkan karya-karya tugas akhir terdalulu (kakak kelas) sebegai bagian dari pembahasan studi pustaka. Dengan demikian selain memudahkan menghindari duplikasi pekerjaan juga memberi peluang untuk melakukan pekerjaan yang merupakan peningkatan dari yang pernah dilakukan. Dari studi pustaka ini lah, topik tugas akhir dapat dirumuskan menjadi satu kalimat hipotesa.

Topik

Mencari topik gampang-gampang susah, hmmm... yang benar memang susah. Pada bidang yang bersinggungan dengan pekerjaan akademik saya membuka peluang untuk menyusun tugas akhir jalur penelitian atau jalur perancangan dan implementasi. Secara umum formula topik bisa dirumuskan dalam bentuk studi kasus:

Pengaruh X pada Y untuk Z

atau studi perbandingan:

Kinerja X dibanding Y untuk Z

Kata-kata untuk X, Y, dan Z bisa dicari dari percabangan makna di bawah. Misalnya dengan kata-kata pilihan di bawah kita bisa menyusun topik:

Pengaruh ukuran LDR pada sistem saklar lampu otomatis untuk penerangan jalan.

Atau

Kinerja LDR dibanding fototransistor untuk aplikasi detektor maling

Terakhir, terjemahkan kata-kata topik ke dalam bahasa inggris dan masukkan ke Google search engine. Tambahkan kata-kata kunci tambahan untuk mendapatkan golongan file tertentu seperti pdf, tutorial, bahkan kalau perlu bisa saja kita tambahkan delphi dan/atau visual basic .

Selamat menikmati. Coba teman-teman yang membaca artikel ini, mengirimkan rangkaian topik dengan cara seperti contoh melalui komentar di artikel ini.

Berikut ini adalah kerangka yang sedianya saya pakai melengkai artikel ini tetapi capek juga menulisnya. Saat ini sedang cari teman untuk melengkapi elemen-elemen berikut dengan satu dua paragraph dengan harapan kelak menjadi sebuah buku panduan pelaksanaan tugas akhir bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Tugas Akhir


Bambang Nurcahyo Prastowo tidak memberi bantuan pembuatan tugas akhir atau penyusunan proposal; apalagi mengerjakan PR. Bimbingan tugas akhir dilaksanakan dalam bentuk diskusi keilmuan dalam lingkup topik yang dibicarakan di tiap artikel.

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 0A62 di
  • 303. bani nugraha

    pak saya bani dari bsi jatiwaringin,, saya minta tolong di kasih solusi untuk pembuatan TA jurusan teknik komputer, kira kira bahan TA yang mudah di pelajari/dimengerti untuk jurusan TEKNIK KOMPUTER apa yah pak? tolong solusinya pak, terimakasih pak... ( bugssbanii@yahoo.co.id )

    17-04-14 05:13
  • 302. andri effendi

    pak saya andri dari padang jurusan elektro , prodi ec, politeknik negeri padang,,,, saya memang agak bingung pak dengan tugas akhir saya,, yang sekarang sya sudah semester 5 dengan rata2 ip di bawah 3... dan labor pun rata2 dengan nilai c-,,,mungkin karena saya malas pak,,, tapi belum terpikir oleh saya bagaimana cara membuat alat,,, dan bagaimana membuat alat dengan program,, bahkan prinsip elektronika saja saya belum paham,,, apa yang harus saya perbuat untuk membuat ta ,, bapak,,, apa yang dasar harus saya mengerti,, makasih bapak

    04-10-13 10:47
  • 301. citra

    slamat malam pak,,
    kami dari mahasiswa D3 akuntansi, kam ingin menanyakan tentang TA, menurut bapak, apa masalah yang baik untuk diangkat menjadi judul TA, khususnya masalah akuntansi sektor publik dan akuntanssi keuangan
    terima kasih pak

    24-09-13 08:13
  • 300. prastowo

    ha... ada banyak yang bisa kerjakan. misalnya ciba cek comfort meter. ada tabel yang menyatakan comfort itu apa sebagai fungsi dari suhu dan kelembaban udara. dari situ coba rancanmg sistem komputer yang bisa mengatur perangkat ac berdasar bacaan suhu dan kelembaban udara.

    28-05-13 12:31
  • 299. Amah

    Assalamu'alaikum bapak..
    Saya mahasiswi jurusan sistem komputer.
    saya lagi nyari judul tugas akhir, sk ini dituntut untuk mengaplikasikan alat contoh besar nya seperti robot.
    Cm saya tertarik dengan sensor. Mohon masukan nya judul apa yg saya angkat untuk juduk tugas akhir yang berkaitan dengan sensor. Terima kasih..
    Chicaw_2@ymail.com

    28-05-13 10:21
  • 298. prastowo

    Lah... itu saya sudah beri contohnya. Semua bagus kalau dikerjakan dengan bagus. Penginnya apa?

    16-05-13 10:33
  • 297. aprianto

    saya udh smester 5 jadi mau bikin t.a jdul apa ea yang bgus mhon bntuannya

    16-05-13 03:34
  • 296. prastowo

    ambil topik yang lebih dosukai. dua-duanya bagus.

    02-05-13 10:05
  • 295. ayu

    oh iya, bisa dikirimkan ke e-mail saya
    aara1308@gmail.com
    terimakasih pak

    02-05-13 02:01
  • 294. ayu

    pak . saya mahasiswi S1 informatika. lagi bingung mau ambil topik yang mana buat TA. pemrogramn web atau java desktop. mohon masukannya pak

    02-05-13 01:59
  • 293. putra

    bapak bambang saya mahasiswa elektronika, sya lagi nyari judul buat TA dibidang kesehatan tap saya belum punya bahan artikel di bidang itu, mohon bantuannya ya pak klo kalo bapa punya bahan2nya kirimin ke putra_lee92@yahoo.com

    25-03-13 11:01
  • 292. Kevin

    ass. pak, saya mahasiswa teknik telekomunikasi POLBAN,,saya sedang mencari judul tugas akhir,saya sgt tertarik dengan antena,,,sya mnta masukkanna pak,,kira2 judul apa yg bsa sya ambil? d tunggu balasannya yaa pak....riandykevin1905@gmail.com... terima kasih pak..

    11-03-13 04:14
  • 291. ridha

    ass..pak,saya jurusan akuntansi,mohon masukannya ya kira-kira judul ap yg bs sya ambil utk tgs akhir..(klo bs brhbngan dg PT.TELKOM)krna sya PKL disana,agar bs mudah ambil data-data nya..termakasih..klo ada krm ke email ya pak...ridhaakmalia@gmail.com

    08-03-13 08:54
  • 290. ayu

    ass. pak saya mahasiswa jursn KOmputer akuntansi. mohon masukannya dong, kira-kira judul pa ya yang cocok pak. di tunggu bantuannya di ayu_arieska33@yahoo.co.id

    08-01-13 06:55
  • 289. vivi

    ass. saya MHS jurusan administrasi perkantantoran dan sekretari dan saya sdg memikirkan untuk menentukan judul dan tema dalam TKA. saya mohon masukkan dalam mencari judul Tugas Karya Akhir ya pak. saya tggu balasannya ke silviagunawan.silvia@gmail.com .terima kasih

    30-12-12 08:51
  • 288. meta

    pak sya mahiswi jurusn kmputer akuntansi.. mohon masukan nya dalam mencari judul Tugas Akhir? di tunggu balasan nya di metaoktaria2324@gmail.com

    24-10-12 10:26
  • 287. Saleh Hasibuan

    Assalamu'alaikum Bapak
    Saya MHS Politeknik Caltex Riau Jur. Teknik Telekomunikasi. Ada usulan judul TA tidak pak??
    kalau ada kirim email ya pak, bayohasibuan@gmail.com
    Terimakasih

    13-10-12 05:11
  • 286. junawi siallagan

    pak,saya junawi siallagan,saya mahasiswa politehnik santho thomas medan,jadi saya mau minta sama bapak agar bapak kasih penjelasan dulu gimana cara menyusun Tugas akhir pak.
    mohon penjelasanya ian pak
    email saya junawisiallagan@yahoo.co.id

    12-10-12 01:36
  • 285. denox

    ass pak,saya mahasiswa teknik komputer..bagaimana agar saya bisa menyelesaikan bimbingan tugas akhir saya dalam 1 minggu ini agar di acc smua pak...mohon pencerahannya ya pak..email saya denox_malmsteen@yahoo.com

    29-05-12 03:09
  • 284. ARmi

    t'Rima kasih saranny mas .
    benar2 mempermudah

    05-03-12 01:37
  • 283. indah

    saya mahasiswi di AMIK Kosgoro sedang bingung untuk mengajukan judul tugas akhir,,yag nantinya akan dibuatkan berupa alat...
    mohon bantuanya....

    28-02-12 02:09
  • 282. hani

    pak sya mahiswi jurusn kmputer akuntansi..
    mohon masukan nya dalam mencari judul Tugas Akhir?
    di tunggu balasan nya di hani_cute55@yahoo.co.id
    trimaksih..

    30-01-12 07:27
  • 281. fajar

    Pak saya mohon masukan dalam mencari judul tugas akhir untuk jurusan teknik komputer. mohon segera dibalas. terima kasih sebelumnya

    12-10-11 09:48
  • 280. fajar

    Pak saya mohon masukan dalam mencari judul tugas akhir untuk jurusan teknik komputer. mohon segera dibalas. terima kasih sebelumnya

    12-10-11 09:47
  • 279. setiawan

    pak saya lagi bingung tugas akhir nih.. dah beberapa kali mengajukan judul tapi ditolak terus.. penginnya sih tentang elektronika dan visual basic..
    saya tunggu solusinya pak.. tolong kirim ke rendykytd@gmail.com

    16-08-11 10:06
  • 278. ayu

    pak nama saya ayu.
    saya sedang duduk di sem 5 tapi kami sudah di suruh untuk mengajukan judul tugas akhir. dapatkah bapak memberi masukan dengan judul tugas akhir untuk jurusan komputer akuntansi?
    terima kasih mohon dibalas ya pak,,

    06-06-11 10:31
  • 277. Rizky abe tekken punk

    pusing mau tugas akhir..kasih solusinya om...

    19-04-11 12:47
  • 276. dwi

    pa saya mau tanya,saya masih bingung untuk mencari judul pkl saya baru mulai pkl pa tapi judul minggu depan harus sudah dikumpulkan makanya saya sangat butuh masukan dari bapa,saya ingin mengambil tentang anggaran perusahaan.
    saya mahasiswi D3 semester VI Jurusan akuntansi di Poltekpos.
    saya tunggu pa masukannya tolong dikirim ke (Danicha_unetz91@yahoo.com)
    makasih banyak pa sebelumnya

    02-03-11 08:37
  • 275. anto

    saya mahasiswa elektronika, mohon bantuan kira2 judul apa yg bagus untuk TA. Saya ingin membuat TA yg berhubungan dengan Handphone, saya cukup mengerti dengan hardware jg software hp. Tugas akhir ini supaya bisa bermanfaat.
    Email : nana.arti@yahoo.com

    04-01-11 01:32
  • 274. dikir234

    pak, saya adalah anak informatika yang sekarang sedang mengerjakan TA yang berjudul "Rancang Bangun Pensaklaran Lampu Otomatis Berbasis Mikrokontroller Atmega16 Dengan Menggunakan Sensor Cahaya"...

    tetapi saya minim daftar pustaka..kalau boleh, bapak punya tidak literatur/artikel/buku yang berkaitan dengan TA saya dan nantinya bisa dijadikan daftar pustaka....

    mohon bantuannya ya pak...terima kasih banyak...

    ini alamat email saya: edikir234@gmail.com

    30-08-10 11:21
  • 273. rizqi

    saya mahasiswa d3 teknik komputer dan sekarang saya sudah semester akhir, mohon masukan kira2 judul apa yang tepat. . . terima kasih
    saya tunggu di email saya rizqiardhiyan@yahoo.co.id

    05-07-10 10:38
  • 272. evan

    tolong beri jdul Tugas akhir tentang aplikasi sirine yang menggunakan transistor NPN AC 127

    09-06-10 08:51
  • 271. maya

    selamat pagi pak...
    saya mahasiswa D3 komputer akuntansi dan sekarang saya sudah semester akhir,mohon masukan pak, kira2 judul yang tepat n langka untuk perancangan sistem apa ya...minggu depan sya sudah hrs ngajuin judul.. makasih banyak ditunggu ya pak whie.my@gmail.com

    12-04-10 07:59
  • 270. simon lodewik

    tolong beri ide proyek akhir saya

    02-03-10 06:25
  • 269. inu

    pak,saya mhsiswa d3 teknik telekomunikasi
    rencananya saya mau bikin TA tentang simulasi yang berhubungan dengan telekomuniksai n informasi, mohon bantuannya pak beri saya judul atau gambaran harus buat simulasi pa cuz mendesak bgt
    kirim ke email saya deblon88@gmail.com
    mksh yah pak......

    03-02-10 11:55
  • 268. diana sitepu

    mt sore pak..saya mahasiswa D3 komputer akuntansi...dan sekarang saya sudah semester ahkir..mohon bantuannya bapak atau masukan untuk judu TA. ditunggu ya pak...kirim keemail carenwilson89@yahoo.com
    ditunggu ya pak..thanks b_4...Gbu

    03-02-10 05:23
  • 267. diana sitepu

    mt sore pak...saya mahasiswa D3 komputer akuntansi,mw mnta bntwan ni pak,untuk judul yg tpat pak,soalnya saya disurh bwat ke program.mohn bantwanya ya pak....tolong kirm ke email saya aja ya pak...thanks be4...Gb

    03-02-10 05:18
  • 266. tarlim taryudin

    ass. saya mahasiswa D3 komputer akuntansi. mau minta bantuan dari bapak, kira2 judul yang tepat dan mudah untuk pembuatan TA bagi prodi saya apa ya pak? soalnya saya ditugaskan untuk bikin aplikasi. mohon bantuanya pak. tolong kirim judulnya ke email sya.
    tminoharasi@gmail.com

    24-01-10 02:24
  • 265. febrina

    pak,, saya mhswi D3 tknik. telekomunikasi.
    Saya udh berkali - kali ngajukan judul sama dosen,, tpi tetap ja d tolak.
    tolong pak bantu saya,, beri saya judul dan penjelasan nya pada email fbry_050290@yahoo.com

    21-01-10 08:51
  • 264. Runif

    Ass..Pak Bambang tolong di bantu,saya mau buat tugas akhir,rencana saya buat cctv online dengan VB 6.0,caranya gmana pak tolong diksih pandangan untuk program VB nya,ron_vijay84@yahoo.com

    07-01-10 07:45
  • 263. Rizal

    ass. pak bambang saya mahasisiwi D3 teknik elektronika telekomunikasi, sekarang semester akhir...mungkin bapak ada masukan sedikit buat saya karena saya lagi bingung mengenai judul TA..
    saya tunggu reply dr bapak di trisulaxxx@yahoo.com Trimakasih sblumnya.

    29-12-09 05:11
  • 262. benny

    Selamat Malam pak...saya mahasiswa jurusan telekomunikasi, dan sekarang sudah tahapan nyusun skripsi untuk TA, mohon bimbingan nya pak, kira2 judul TA yang berhubungan dengan telekomunikasi saat2 ini apa yang dibutuhkan pak...terima kasih pak bantuan nya, mohon reply ke christian.benzo@gmail.com ya pak....TQ

    24-12-09 09:58
  • 261. anisa

    ass. pak bambang saya mahasisiwi D3 teknik elektronika, sekarang semester 5...mungkin bapak ada masukan sedikit buat saya karena saya lagi bingung mengenai judul TA..
    saya tunggu reply dr bapak di nieza_354@yahoo.com
    terima kasih pak

    09-12-09 08:18
  • 260. rina

    assalamu"alaikum ..... pak bambang saya mahasiswi D3 instrumentasi dan komputasi, simester 5.
    mungkin bapak ada masukkan sedikit untuk saya karena saya lagi bingung tentang ide atau judul TA.
    sy tggu reply dari bapak di rhie.na89@yahoo.com
    ........ terimakasih

    25-11-09 12:04
  • 259. dina

    ass.pak bambang saya dina mahasiswa komputer akutansi smester 5,mungkin bapak bisa bantu saya untuk memberikan judul buat KP,saya mhn bantuan pabak,saya tunggu reply bapak di dina_saragih@yahoo.com.....terima kasih

    15-11-09 03:31
  • 258. repositori

    situs penelitian kami: http://repository.gunadarma.ac.id

    28-09-09 01:37
  • 257. repositori

    Ada beberapa topik penelitian yang mungkin dapat menjadi ide penelitian anda, silahkan kunjungi situs kami

    28-09-09 01:36
  • 256. arick

    Pak, saya mahasiswa teknik informatika semester 7 saya lagi cari judul TA, saya mohon bantuan bapak, apa ya pak topik atau judul yang mungkin saya angkat???? saya tertarik pada pemrograman web pak... mohon bantuannya.... terima kasih...

    15-09-09 07:59
  • 255. Lamtiroima

    Bapak Bambang yang terhormat,
    Saya mohon bantuan untuk mencari topik baru yang sesuai dengan topik tugas akhir untuk jurusan sistem informasi.

    03-09-09 09:05
  • 254. amberita

    saya mahasiswa manajemen informatika komputer,saya mohon bantuan bapak untuk memberikan beberapa topik/judul laporan PKL yang sesuai dengan jurusan saya.saya PKL di salah satu perusahaan telekomunikasi sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    28-08-09 11:25
  • 253. amberita

    saya mahasiswa manajemen informatika komputer,saya mohon bantuan bapak untuk memberikan beberapa topik/judul laporan PKL yang sesuai dengan jurusan saya.saya PKL di salah satu perusahaan telekomunikasi sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    28-08-09 11:22
  • 252. Deny

    ass pak, sya mhs jur fiiska skkrg sedang mencari judul utk ta kira2 bapak ada masukkan gak buat saya utk judul ta, sya minatnya ke instrumentasi dan komputasi, simulasi

    06-08-09 11:30
  • 251. imanuel

    pak saya imanuel ...
    saya sekarang sedang KP di salah satu PT. di indonesia ...
    yang saya mau tanyakan adalah judul yang baik apa ya pak untuk kerja praktek ....
    saya anak IT kosentrasi jaringan ,,,dan sedang kp di PT yang bergerak di bidang isp ...
    tolong bimbinganna ya bapak bambang saya tunggu reply dari bapak di imanuel_luv_jc@yahoo.com
    atas perhatiaan n a saya mengucap kan terima kasih ....

    24-05-09 07:08
  • 250. reino

    bapak bambang,sebelumnya saya memperkenalkan diri.nama saya reino mahasiswa dari unair.
    saya mau tanya data mentah dari sensor ultrasonik devantech srf04 yang berupa bilangan desimal untuk dirubah menjadi bilangan pengukuran jarak bagaimana untuk pemprogramannya?apa menggunakan rumusan tertentu?
    saya menggunakan bahasa pemprograman baskom dan mikro atmega16.
    saya mohon bantuan dari bapak,sebelumnya saya mengucapkan terima kasih..

    22-04-09 04:31
  • 249. anwar

    pak,saya anwar siswa smk jurusan teknologi jaringan dan komputer.saya masih masa PSG, dan sekolah menuntut untuk membuat proposal ta .Tapi saya bingung menentukan judul dan bagaimana cara membuatnya ?saya sangat suka pelajaran jaringan komputer

    16-03-09 11:20
  • 248. indah permata sari

    pak ,saya indah mahasiswa jurusan teknik telekomunikasi D4.
    saya sedang memulai tugas akhir,tapi sya bingung apa judul yang akan saya buat.padahal pengumpulan judul TAnya diberi tenggat waktu 5 minggu dimulai dari minggi ini.dibidang telekomunikasi saya menyukai mata kuliah antena,jaringan teleponi,digital signal procecing dan saya tidak terlalu suka dengan bidang informatika.
    saya mohon bantuan dari bapak,sebelumnya saya ucapkan terimaksih

    14-03-09 11:24
  • 247. Hendy Wiratama

    saya Hendy Wiratama, saat ini saya lagi menyusun skripsi, kuliah saya di universitas swasta di salah satu kota di Jakarta, Begini Pak Bambang, saya mohon bimbingannya atas pembuatan proposal riset yang ingin saya ajukan ke PT TELKOM, judul skripsi saya adalah "PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN PT TELKOM DI JAKARTA", terimakasih atas bimbimgan Bapak Bambang.

    10-03-09 01:27
  • 246. Puspita

    Pak, Saya mhswi T.Elektro Telekomunikasi

    Saya sedang memulai tugas akhir,
    rencananya saya akan mengambil tawaran judul TA berupa simulasi software bisa
    menggunakan delphi & matlab dengan judul "Pencarian jendela FFT pd penerima OFDM" atau "Unjuk kerja ARQ data link layer terkait jitter & BER".namun saya belum mengerti prinsip emplementasinya.mohon bantuannya Pak, atau judul lain mengenai simulasi Pak. Terima kasih ( wewengirl@yahoo.co.id)

    04-03-09 01:03
  • 245. dee

    ass...
    saya mhsiswi teknik sipil...
    saya skrg berencana ambil judul tentang parkir...
    apakah bapak punya contoh judul TA tentang parkir...??
    terima kasih sebelumnya...

    22-02-09 02:49
  • 244. sari

    pak, saya mahasiswa teknik elektro..
    saya ambil jrusan jaringan komp
    saya mo kp ?
    tpi bggung kpna yg bisa dimna ?
    truz klo bkin alat buat ta thu con pa j ?
    soalna g da kk klsnya ?

    02-02-09 12:49
  • 243. Ria

    Pak, saya mahasiswa tknik sipil semester V yang lagi cari judul TA, saya mohon bantuan bapak, saya bingung mau buat jdul apa pdhal masa pengajuan jdul tinggal seminggu lagi. tlong dong pak.........please.......

    29-01-09 03:20
  • 242. risca novi

    pak saya da tugas kuliah suruh bkin karya ilmiah tentang jaringan,tp saya bingung apa topiknya.. dan tugas akhir itu harus real dngn keadaan sebenarnya...
    terima kasih sebelumnya.(novi_gokil.abis@yahoo.co.id)

    27-01-09 12:57
  • 241. ade irma

    Pak, nama saya ade pak jurusan teknik informatika. skrang saya smester 8 dan saya mua nyusun sripsi dan saya bigung pak mua buat judul apa. tolonglah pak bambang bantu saya cari judul yang sesuai dgn jurusan saya pak.
    Trimakasi duluan pak.(ade.irma@yahoo.co.id

    22-01-09 02:31
  • 240. aya

    bantuin cariin judul TA tentang database buat anak manajemen informatika

    07-01-09 09:09
  • 239. bobby cool

    paksaya lagi bingung neh tentang masalah judul dan topik tugas akhir saya, saya mahasiswa T. Informatika sengan mencari topik mengenai judul yang berhubungan tentang Jaringan Komputer..^_^

    saya dapet saran tentang Keamanan Jaringan, WLAN dll...tapi yang saya inginkan mengenai masalah pengembangan VLAN, apakah topik dan judul itu sudah Out Of Date belum yah..>>???

    22-12-08 01:14
  • 238. Deny Septian

    Pak bantuin pembuatan latar belakang
    judulnya Studi kasus tentang SI dengan menggunakan VB 6.0

    proposalnya ya Pak...

    balasnya ke email saya
    deden_rivkycool@yahoo.co.id

    08-12-08 12:49
  • 237. JR

    oi pak jan manggalasau jo...........!

    kau carian bahan LDR ko stek ha...!

    26-11-08 07:25
  • 236. gunawan

    pak, saya mahasiswa teknik elektro ingin minta tolong bapak untuk memberikan ide atau gagasan buat skripsi saya, saya ingin menggunakan microcotroller sebagai pengontrol dari sistemnya, terima kasih pak
    email saya yyu2z@yahoo.com

    24-11-08 11:45
  • 235. ikha

    pak saya mahasiswi komputer akuntansi D3, ingin minta tolong bapak mencarikan judul/topik TA. soalnya saya bingung mau ambil topik apa?!makanya saya minta tolong bapak untuk carikan topik. tolong ya...pak'???ni alamat e-mailku ikha.pahit@yahoo.co.id

    24-11-08 11:19
  • 234. lia

    pak saya lagi cri topik tentang jaringan. tapi masih bingung.... mohon bantuannya

    16-11-08 07:46
  • 233. Abimayu

    Pak saya mahasiswa teknik sipil ingin minta pertolongan bapak tentang TA , topik saya tentang pembangunan jetty pak atau design beton K450

    13-11-08 09:02
  • 232. benfani

    pak, saya lagi cari topik TA, tapi masih bingung???mohon bantuan dan saran bapak tentang topik teleoperasi

    07-11-08 12:21
  • 231. shinta

    oiya, saya di fakultas ekonomi, jurusan akuntansi..thx

    04-11-08 12:43
  • 230. shinta

    pak, saya lagi cari topik skripsi, tapi masih bingung???mohon bantuan dan saran bapak tentang topik skripsi yang belum banyak diangkat dan data2 nya mudah didapat...thx.
    tlg email ke:
    sweetyellowpinkz@yahoo.com

    04-11-08 12:41
  • 229. sulistiana

    tolong dikirim lewat email ini pak:
    c0olish_physich@yahoo.co.id

    27-10-08 03:37
  • 228. sulistiana

    pak, mohon bantuan cari judul tugas akhir jurusan fisika bidang instrumentasi dan elektronika.makasih

    27-10-08 03:32
  • 227. dafiq

    Pak, mohon bantuan untuk mencari judul Tugas Akhir di bidang Informasi dan Telekomunikasi.
    Trimakasih

    14-10-08 06:57
  • 226. dafiq

    Pak, mohon bantuan untuk mencari judul Tugas Akhir di bidang Informasi dan Telekomunikasi.
    Trimakasih

    14-10-08 05:28
  • 225. Jaya Sukendar

    Ass.
    Pak saya lagi cari pekerjaan nich,sudah 3 bulan saya nganggur
    klo ada cariin kerja buat saya dong yang sesuai dengan jurusan dan titel saya
    Sarjana Ekonomi
    bila ada hub saya 085693632824

    19-08-08 02:57
  • 224. Dede Susilawati

    asslm
    Pa,sebentar lagi saya mau PKL n bikin TA
    saya masih bingung untuk mencari judul TA n dimana saya harus PKL yang sesuai dengan jurusan saya yaitu Komputerisasi Akuntansi,bila perlu dengan contoh program nya.
    saya membutuhkan sekali bantuan bapak.
    bila bapak menemukan solusinya dan mempunyai semua jawaban tsb,saya berharap agar bapak mengirimkannya ke Email saya
    mickey_scorpio_soesi@yahoo.com
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih.
    wasslm

    19-08-08 02:52