Bambang Nurcahyo Prastowo

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id * Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Menulis Karya Ilmiah

Sebelum mulai menulis, sadari betul bahwa tujuan penulisan adalah memberi ilmu atau minimal informasi yang diharapkan berguna bagi pembaca. Karena itu, renungkan betul manfaat bagi pembaca kalimat demi kalimat yang kita tuliskan. Kalimat/paragraf yang dimulai dengan rangkaian kata "Sebagaimana kita ketahui bersama..." bisa dipastikan tidak ada manfaatnya bagi pembaca. Buat apa ditulis kalau sudah diketahui bersama. Pada dasarnya tidak ada salahnya mengungkap pengetahuan bersama tersebut, asal disadari betul fungsinya sebagai dasar pengantar alur logika untuk pengumkapan hal-hal yang hendak dikemukakan.

Seberapa Panjang?

Meskipun kadang disebutkan dalam panduan penulisan laporan tugas akhir (skripsi, thesis, desertasi), jumlah halaman hanya lah merupakan petunjuk tentang kedalaman dan keluasan materi yang dikehendaki. Pada umumnya tidak ada ketentuan baku dari jumlah halaman naskah tulisan tugas akhir. Pembatasan jumlah halaman yang kaku hanya masuk akal pada penerbitan berkala tertentu yang memang secara fisik ada pembatasan ukuran. Bisa saja kita menulis tugas akhir 20-40 halaman, namun bila memang banyak yang hendak disampaikan, beberapa ratusan halaman pun tidak masalah. Kuncinya sama, pastikan tiap kalimat berguna bagi pembaca.

Kenali Target Pembaca

Untuk memaksimalkan manfaat tulisan bagi pembaca, kita perlu membuat asumsi tingkat pengetahuan target pembaca tulisan itu. Untuk tugas akhir, cukup aman mengasumsikan target pembacanya adalah sesama mahasis dari jurusan yang sama di seluruh dunia. Kelebihan kita dari pembaca ada pada aktivitas penelitian yang dilakukan. Kita melakukannya, target pembaca tulisa kita melakukan penelitian lain. Selain itu, kita membaca bahan pustaka pada bidang kajian tugas yang bersangkutan lebih banyak dari sidang pebaca naskah tugas akhir yang kita buat.

Bahasa: Aspek Terpenting Karya Tulis

Sambil praktek menulis, kita bisa mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar. Di negeri berbahasa Inggris, para mahasiswa biasa kesana kemari membawa kamus Inggris-Inggris. Sangat boleh jadi, warga negera Indonesia juga memerlukan kamus Indonesia-Indonesia, Sempatkan membelinya. Tidak ada ruginya untuk memiliki Kamus Umum Bahasa Indonesia. Pastikan setiap kalimat yang kita tuliskan mengandung subyek dan predikat secara lengkap. Bila tidak ahli betul, hindari penulisan kalimat kompleks. Jarang ada mahasiswa yang bisa menyelesaikan kalimat yang dimulai dengan kata sambung. Sebagai latihan, coba lengkapi kalimat berikut ini.

"Dengan diberlakukannya undang-undang informasi dan transaksi elektronik........"

"Apabila angin lesus itu terjadi lagi pada musim penghujan yang datang terlambat tahun ini..... "

Perhatikan betul penggunaan tanda baca. Kita sangat bergantung pada tanda baca sebagai pengganti intonasi pada bahasa percakapan. Tidak ada spasi setelah tanda kurung buka. Tidak ada spasi sebelum tanda kurung tutup, titik, koma, tanda seru, titik dua, titik koma, dan tanda tanya. Sepintas, aturan ini tidak meninbulkan masalah, namun sesekali bila diabaikan kita akan menemukan tanda tanya, seru atau kurung tutup pada awal baris. Janggal bukan
?

Jangan takut mengadopsi kata-kata asing secara langsung. Aturan main Bahasa Indonesia yang perlu diingat betul saat mengadopsi kata asing adalah kesesuaian antara tulisan dan bacaan. Kata "computer" dan "memory" bisa langsung digunakan dengan penyesuaian penulisan menjadi "komputer" dan "memori" yang dapat dibaca seperti kata-kata dalam bahasa Indonesia yang lain.

Sistematika Penulisan

Secara umum karya tulis ilmiah terbagi dalam 4 bagian: pendahuluan, pokok, hasil, dan penutup. Pendahuluan memuat hal-hal yang menjadi alasan dilakukannya kegiatan ilmiah yang dilaporkan dalam tulisan tersebut. Pendahuluan memuat studi pustaka yang mengungkap laporan-laporan kegiatan ilmiah terdahulu yang berkaitan dengan topik serupa. Dari uraian studi pustaka diharapkan dapat disusun suatu ungkapan tentang hal menarik yang bakal terungkap apabila dilakukan penelitian lebih lanjut. Ungkapan semacam ini resminya disebut hipotesa. Bagian pokok karya tulis memuat rencana kerja kegiatan penelitian untuk mengungkap kebenaran hipotesa. Untuk mempertanggungjawabkan kegiatan, perlu dituliskan landasan teori yang menghubungkan pernyataan-pernyataan pendukung kebenaran hipotesa dengan hasil-hasil kegiatan penelitian. Pelaksanaan kegiatan ilmiah dilaporkan di bagian hasil dari karya tulis. Segala yang dilakukan, urut-urutannya, peralatannya dan data-data yang dihasilkan disampaikan di bagian ini. Prinsip manfaat tetap berlaku. Artinya tabel-tabel panjang yang membosankan harus diolah dulu sedemikian hingga bisa tampil dalam angka-angka/grafik yang mudah difahami dengan rujukan ke data lengkap yang disertakan sebagai lampiran. Di bagian hasil ini pula data-data tersebut dibahas.

Penutup sering diisi dengan kesimpulan dan saran. Di naskah-naskah laporan tugas akhir yang pernah saya baca, banyak dijumpai bab kesimpulan yang secara kurang tepat diisi dengan ringkasan baik dari bahan bacaan studi pustakan dan landasan teori maupun dari pokok penelitian. Kesimpulan bukan ringkasan. Tuliskan kesimpulan pada bab kesimpulan. Kesimpulan adalah ungkapan yang hanya bisa disampaikan setelah dilakukan suatu kegiatan penelitian. Untuk menguji layak tidaknya suatu uangkapan masuk dalam daftar kesimpulan, andaikan penelitian yang bersangkutan tidak dilakukan. Apabila ungkapan tersebut masih memiliki nilai kebenaran tanpa melihat hasil-hasil penelitian maka bisa dipastikan itu bukan kesimpulan. Kalau isinya bersifat ringkasan, buat saja sub bab ringkasan pada bab penutup. Saran di bab penutup ditujukan pada mereka yang berminat untuk nemeruskan lebih jauh penelitian yang bersangkutan. Saran pada industri atau institusi tempat penelitian lebih cocok ditempatkan pada sub bab kesimpulan.

Proposal

Cara penulisan proposal penelitian tidak berbeda dengan penulisan laporannya kecuali pada bab hasil dan penutup. Untuk proposal, bab hasil diganti dengan bab rencana kerja yang berisi jadwal dan komponen pembiayaan; bab penutup diisi dengan janji-janji keuntungan yang bakal diperoleh apabila penelitian tersebut dilaksanakan. Selain itu, pada proposal belum ada halaman abstract atau intisari.

Intisari

Halaman intisari (terjemahan dari abstract) berisi tiga bagian yang bisa dituangkan dalam satu atau tiga paragraph tergantung pada kemampuan kita mengungkapkan abstraksi dari semua aspek kegiatan penelitian yang bersangkutan. Bagian pertama intisari mencerminkan isi bab pendahuluan, bagian kedua mewakili bab pokok dan bagian ketiga mewakili bab hasil dan penutup. Coba saja mulai dengan membuat ringkasan pendahuluan, pokok dan hasil/penutup tanpa memperhatikan ukurannya. Teliti kalimat demi kalimat, gabung-gabungkan menjadi kalimat-kalimat dalam jumlah yang lebih sedikit. Lakukan terus sampai panjang intisari mencapa ukuran yang kita kehendaki, yakni tidak lebih dari satu halaman.

Karya Perancangan dan/atau Pengembangan

Banyak orang berpendapat bahwa karya perancangan atau pengembangan sistem tidak dapat dilakukan dan dilaporkan sebagaimana karya penelitian ilmiah pada umumnya. Saya tidak setuju. Apabila dilaksanakan sebagai kerja tugas akhir program pendidikan S1, S2, atau S3, kerja perancangan atau pengembangan sistem harus dilaksanakan dan disajikan sebagaimana pelaksanaan dan penyajian penelitian ilmuah pada umumnya.

Yang dirasa sulit pada kegiatan perancangan atau pengembangan sistem ada pada pengungkapan hipotesa. Kalau kita simak kembali pada ide bahwa hipotesa merupakan ungkapan hal baru yang cukup menarik ditelaah kebenararannya makan kita bisa memperkirakan hal baru apa yang muncul dari hasil rancangan atau pengembangan sistem tersebut. (belum selesai).


Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik FC12 di
  • 58. afif

    jelek

    27-01-12 08:49
  • 57. poetra

    ku ngak ngerti tlg carikan contoh berbahasa inggris dgn benar

    16-06-10 02:43
  • 56. wiwin

    tolong donk kasih excpl proposal atonia uteri

    07-06-10 01:19
  • 55. NIKE

    pak tolong donk kasih tau gmn cara buat karya tulis tentang sistem informas prose bisnisi pada perusahan bidang pabrik roti,terima kaasih

    29-03-10 06:17
  • 54. ayikabu

    gag ngertiii...,,
    .maklum mash dundung..,,

    08-02-10 01:17
  • 53. lisa

    pak saya mau ambil judul tentang analisi
    judulnya pengaruh hubungan IMD (INISIASI MENYUSUI DINI)
    kira2 susah gak pak ya

    29-12-09 11:24
  • 52. MIA AUDY-N4

    tolong donk bwt contoh karya tulis ilmiah kimia;
    okay,,,,,,,,,,,,,
    masak gk dpt2

    06-12-09 08:52
  • 51. nurul

    pak tolong minta judul kti ttng analisa makanan minuman beserta metode pemeriksaanya, , plisss. rizqnurul@yahoo.co.id

    11-11-09 06:59
  • 50. inan bsa

    toloooooooooooong doong beri contoh penjelasan serinci-rincinya tentang karya tulis...

    04-11-09 06:32
  • 49. nita

    pak, sy mau tanya tentang rumus regressi krn judul KTI sy tentang faktor2 yg mempengaruhi pengeluarana ASI, trims. esperanza_ni@yahoo.co.id

    18-08-09 03:12
  • 48. fenny evrita

    pak tolong donk krm contOH ktI TENTANG HUBUNGAN ANTARA UMUR DAN PARITAS TERHADAP KEJADIAN ATONIA UTERI.JIKA ADA TOLONG KIRIM KE eMAIL SAYA VHENNIE_EVER@YAHOO.COM

    23-06-09 11:27
  • 47. tina

    pak maaf saya minta tolong bangat masukannya mengenai bab iii dalam penyusunan proposal saya yang berjudul atonia uteri penyebab perdarahan post partum

    23-05-09 07:51
  • 46. getrix

    pak sy butuh contoh KTI ttg pengetahuan dan keterampilan ibu nifas dlm perawatan BBL
    plis..............
    getrix67_9289@yahoo.co.id

    08-05-09 01:14
  • 45. jono

    tolong dong contoh karya ilmiah itu dibuat, supaya kita lebih paham gitu lo...............................

    28-04-09 12:17
  • 44. LILIK nurin

    pak sy mO konsultasi ttg judul KTI sy
    HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TTG VULVA HYGIENE DG KEJADIAN CA CERVIKS
    jika ada contoh KTI&proposal mohon kirim ndEk email sy --> lee_leeqh@lover.com
    atas bantuannya makachi...

    08-03-09 11:28
  • 43. LILIK nurin

    pak sy mO konsultasi ttg judul KTI sy
    HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TTG VULVA HYGIENE DG KEJADIAN CA CERVIKS
    jika ada contoh KTI&proposal mohon kirim ndEk email sy --> lee_leeqh@lover.com

    08-03-09 11:26
  • 42. cemplux

    pak tolong kirimin saya judul KTI yang membahas nifas secepatnya ke email: emmddhani@yahoo.co.id

    02-03-09 02:15
  • 41. dyan

    pak kirimin saya judul KTI tentang nifas ya.......please. ke email: emmad.dhani@yahoo.co.id

    02-03-09 01:41
  • 40. yayi

    pak yang comment yayi kirimin aja ke sini
    wenny_chubby@yahoo.com

    02-03-09 10:46
  • 39. wenny wahyuni

    pak yang comment wenny wahyuni tadi kirim aja ke sini
    wenny_chubby@yahoo.com

    02-03-09 10:43
  • 38. yayi

    pak tolong jelasin apa sih perbedaan antara gambaran dan analisis. judul saya ini pak analisis pengetahuan dan perilaku ibu dalam pola pemberian makanan pada balita gizi buruk.
    judul itu variabelnya 2 ato 3 pak??
    kira2 sulit ga dalam menggaapnya???
    tolong ya pak...
    terima kasih....

    02-03-09 10:40
  • 37. wenny wahyuni

    Pak, tolong donk ksh contoh cara membuat proposal kti tentang hubungan atonia uteri dan paritas dengan lamanya persalinan

    02-03-09 10:34
  • 36. vhiee

    pak, tolong contohkan karya tulis tentang pengaruh CFC/global warming terhadap kelestarian lingkungan. jika tdk bisa tolong contohkan tujuan penelitian dan manfaat, butuhh banget pak, pliizz.
    tolong kirim ke viecute_a3boda@yahoo.co.id
    tengkyuww be4..

    25-01-09 08:54
  • 35. nanangewo

    Pak,,ad g pak softcopy aturan2 penulisan karya tulis ilmiah yg bru..?
    Mnta dunk pak..

    Skalian mnta contoh krya tulis ilmiah pak,kalo bsa tntang peternakan..
    Krim d..
    muhammad.nanang@gmail.com

    20-01-09 06:06
  • 34. Lia_chubby

    pak, jelasin atu - atu iiaa isi dari pendahuluan. . . pusinx beud ne, mw ujian klz 3 mzte bkind kti! Thx pak. . .

    05-01-09 11:49
  • 33. febhi

    pak,tolong diterangkan lebih terinci cara membuat karya tulis
    pleas...........!!!!!!!!!!!!!!

    16-11-08 01:02
  • 32. tri cahyadi

    pak, tolong contohkan cara pembuatan karya ilmiah tentang anak autis..
    dan tolong kirim ke:
    tca_byefa@yahoo.com
    trims....

    16-11-08 11:19
  • 31. joy

    pak tolong kirim cara membuat karya tulis yang baik bukan karya ilmiah.
    tolonng irim ke joy_simare@yahoo.com.
    sebelumnya saya ucapakan banyak terima kasih.

    09-11-08 11:46
  • 30. WenNy

    Tolong pak krmn cnth proposal dg desain pnelitian deskriftif dg judul gambaran penatalaksanaan masa nifas.
    Tlng krm saja ke email sy: wenny_chubby@yahoo.Com
    tlng dikrm skarang ya Pak, krn snin sdh hrs diserahin..
    Trima ksh bnyk sblm n sesudhnya..

    25-10-08 10:38
  • 29. renyos

    iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiyyyyyyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaalaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhh

    19-09-08 05:12
  • 28. Rebby

    ke perib_quu@yahoo.com

    10-09-08 04:38
  • 27. Rebby

    Tolong dong kirimin contoh untuk membuat pendahuluan untuk pembuatan laporan karya ilmiah...

    10-09-08 04:38
  • 26. Milli

    tlong donk kirimin bebrapa contoh karya tulis mengenai ekosistim laut tapi mengenai penelitiannya doank,,kalau gak kberatan juga tlong donk kasihin bebrapa situs2 mengenai terumbu karang,,tlong dikirim diemail sya: lovelyconan_4869@yahoo.co.id

    31-08-08 04:45
  • 25. S@bila

    pak saya minta diberikan sistematika KTI penelittian

    18-08-08 12:14
  • 24. dedeQ

    pusing ne mu buat
    karya tulis ilmiah buat laporan akhir kebidanan
    tolongin dunKzzz

    17-08-08 08:42
  • 23. cici

    pak...,saya minta tolong dikirimkan contoh karya tulis msalah administrasi perkantoran di email saya : chichi.maniez@yahoo.co.id atw di rydhojaya@yahoo.co.id .kalau bisa secepatnya karena mau dikumpul tgl 29 06,sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih,

    28-06-08 08:11
  • 22. lilik

    O..ya pak pertanyaan sy tadi ttg proposal riset utk disertasi dgn tema sistem psr bebas yg ideal bg komoditi brs d Indonesia, sudilah kiranya dikirim ke email sy : l_nurch@yahoo.co.id. Terimakasih, pak

    25-06-08 12:52
  • 21. lilik

    Pak, sy berencana mo m'buat proposal riset utk disertasi dgn garis besar temanya sistem pasar yang ideal bagi komoditi beras di Indonesia. Sy msh bingung hrs mulai drmana. Gimana sy memulainya? Bgmn mendapatkan bahan dasarnya? Apakah di UGM ada? Kalo ya kemana sy hrs kontak? Maturnumun pak Prastowo

    25-06-08 12:38
  • 20. renis

    pak saya mohon cara penulisan laporan TA SMK jurusan administrasi perkantoran.
    kirim ke e-mail ni saja
    renis_91tiya@yahoo.co.id

    tapi yang singkat agar saya jelas,pak?saya tunggu sekarang lho pak.soalnya saya lagi butuh banget.pleace?

    30-05-08 08:50
  • 19. kinoi

    pak saya mohon petunjuk cara penulisan karya ilmiah yang benar,terutama pada latar belakangnya, tema sa rendahnya nilai ujian bahasa indonesia,karena kurangnya minat baca

    05-05-08 11:51
  • 18. lila

    pak sy blh mnta cntoh karya ilmiah?klo bpk brkenan tlg krm k email sy d
    l1l4007@yahoo.co.id
    trma ksh sblmnya

    30-04-08 11:42
  • 17. vera hastuti

    pak, saya minta penjelasan sedikit perbedaan karya tulis dengan karya ilmiah

    18-04-08 11:00
  • 16. prastowo

    Akalnya pemeluk agama Islam.

    24-02-08 11:18
  • 15. kutil

    agama yg masuk akal adalah agama islam.........................

    24-02-08 12:09
  • 14. Fadilah

    Pak saya mohon petunjuk cara menulis karya ilmiah anak atau rumus rumus cara menyusun karya ilmiah

    22-02-08 09:46
  • 13. londo

    pak aku mau tanya gimana cara membuat / langkah - langkah menyusun karya tulis?

    17-02-08 11:42
  • 12. prastowo

    Namanya juga pendahuluan. Bab ini mendahului tulisan utamanya. Fungsinya membawa pembaca pada konteks yang sama dengan pemikiran penulis karya tersebut. Contoh, saat ini saya sedang melakukan penelitian tentang pemakaian peraltaan multimedia untuk mentoring anak autis.

    Pada pendahuluan, saya akan ungkapkan seberapa penting pemakaian multimedia ini. Pertama saya akan ungkapkan jumlah anak autis. Kedua saya akan ungkapkan berbagai metoda mentoring anak autis. Pada umumnya metoda mentoring anak autis bersifat one on one. Satu guru satu murid. Ini kan sangat mahal. Karena itu kalau ada metoda yang bisa menghemat tenaga guru sehingga satu guru bisa menagani, katakan 4 anak, dengan hasil yang sama efektifnya, maka orang akan tertarik untuk menggunakannya. Kemudian saya akan coba ungkap potensi komputer multi media untuk keperluan itu. Saya harap ini bisa memberi gambaran apa yang perlu diungkap pada bab pendahuluan.

    29-01-08 03:05
  • 11. djie

    pak saya mo nanya. sebetulnya isi dari pendahuluan itu sepeti apa harusnya?tlong kasih contoh!mksh.

    29-01-08 01:24
  • 10. efendi

    Pak,saya juga ingin belajat menulis, sekaligus belajar mengenai penyampaian/penyisipan tanda baca pada kalimat.

    26-12-07 11:57
  • 9. prastowo

    baca komentar 7

    25-12-07 12:07
  • 8. hendr0

    Pak, sistematika paper untu tugas IPM yang mana pak?

    24-12-07 09:25
  • 7. prastowo

    waduh... pak Tengku, apakah artikel di atas belum cukup?

    07-12-07 02:25
  • 6. tengku fery

    Pak cara membuat papaer yang benarnya disegmen sebelah mana y? setelah saya telusuri ko g ada y?

    07-12-07 02:20
  • 5. prastowo

    Wah duh... saya baru sadar sekarang kalau artikel ini belum selesai ya... bersambung. Secepatnya kalau sempat saya lanjutkan.

    07-12-07 01:07
  • 4. rani

    pa' bentuk format/cara penulisan untuk tugasnya(komentar web bpk) seperti yang bapak tulis ini,yah???

    Terima Kasih...^^

    07-12-07 12:36
  • 3. prastowo

    Keterangan lengkap tentang tanda baca dapat dibaca di wiki pedia Indonesia.

    01-11-07 06:26
  • 2. prastowo

    Tanda baca adalah simbol-simbol yang digunakan untuk membantu memberi petunjuk cara baca suatu tulisan seperti posisi pemenggalan, pemberitan nanda tanya, dan sebagainya. Dalam prakteknya tanda baca berwujud simbol-simbol titik, koma, titik dua, titik koma, tanda tanya dan tanda seru.

    01-11-07 06:22
  • 1. yuni

    apa defenisi tanda baca

    29-06-07 08:19