Bambang Nurcahyo Prastowo

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Standar Operating Procedure

Pada umumnya setiap distribusi peralatan hardware maupun software dilengkapi dengan buku panduan pemakaian atau sering disebut manual. Hampir setiap manual memuat peringatan agar pengguna membaca dulu buku tersebut dengan seksama sebelum mulai mengoperasikan peralatan. Dalam praktek banyak pengguna peralatan hardware maupun software tidak membaca manual. Mereka belajar mengoperasikan peralatan dengan cara coba-coba. Pada umumnya peralatan sekarang dirancang dengan userinterface yang mudah dikenali fungsi-fungsinya sehingga dalam banyak hal tidak lagi diperlukan pembacaan manual.

Dalam banyak hal, cara berpikir perancang sistem kadang berbeda dengan penggunanya. Microsoft menempatkan menu exit didalam start. Bagi perancang, start adalah tempat kita bisa menemukan segala macam keperluan termasuk quit dari penggunaan komputer. Bagi pengguna, tentu menggelikan bila kita mengajarkannya dengan mengatakan: "Untuk exit, tekan tombol start."

Untuk bekerja Profesional, kepastian operasi menempati prioritas utama. Karena itu pembacaan manual mutlak dilakukan. (belum selesai tapi sudah boleh dikomentari untuk memperkaya cakupan tulisan).

TUGAS Tuliskan standar operating prosedure bagi masyarakat untuk bisa menghubungi anda untuk bisa mendapatkan jasa layanan profesi anda secepat mungkin. Tentukan alternatif-alternatifnya dengan menunjukkan prioritas mulai cara yang paling anda kehendaki.


Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 6353 di
  • 63. ARmi

    super sekali
    kalau saya, meminta bantuan media2 sosial, forum, blog dan lain sebagainya , lalu mencantumkan jangkauan jasa layanan profesi kita supaya masyarakat dapat dijangkau secepat mungkin .

    15-03-12 02:54
  • 62. ade r

    SEBROSJogja melayani jasa penyebaran brosur ke titik-titik strategis,yang ada

    diwilayah yogyakarta,titik-titik strategi tersebut telah kami pelajari sebelumnya,baik

    dari segi terbacanya brosur,keawetan brosur dan lain-lain

    kami juga menyebarkan brosur keacara-acara seperti pelatihan, workshop atau

    acara-acara lainnya yang dihadiri oleh peserta yang potensial untuk membaca dan

    mempelajarinya

    kami juga bersedia menyebarkan brosur seperti yang diinginkan client selagi brosur

    tersebut sanggup kami sebarkan.

    03-02-09 10:09
  • 61. ai sumarni

    kepingin saran dari kamu

    08-10-08 04:23
  • 60. andhika

    mungkin cara yang paling tepat menurut saya adalah bertatap muka secara langsung, tapi bila berhalangan bertatap muka bisa saja menghubungi lewat telepon dan setidaknya mencari waktu yang tepat untuk bertemu, atau mungkin berdiskusi lewat telepon, bila telepon masih tidak bisa, bisa saja mengirim surat atau sejenisnya...

    04-01-08 10:53
  • 59. upik_mulato

    untuk menaiklankan jasa atau barang kita kepada para calon konsumen hendaknya harus dengan standar operating sistem yang mudahkan konsumen memahami barang apa yang kita tawarkan beserta kelebihannya.
    banyak hal yang perlu kita perhatikan dalam melakukan pengiklanan, pertama kita lihat pasar yang akan kita tawari, kedua kita perhatikan hal pertama dan cari cara supaya pasar bisa mengenal kita. misalnya kita mempunyai pasar anak muda, kita lakukan promosi ke tempat biasa anak muda berkumpul misal:kampus. kita iklankan di majalah anak muda, website anak muda dll, penyampaiannya juga haruslah mebuat aanak muda paham dan tertarik pada apa yang kita tawarkan. cara paling mudah melakukan pengiklanan adalah mempunyai kartu nama yang berisi alamat lengkap kalau perlu website juga agar orang-orang bisa mengubungi kita dengan mudah.

    04-01-08 09:18
  • 58. ETE

    SOP menurut Saya :

    Kita harus jelas memberitahukan siapa kita melalui iklan yang baik dan di lokasi yang strategis, disamping itu kita harus meunjukkan tanda bahwa kita bukan perusahaan tipuan (meyakinkan masyarakat) ini bisa dilakukan dengan mendeskripsikan alamat perusahaan lengkap dengan nomor telpon alamat website, sertifikasi dari pemerintah kalau perlu ISO berapa yang sudah pernah dicapai, contact person yang bisa kredibel dan sewaktu-waktu dihubungi dan penunjukkan beberapa perusahaan yang telah menjadi mitra kerja dengan perusahaan kita sehingga bukti-bukti keotentikan dari perusahaan kita bisa meyakinkan masyarakat bahwa kita perusahaan dengan identitas yang jelas dan siap meyakinkan masyarakat dengan service kita.

    04-01-08 07:07
  • 57. iben18

    WAh... jadi orang penting nih...

    SOP buat menghubungi saya:
    1. Ketemu langsung dengan saya. Tetapi terlebih dahulu bikin janji.

    2. menghubungi HP saya, SMS juga boleh

    3. Email..

    4. Surat..( walaupun kuno, tapi kalau orangnya tinggal jauh dan fasilitas internet dan HP masih jarang, cara ini masih bisa diandalkan)

    5. titip pesan ke orang lain yang sering ketemu saya... ini kalau sudah kepepet banget.

    04-01-08 12:38
  • 56. afzal

    HOT DIAL or HOT NUMBER atau nomor yang senantiasa aktif dan dapat menerima permintaan layanan sewaktu-waktu adalah cara yang paling mudah bagi kebanyakan orang. apalagi jika kita mempunyai banyak HOT site atau akses dimana-mana didukung dengan sarana yang baik untuk memenuhi permintaan atau kehendak konsumen tentunya lebih mempermudah. Akan lebih baik jika standar akses utamanya dapat dikemas lebih menarik sehingga dapat dengan mudah diingat dan didapatkan serta diaksesolh calon konsumen. misalnya memberikan ciri khas dengan iklan,nyanyian,angka yang mudah diingat, dsb.intinya terletak pada cirikhas yang menarik dan media untuk media untuk mengulanginya kembali. jika akses utama ini dapat merambah ke tempat publik maka akan lebh baik. tidaklah salah untuk mempunyai alternatif jalur lain melalui website, jasa keliling, tempat khusus atau yang lainnya bahkan hal tersebut direkomendasikan namun akan lebih baik jika mengutamakan teknik pemasaran word of mouth atau istilah lainnya menjadi bahan pembicaraan yang mudah diingat, dengan menitikberatkan pada salah satu sarana yang lebih mudah daripada merumitkan standard operating procedure bagi calon pelanggan dengan berbagai alternatif yang ada. contoh konkrit misalnya seperti yang dilakukan oleh produsen makanan cepat saji. bukan begitu?

    03-01-08 10:48
  • 55. galih_

    Standar Operating Procedure yang akan saya terapkan pada masyarakat luas agar bisa menghubungi saya untuk mendapatkan jasa layanan profesi adalah:
    1. mendatangi kantor secara langsung, karena dengan mendatangi kantor secara langsung, orang yang membutuhkan layanan profesi kita dapat menjelaskan maksudnya secara mendetail, sehingga menghindari kesalahpahaman antara maksud peminta dan pelayan.
    2. menghubungi nomor telepon yang telah saya berikan. hal ini sewaktu-waktu diperlukan jika saya sedang tidak berada di kantor atau sedang ada keperluan lain.
    3. mengirimkan pesan via email, atau website yang sengaja saya persiapkan untuk keperluan layanan profesi...


    hehehe... maaf pak, benerin tulisan yang sebelumnya...

    03-01-08 10:02
  • 54. galih_

    Standar Operating Procedure yang akan saya terapkan pada masyarakat luas agar bisa menghubungi saya untuk mendapatkan jasa layanan profesi adalah:
    2. mendatangi kantor secara langsung, karena dengan mendatangi kantor secara langsung, orang yang membutuhkan layanan profesi kita dapat menjelaskan maksudnya secara mendetail, sehingga menghindari kesalahpahaman antara maksud peminta dan pelayan.
    2. menghubungi nomor telepon yang telah saya berikan. hal ini sewaktu-waktu diperlukan jika saya sedang tidak berada di kantor atau sedang ada keperluan lain.
    3. mengirimkan pesan via email, atau website yang sengaja saya persiapkan untuk keperluan layanan profesi...

    03-01-08 10:01
  • 53. SN_10576

    SOP saya mirip dengan yang lain yaitu :
    1. menghubungi nomor yang saya sediakan.
    2. mendatangi langsung kantor saya
    3. bertemu langsung dengan saya
    4. mengirim pesan melalui internet

    03-01-08 06:08
  • 52. r31

    Untuk mendapatkan jasa pelayanan dari profesi yang kita tekuni SOP yang tepat tentunya dengan memberikan informasi mengenai diri kita dan Hal-hal yang dapat membantu untuk menghubungi kita.Hal itu bisa dilakukan lewat iklan maupun dari mulut-kemulut.

    03-01-08 05:30
  • 51. nia

    Standar operasi prosedura bagi masyarakat untuk menghubungi saya dan mendapatkan layanan profesi saya secara cepat adalah:
    1Dapat mendatangi saya secara langsung, untuk menjelaskan keperluannya.
    2.Menghubungi saya lewat CP yang saya berikan
    3.Menghubungi saya lewat website, email, atau blog saya
    4.Menghubungi saya lewat perantara organisasi profesi tempat saya bernaung.

    03-01-08 10:31
  • 50. Sigit

    SOP yang saya kehendaki hampir sama dengan teman-teman yang lain, yaitu;
    1. pesan lewat pamflet-pamflet,iklan-iklan di media massa.
    (khalayak orang yang mamasarkan produk di masyarakat biasa)
    2. website
    (bisa untuk semua orang yang ingin menggunakannya namun juga mengerti IT lebih dahulu)

    03-01-08 12:09
  • 49. wahyudin

    SOP yang tepat menurut saya adalah melalui iklan berbagai media, dengan kemasan iklan yang menarik, dimana customur mudah menangkap pesan dari sebuah iklan

    02-01-08 08:52
  • 48. TauFik

    Supaya masyarakat dapat menghubungi untuk mendapatkan jasa layanan kita dapat menyebarkan brosur atau mengiklankan jasa layanan kita di surat kabar cetak dengan memberikan nomor telepon dan alamat website jasa layanan kita dan yang terpenting alamat kantor kita.
    Alternatifnya:
    1. Lewat layanan HotLine,
    2. Melalui website kita,
    3. Datang langsung kekantor.

    02-01-08 07:06
  • 47. arief

    Cara masyarakat menghubungi saya sehingga dapat memanfaatkan pelayan saya secepatnya tentu, idealnya, menghubungi saya secara langsung. Mereka menjelaskan jenis pelayanan apa yang dibutuhkan. Kemudian memberikan harga yang sanggup mereka berikan. Kemudian saya memutuskan apakah akan menerima atau menolak.

    Cara ideal seperti di atas tentu saja tidak selalu terjadi. Masyarakat pengguna jasa juga dapat menghubungi saya melalui perantaraan "makelar". Tentu saja saya harus membayar komisi sang "makelar" sehingga mengurangi keuntungan yang saya peroleh.

    Cara yang paling tidak ideal adalah saya harus mengikuti prosedur tender yang melelahkan yang penuh dengan trik-trik birokrasi untuk mendapatkan proyek. Apalagi jika ternyata keuntungan yang didapat tidak seberapa.

    01-01-08 06:12
  • 46. redi

    Sesuai dengan perkembangan perusahaan dan kompleksitas usahanya serta dinamika yang ada, peran SOP semakin dibutuhkan dalam perusahaan sebagai pedoman dalam melakukan suatu proses pekerjaan. Bisa dibayangkan, tanpa pedoman yang baku tentunya akan menimbulkan kebingungan di antara karyawan. Banyak permasalahan akan timbul, seperti: bagaimana seharusnya suatu proses pekerjaan dilakukan, siapa yang harus mengerjakan, siapa yang memberi persetujuan, dokumen apa yang harus disiapkan dan berbagai permasalahan lainnya yang secara keseluruhan dapat mengurangi efektivitas dan efisiensi pekerjaan

    29-12-07 02:11
  • 45. agung/10776

    cara agar SOP perusahaan agar dapat diketahui masyarakat salah satunya melalui iklan, iklan sangat berguna karena penyampaiannya langsung kepada masyarakat dan penyebarannya sangat luas. mengenai cara-cara masyarakart dapat menghubungi diantaranya adalah:
    1. layanan hotline 24 jam
    layanan ini sangat berguna karena masyarakat yang ingin berkonsultasi tentang produk kita tanpa harus keluar rumah
    2. distributor resmi dan service center yang bisa melayani pelanggan yang mengalami masalah dengan produk kita dan memerlukan service
    3.website dan e-mail juga sangat berguna untuk memberikan informasi dan sarana berkonsultasi secara efisien

    29-12-07 12:40
  • 44. Agung

    Agar sebuah Standar Operating Sistem dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat,kita hendaknya memperhatikan banyak hal. Hal ini bertujuan agar masyarakat mampu mengaksesnya dengan mudah. Yang perlu diperhatikan adalah SOP yang kita gunakan hendaknya memakai nama yang menunjukkan identitas pribadi kita sendiri,agar gampang diingat dan mudah dicerna.
    Mengiklankan lewat media massa juga bisa dijadikan alternatif agar masyarakat mengetahuinya atau untuk memperkenalkannya pada masyarakat. Dalam hal ini saya setuju dengan komentar dari teman-teman yang menyebutkan bahwa TV adalah salah satu media yang paling tepat untuk hal ini. Hal ini dikarenakan TV merupakan sesuatu yang bisa dibilang barang wajib yang hampir dimiliki oleh semua orang di Indonesia khususnya. Selain itu media seperti koran atau majalah juga bisa kita jadikan sarana buat hal ini.

    27-12-07 11:10
  • 43. pinandhito

    Standar operating procedure (SOP) sangat mudah diterima di masyarakat tentunya mempunyai beberapa kriteria. Sedikit pengalaman yang saya punya penyampaian melalui iklan selama ini memang cukup efektif khususnya media televisi karena televisi memang benda yang "wajib" dimiliki. Sedangkan perbedaan antara masyarakat kota dan desa (dalam hal ini tingkat pendidikan) adalah terletak pada ketelitian menggunakan barang yang dibelinya masyarakat desa cenderung untuk minta dijelaskan karena mereka katanya kurang "mantap" jika hanya membaca manual sendiri..

    25-12-07 04:46
  • 42. Heryuda

    Andaikan bahwa saya adalah seorang praktisi IT sekaligus konsultan terhadap suatu networking project, agar saya dapat dikenal dan diketahui public dengan baik, maka promosi harus dilakukan, misalnya dengan media informasi public Koran, radio, atau televisi. Kemudian mendirikan suatu firma jasa konsultan dengan walaupun hanya dengan sebuah gedung tetapi berizin, kemudian mulai mengikuti suatu tender,salah satu strategi adalah dengan melengkapi diri kita dengan sertifikasi keahlian networking Cisco System (CCE,CCNE, dll), apabila saya dan team memenangkan tender, maka nama team saya akan segera dikenal public, dan tentu saja promosi ini didukung dengan media yang lain, misalnya web untuk jasa konsultan, dan layanan maksimal pada jam kerja, maka ketika seorang konsumen memberi project itu pada saya dan saya menerima project itu, maka hal pertama harus dilakukan adalah mempelajari kasusnya, andaikan project telah selesai tepat waktu dan berhasil, maka untuk menggunakan network itu saya harus member manual standard operating procedure untuk menggunakan network tersebut. Agar manual tersebut dibaca oleh setidaknya admin jaringan pada pengguna network tersebut, maka dalam surat perjanjian kontrak garansi, maka dituliskan bahwa admin jaringan yang telah dibangun dan semua member pengguna network diwajibkan membaca dan memahami standard operating procedure tersebut, agar network tersebut digunakan dengan baik dan benar, ketika terjadi masalah dengan network tersebut, dan admin jaringan yang menggunakan network tersebut tak mampu mengatasinya maka agar pihak konsumen harus dapat menghubungi kita, dengan berbagai cara yang telah disediakan untuk konsumen. Cara paling cepat adalah dengan melalui telepon.

    25-12-07 01:51
  • 41. dion

    di google, jika kita ketik kata kunci standard operating prosedure, dapat kita jumpai halaman yang berisi SOP dalam bentuk PDF/microsoft word isi dari panduan tersebut cukup lengkap dan tidak membingumgkan penggunannya. jadi saya menyimpulkan media ini cukup efektif untuk digunakan. apalagi fasilitas internet sudah mulai marak di desa-desa sekalipun. satu lagi media yang cukup efektif adalah iklan TV, karena pada jaman sekarang TV mungkin sudah merupakan barang yang wajib dimiliki.

    24-12-07 07:50
  • 40. haze

    SOP? Standard Operating Procedure
    Menurut saya SOP yang paling tepat terhadap penyedia layanan adalah melalui sebuah iklan di mana penyampaian iklan tersebut kepada masyarakat luas haruslah jelas. Nah penyampaiannya bisa melalui media elektronik, media massa. Pokoknya media di mana masyarakat luas bisa mengakses itu dengan mudah.
    Nah layanan yang kita berikan juga harus berkualitas berkenaan dengan image yang timbul akibat layanan yang telah kita berikan.

    23-12-07 01:11
  • 39. prince

    Standard Operating Procedure (SOP) bagi masyarakat paling cepat yang dapat diterima adalah melalui iklan. Tinggal bagaimana iklan tersebut dapat sampai ke masyarakat itu sendiri.

    Ada beberapa alternatif untuk melakukan penyebaran iklan mengenai jasa layanan profesi kita :
    1. Melakukan penyebaran iklan melalui media elektronik maupun media cetak meskipun membutuhkan biaya yang besar tetapi dijamin pasti inofrmasi jasa anda akan sampai ke tangan masyarakat.
    2. Cantumkan alamat maupun nomor telepon valid yang bisa dihubungi. Sesegera mungkin seandainya masyarakat tertarik mereka akan langsung mencoba menghubungi anda dari informasi yang didapat dalam iklan tersebut.
    3. Memiliki website pribadi merupakan alternatif SOP bagi masyarakat yang bisa diterima di seluruh dunia karena merupakan fasilitas internet yang tidak mengenal batas daerah. Di era modern segalanya bisa jauh lebih mudah dan mampu menjangkau seluruh dunia.

    21-12-07 07:05
  • 38. iw_

    Tiap produk (hardware ataupun software) biasanya telah dilengkapi dengan manual book. Hal ini sangat membantu karena dari sanalah kita dapat mempelajari karakteristik dan cara kerja produk tersebut. Produsen yang bertanggung jawab biasanya juga mencantumkan no telepon untuk customer service, dan biasanya bebas pulsa. Layanan seperti ini menurut saya adalah yang paling efektif untuk menanggani permasalahan2 yang timbul dari customer.
    Layanan telepon bebas pulsa saya anggap sebagai yang paling efektif karena melalui telepon pihak user dapat berkomunikasi secara langsung, namun tanpa harus bertatap muka dengan pihak produsen.
    Alternatif kedua adalah melalui web site. Ini menjadi pilihan kedua karena walaupun dimungkinkan untuk adanya komunikasi dua arah, tetapi mungkin tidak dapat dilakukan secara real-time seperti jika dalam telepon.

    19-12-07 11:44
  • 37. Dine

    Standar Operating Prosedure bagi masyarakat untuk bisa menghubungi anda untuk bisa mendapatkan jasa layanan profesi saya secepat mungkin adalah menghubungi saya, baik secara langsung, ataupun melalui media-media lain yang sudah saya persiapkan guna memperlancar komunikasai antara saya dengan customer. Media-media lain misalnya melaui media cetak, dan media elektronik yang mencantumkan alamat, website, nomer telepon saya yang dapat dihubungi.

    19-12-07 10:48
  • 36. HannY

    Standar Operating Procedure bagi mayarakat untuk menghubungi saya untuk bisa mendapatkan jasa layanan dari profesi saya saya sekarang ini (un tuk sementara ini saya berprofesi sebagai mahasiswa dengan kerja sambilan memperbaiki hardware maupun software komputer dan memperbaiki software nokia yang rusak) saya cukup mudah dihubungi apabila dibutuhkan. cukup dengan telpon saya sebelumnya dan datang ke tempat saya. InsyAllah apabila saya bisa saya akan memperbaikinya. dan untuk upah mungkin seikhlasnya saja, tidak diberi juga tidak apa-apa, karena telah memberi saya pengalaman.

    17-12-07 11:04
  • 35. ika

    media yang efisien dalam SOP:
    sebenarnya tergantung dari
    1. saya rasa media yang paling efisien agar Customer dapat mengetahui jasa profesi saya adalah lewat media cetak....baik majalah atau koran
    2. dalam iklan itu ada nomer Telp yang dapat dihubungi
    3. seperti teman2 lainya, melalui sms...ada pengalaman saat mengiklankan ttg usaha kecil2an yang baru saya mulai lewat sms ke nomer hp teman2, respon mereka cukup bagus..sms menawarkan kemudahan mengakses usaha hehe..dengan catatan antar konsumen dan Produsen harus saling percaya, sehingga tercipta keprofesionalan

    15-12-07 02:09
  • 34. emita

    seperti yang sudah-sudah ada. menurut saya cara yang paling efektif untuk memudahkan konsumen dalam memperoleh layanan jasa adalah dengan memasang iklan pada media-media yang ada. dan pada setiap iklan disertakan no telephon, alamat kerja, alamat email dan website supaya pencariannya lebih mudah dan lengkap.

    15-12-07 10:32
  • 33. ekajaya

    standar operating procedure:

    seperti kebanyakan yang sudah teman2 eliners tuliskan

    > mencantumkan nomor telp atu hape
    >mencantumkan alamat email
    >mencantumkan alamat site
    >mencantumkan alamat tinggal atu tempat kerja/ kuliah

    pada media periklanan baik cetak maupun elektronik

    14-12-07 03:15
  • 32. ekajaya

    tiap produsen suatu produk pasti mengklaim bahwa produknya berbeda dengan produk yang di hasilkan oleh produsen lain

    begitu juga yang dicontohkan oleh bapak, tentang cara kluar dari program windows dan linux.

    klo menurut saya itu wajar dan bukan menjadi suatu masalah yang besar. asalkan kita tau bagaimana cara pengoperasian dari suatu produk, meskipun caranya berbeda beda, tp kita dapatkan apa yang kita inginkan dari produk tersebut



    14-12-07 03:06
  • 31. Fakhmi

    standar operating procedure yang menurut saya dapat digunakan oleh pengguna jasa dari profesi saya adalah yang pertama nomer telepon serta iklan. Selain itu pelanggan harus menghubungi minimal satu hari sebelum profesi saya dibutuhkan atau dapat diistilahkan "booking".

    yang kedua adalah membuat situs yang dengan jelas menampilkan serta menawarkan keahlian-keahlian yang saya miliki.

    13-12-07 02:07
  • 30. hendr0

    Standard Operating Procedure
    Saat imi banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk informasi jasa layanan,seperti:
    1.Iklan(cetak,elektronik,poster,baliho,pamflet,brosur,dll)
    2.email,website,&forum/milist.
    3.online service&sms.
    4.social event, langsung turun ke lapangan.

    Hal diatas juga harus dibarengi dengan layanan/produk yang berkualitas, agar imej yang baik akan timbul dengan sendirinya.

    12-12-07 02:50
  • 29. panji/10758

    SOP(Standard Operating Procedure)

    adalah suatu sistem yang menjalankan operasi pemasaran suatu produk baik barang maupun jasa yang menggunakan jasa media telekomunikasi:

    Iklan pada media cetak
    biasnya menawarkan suatu barang atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen

    Webite
    ini juga merupakan suatu cara yang digunakan oleh produsen maupun distributor barang atau jasa

    SMS
    ada juga penawaran barang yang berbasis sms

    forum/Maillist
    biasanya pesan yang dituliskan dalam suatu forum akan dibaca oleh user lainnya,sedangkan maillist biasanya pesan yang kita tuliskan di dalamnya akan dikirimkan kepada semua pengguna maillist tersebut

    11-12-07 08:00
  • 28. ryan/10784

    Supaya masyarakat dapat memperoleh pelayana secepat mungkin tentu saja hal yang paling penting adalah mencantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi....
    Dan bila memungkinkan kita bisa membuat web khusus supaya konsumen dapat mempelajari barang/jasa yang ditawarkan,tidak lupa memberi ruang pada web tersebut untuk wadah asran/kritik dari konsumen

    10-12-07 12:51
  • 27. EKo

    Banyak produsen telah menyertakan peringatan akan hilangnya garansi suatu produk disebabkan oleh kesalahan pemakaian yang dilakukan oleh kustomer. Jujur saja saya-pun jarang membaca buku panduan pemakaian suatu produk yang saya pakai. Saya baru membacanya setelah saya merasa kesulitan pemakaian suatu fasilitas dalam produk tersebut.
    Alternatif yang paling banyak dilakukan produsen saat ini adalah dengan layanan customer service phone atau konsumen menghubungi pihak customer service produsen dengan telepon. Hal ini disebabkan salah satunya karena hampir semua orang telah memiliki telepon.
    1. Jika memang dimungkinkan membuat suatu tempat layanan customer service tersendiri adalah langkah terbaik, karena tatap muka dengan kustomer dapat menunjukkan keseriusan kita akan pelayanan produk tersebut.
    1. Sebagai produsen saya lebih memilih pelayanan telepon sebagai alternatif kedua.
    2. Jika memang saya memiliki website tersendiri tentang perusahaan saya, maka alternatif lain adalah menggunakan chat online dengan kustomer seperti ang telah dilakukan beberapa perusahaan ( sebagai contoh bhinneka.com ).
    3. Sebagai alternatif lain dapat pula digunakan layanan email. Saya tidak dapat menganjurkan akan layanan kartu pos karena keterbatasannya dalam masalah waktu dan efisiensi.

    10-12-07 12:22
  • 26. made

    Jika yang dijadikan patokan adalah untuk mendapatkan layanan secepat mungkin maka untuk kondisi perkembangan teknologi sekarang, telepon masih jawabannya. Dapat berupa customer care, yang ditangani oleh orang yang memahami produk tersebut. Jadi tidak ada istilah pelanggan yang bertanya ke customer care tidak mendapat saran/jawaban, yang akan berujung pada kejengkelan customer terhadap produk tersebut. Padahal produk tersebut memiliki mutu yang baik misalnya. Namun customer care yang berupa saluran telepon memiliki banyak kelemahan,. Antara lain harga pulsa telepon mahal, apalagi misalnya produk tersebut dibeli di luar negeri. Hubungan lewat telepon sering menyebabkan kesalahpahaman tentang sesuatuyangdimaksud(bagian produk yang bermasalah), karena telepon hanya menyediakan sarana untuk berbicara/suara, tanpa tampilan/gambar. Alternatif yang lain adalah lewat sarana internet, baik berupa e-mail atau mungkin langsung lewat website produk tersebut yang menyediakan bagian layanan konsumen. Lewat internet harga untuk mendapatkan customer care akan lebih murah, apalagi seandainya produk tersebut dibeli dari luar negeri. Tentu akan sangat mahal kalau menggunakan telepon. Kelemahannya hampir sama dengan telepon, yaitu mungkin terjadi kesalahpahaman tentang problem yang dimaksud, apalagi lewat e-mail/website tidak bisa dilakukan dialog secara langsung, jadi mungkin saran yang didapatkan lebih lama dibandingkan telepon. Namun kedua alternatif diatas menjadi sangat baik apabila kita dapat menyediakan tampilan(berupa gambar) antara customer dengan pemberi saran, seakan-akan mereka berdialog langsung, mungkin dengan webcam misalnya.

    08-12-07 11:16
  • 25. wulaaan

    Haduh...maaf..maaf...postingan saya sebelumnya banyak salah ketiknya, ini yang benar bin asli:
    "Sebelumnya maaf, Pak...saya agak mumet dengan kalimat Bapak, sampai pada akhirnya saya baca hasil posting teman-teman, dan saya pun bergumam..."Oo..jadi ini to maksudnya.."

    (Secara harafiah bisa dikatakan)Hal standar yang bisa saya lakukan agar khalayak bisa dengan cepat menghubungi saya untuk mendapatkan jasa layanan profesi saya ialah...
    1. Pasang papan iklan depan rumah, lengkap dengan nomor teleponnya..
    2. Pasang iklan di koran.
    3. Menyebarkan pamflet, flyer, poster, spanduk, baliho kalau perlu...Hehe... Sudah tidak standar lagi itu namanya.
    4.Masuk ke dalam forum-forum yang berkaitan dengan keahlian kita dan membuktikan eksistensi kita disana.
    5.Membuat website pribadi.
    6.Mempromosikan ke orang-orang terdekat dan orang-orang yang kita sayangi, dengan harga miring tentunya.
    Sampai saat ini segitu dulu..=)"

    06-12-07 05:10
  • 24. wulaaan

    Sebelumnya maaf, Pak...saya agak mumet dengan kalimat Bapak, sampai pada akhirnya saya baca hasil posting teman-teman, dan saya pun bergumam..."Oo..jadi ini to maksudnya.."

    (Secara harafiah bisa dikatakan)Hal standar yang bisa saya lakukan agar khalayak bisa dengan cepat menghubungi saya untuk mendapatkan jasa layanan profesi saya ialah...
    1. Pasang papan iklan depan rumah, lengkap dengan nomor teleponnya..
    2. Pasang iklan di koran.
    3. Menyebarkan pamflet, flyer, poster, spanduk, baliho kalau perlu...Hehe... Sudah tidak standar lagi itu namanya.
    4.Masuk ke dalam forum-forum yang berkaita dengan keahlian kita dan membuktikan eksistensi kita disana.
    5.Membuat website pribadi.
    6.Mempromosikan ke orang-orang terdekat a orang-orang yang kita sayangi, dengan harga miring tentunya.
    Sampai saat ini segitu dulu..=)

    06-12-07 05:07
  • 23. rani

    Ass.wr.wb

    Dari pengertian SOP dan beberapa komentar teman-teman sebelumnya, bisa saya katakan: jika ada seseorang (customer) yang membutuhkan jasa/keahlian saya, saya akan menetapkan SOP. Dimana SOP bagi masyarakat(customer)
    untuk bisa menghubungi saya untuk mendapatkan jasa layanan profesi secepat mungkin, urutan prioritasnya ialah:

    1. Menemui saya langsung, dengan cara ini saya rasa saya dapat dengan sangat cepat (segera mungkin) untuk menangani masalah customer yang membutuhkan keahlian saya.

    2. Menghubungi saya lewat telefon. Dengan cara ini saya jadi dapat mengetahui permasalahan/keinginan customer secara jelas, namun dalam menangani masalahnya saya rasa membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan cara sebelumnya(datang langsung). Karena tidak terjun langsung untuk menangani masalah (perlu pembicaraan lebih lanjut kapan dan dimana keahlian kita akan digunakan).

    3. Lewat SMS, Website, ataupun suatu komunitas (didunia maya), apapun itu yang menggunakan media tulisan sebagai sarana untuk menghubungi saya, tetap akan mendapatkan jasa layanan profesi saya. Namun cara ini, saya tempatkan pada prioritas ke-3. Karena akan menemukan lebih banyak kesulitan untuk dapat memberikan pelayanan jasa profesi saya pada customer secara langsung dibandingkan cara-cara sebelumnya.

    -terimakasih-
    Wasalam...^^

    06-12-07 11:30
  • 22. rani

    Ass. wr. wb

    Sebelumnya, Standar operating prosedure(SOP) itu apa,sih?

    Karena masih bingung dan gak tau mau nanya siapa (hiks..). Hingga akhirnya rani mendapat penerangan setelah search ke
    wikipedia (Yeah...) dari hasil penelusuran di dapat
    Prosedur operasi standar (Bahasa Inggris: standard operating procedure, SOP) atau kadang disingkat POS, merupakan suatu set instruksi yang memiliki kekuatan sebagai suatu petunjuk atau direktif. Hal ini mencakup hal-hal dari operasi yang memiliki suatu prosedur pasti atau terstandardisasi, tanpa kehilangan keefektifannya. Setiap sistem manajemen kualitas yang baik selalu didasari oleh POS.

    Untuk teman-teman semoga hasil pencarian saya membantu^^
    Selamat berkomentar...
    -terimakasih-
    Wasalam...

    06-12-07 11:28
  • 21. aris

    menurut saya standard operarting prosedure yang baik:
    1.dengan cara iklan dalam media masa,email,internet,website,radio,tv dan lain sebagainya.
    2.dengan cara melakukan promosi langsung kepada masyarakat dengan orasi-orasi yang langsung di depan masyarakat.
    3.dengan cara menyebar brosur atau selebaran di tempat-tempat umum.
    4.dengan menempelkan poster-poster di tempat-tempat umum.
    5.dengan jaringan komunikasi lewat teman-teman dekat,keluarga,dan lain-lain.
    semua itu harus didasari kemampuan pemasaran yang baik dan promosi yang baik dari yang menawarkan jasa.

    06-12-07 08:56
  • 20. tengku

    SOP yang menurut saya baik adalah:
    1.melalui media promosi besar-besaran dengan interaksi langsung dengan masyarakat pengguna kita,misalnya dengan launcing di tempat-tempat umum,dengan ada tambahan unsur hiburannya.
    2. Melalui media promosi yang sangat dekat dengan masyarakat,melalui iklan di televisi misalnya.
    3.melalui media cetak yang nasional,karena jangkauannya akan lebih besar.
    4. memasukkan iklan pada buku petunjuk jasa,seperti yellow page atau sejenisnya.
    5. lewat media intenet,dengan membuat website agar para pelanggan dapat mengetahui detail produk kita,
    bahkan berinteraksi lewat forum.
    6. lewat media email,tentu saja email ini munglin akan dianggap sebagai spam juga oleh sebagian orang.

    dan yang pasti,dalam semua media tersebut,kita harus mencantumkan informasi selengkap mungkin tetapi tetap
    singkat jelas padat,sehingga lebih gampang ditangkap oleh masyarakat.

    05-12-07 01:54
  • 19. Ryan/11074

    Standar Operating Procedure
    yang memudhkan masyarakat tergantung pada lahan profesi. Oleh karena untuk masyarakat IT menurut saya SOP sebagai berikut:
    1. Lewat postingan komentar di forum, orang yang pertama menhubungi kita lewat ini adalah yang pertama mendapatkan jasa layanan kita.
    2. Lewat SMS, mugkin tidak semua orang yang membutuhkan jasa dan layanan kita yang sempat posting komentar atau orang yang membutuhkan kita tidak pernah berinternet tetapi dia mendapat masukan dari temannya bahwa kita adalah orang yang dibutuhkannya. Dengan demikian SMS-lah yang mendapatkan prioritas kedua.
    3. Lewat telpon, orang yang menghubungi kita lewat telpon mendapatkan prioritas ketiga karena saya lebih mengutamakan prioritas 1 dan 2 di atas. Menurut saya pesan text atau postingan komentar di forum lebih tinggi kepastiannya dan lebih murah pengelolaanya karena kita tidak perlu menulis ulang lagi..

    05-12-07 09:09
  • 18. Ade

    Standar Operating Procedure (SOP) yang memudahkan masyarakat yaitu:
    1. penyebaran informasi tentang jasa yang kita tawarkan baik langsung taupun tidak langsung. Penyebaran secara langsung misalnya dengan selebaran ataupun poster yang ditempelkan di banyak tempat.
    2. penyebaran informasi melalui website. Dengan rajin berjelajah k web orang lain dan meninggalkan link web kita di website orang itu.
    3.Penyebaran dengan menggunakan media elektronik. Seperti yang kita ketahui elektronik merupakan sarana paling mutakhir dalam penyebaran informasi.
    4. memberikan kontak person dengan lengkap. Seperti no telp, email, website, dan juga alamat. Agar kita mudah untuk dihubungi

    02-12-07 09:18
  • 17. dion

    Standar Operating Procedure (SOP) bisa dilakukan dengan cara:
    1. memberikan informasi tentang jasa kita dengan melakukan promosi.
    2. memberikan contact person agar dapat mudah dihubungi oleh calon pengguna jasa kita.
    3. kita juga bisa menggunakan cara aktif yaitu dengan mencari langsung calon pengguna jasa kita sehingga hal itu lebih memudahkan calon pengguna jasa.

    29-11-07 10:28
  • 16. danoe

    yang akan saya lakukan antara lain:
    1.melakukan promosi web melalui internet karena dengan begitu koneksi lebih cepat
    2.adanya contact jarkom(dari teman ke orang lain tentang keberadaan saya)
    3.bila sudah cukup mampu untuk di pertangggung jawabkan maka saya ingin mencoba dengan menyebarkan iklan melalui media cetak
    4.dengan tempat tetap maka saya akan menampilkan papan nama yang berisi tawaran jasa.

    28-11-07 02:18
  • 15. Yusnan

    Standar Operating Procedure (SOP) bagi masyarakat untuk bisa mendapatkan jasa layanan bisa dilakukan dengan beberapa cara,antara lain:

    1.Promosi langsung.Ini bisa dilakukan,misalnya dengan mengadakan kegiatan yang bersifat sosial seperti pengobatan gratis (profesinya sebagai dokter
    ) dll.

    2.Penyebaran brosur-brosur,poster,kartu nama,atau sejeninya yang mudah dilihat dan dibaca oleh orang lain.

    3.Melalui media periklanan,baik itu melalui televisi,radio,atau media visual lainnya.

    4.Melalui nomor telf,nomor hp (contact person) agar bisa berhubungan secara langsung.

    5.Melalui e-mail maupun website.

    28-11-07 01:54
  • 14. Angga Yuda

    SOP yang saya hendaki:
    1. Website
    karena dengan website inikita bisa membuka forum,sehingga masyarakat lebih mudah kontak dengan kita. Walaupun hanya sebagian orang saja(orang yang tau internet)
    2. Menggunakan Media periklanan sebagai unjuk tombak.
    Media periklanan ini sangat efektif untuk menjangkau konsumen. Baik dari iklan koran, radio,televisi, bahkan pamflet. Tentunya di dalam kita beri kontak person..Saya yakin masyarakat lebih cepat untuk mendapatkan pelayanan yang kita ikalankan,atau forumkan.

    26-11-07 08:14
  • 13. yoriarif

    Urutan alternatif SOP yang paling saya kehendaki adalah:
    1. Melalui media promosi langsung seperti poster dan leaflat disertai dengan informasi yang jelas mengenai produk tersebut dan bagaimana cara mendapatkan produk tersebut.

    2. Media promosi yang tidak langsung, seperti kartunama, pembatas buku, gantungan kunci, atau barang-barang menarik lainnya, sehingga tidak mudah dibuang seperti poster atau leaflat. Walaupun informasi pada media ini tidak lengkap, setidaknya dapat mengingatkan konsumen yang pernah mengetahui tentang produk yang saya tawarkan untuk mempertimbangkan "saya" jika dia membutuhkan sesuatu yang pernah "saya" tawarkan.

    3. E-Mail dan website. Melalui media ini seseorang dapat memperoleh informasi yang dia tawarkan dengan waktu yang relatif cepat dan biaya yang murah.

    4. CP (contact person, bisa tlpn atau sms). Sebenarnya informasi melalui CP ini adalah yang paling praktis bagi seseorang untuk mendapatkan informasi. Tetapi mengapa saya letakkan diurutan paling bawah? Karena dengan media ini kita membutuhkan extra biaya,terutama untuk menjawab sms yang masuk. Dari pengalaman, pulsanya boros banget Pak...

    26-11-07 10:47
  • 12. Toni

    Nama : Toni Prasetyo
    Nim : 06/195048/PA/11132

    Standar Procedure bagi masyarakat untuk mendapatkan akses pelayanan secepat mungkin adalah dengan:

    1. Memberikan informasi secara tertulis mengenai jasa yang ditawarkan dan disertai dengan alamat untuk mengakses jasa yang dimaksud. Misalnya dengan memberikan pamflet atau selebaran berisi informasi tentang jasa kita yang dimuat dalam website tertentu.

    2. Memberikan informasi "Contact Person". Yaitu memberikan informasi tentang siapa saja yang bisa dihubungi terkait dengan layanan jasa yang kita miliki.

    3. Memberikan alamat atau tempat untuk mengakses secara langsung pelanggan yang ingin mendapatkan jasa kita atau bahkan memberikan komplain tentang jasa yang kita miliki. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan alamat dari kantor kita atau tempat kita bekerja.

    23-11-07 03:26
  • 11. adhi_BM

    Untuk menciptakan akses yang bagus dalam pelayanan masyarakat,
    pertama boleh memakai selebaran promosi atau memakai kartu nama, didalam kartu nama kan informasinya sudah lengkap tapi belum ada timbal balik, kedua memakai website, disini pelanggan bisa membaca profile kita dan service yang ditawarkan, jika ingin bertemu tinggal telepon yang ada di kartu nama, standarnya kan pelanggan tahu dulu, kemudian dia membaca info tentang service yang ditawarkan, dengan pertimbangan yang matang, jika tertarik dia akan memesan biasanya lewat telepon, untuk membuat janji temu, atau bisa pesan langsung, jika rumah yang dituju jauh dari pusat distribusi hendaknya jika perusahaannya sudah terkenal membuka cabang di area distribusi agar layanan lebih cepat. Yang penting mutu barang dan pelayanan ditingkatkan terus secara kontinu.

    22-11-07 10:08
  • 10. azwar

    Untuk menciptakan akses yang cepat agar masyarakat dapat mendapatkan layanan profesi maka hal yang sangat penting adalah menyebarkan nomer yang dapat dihubungi, setelah itu diusahakan memiliki 'home base' yang strategis sehingga masyarakat mudah menjangkau. Jika diperlukan maka bisa dengan membuka cabang perwakilan sehingga akses dapat lebih luas. Dengan lebih luasnya akses maka masyarakat yang membutuhkan jasa profesi kita akan dapat dengan cepat kita respon.

    22-11-07 08:32
  • 9. athur

    Sop yang baik tentunya sop yang mudah dilakukan dan dimengeti oleh semua pelanggan.Menurut saya ada beberapa cara yang menunjang hal tersebut diantaranya:
    1.Kartu nama.
    hal ini terlihat simple namun sangat penting.Bagaimanapun juga identitas kita mesti diketahui dengan jelas oleh pelanggan.Isi kartu nama tersebut dapat berisi macam macam,namun yang paling penting ialah kontak person yang sangat mudah.
    dapat berisi no telp rumah,alamat kantor,handphone,no telp kantor,ataualamat email dan website.
    2.Diusahakan untuk tidak mengganti sesering mungkin kontak person yang ada di kartu nama tersebut,diusahakan no tersebut selamanya dan tidak berubah.Hal ini memudahkan untuk menghubungi(kalau bisa nomernya pun yang "cantik"sehingga mudah diingat.
    3.membuat website.
    dizaman sekarang pemasaran tidak lagi door to door tapi melalui dunia virtual pun sudah sangat marak selain efektif dan efisien.
    hal ini bisa lebih mengena ke konsumen,tidak lupa menyediakan pelayanan pembelian secara virtual dengan menggunakan syarat yang mudah tapi aman.serta tak lupa menyertakan komentar oleh pembeli yang telah membeli barang tsb.Bagaimanapun pendapat orang sangat berpengaruh dengan citra kita.
    Hal tersebut apabila dilakukan dengan sungguh sungguh sudah dapat meningkatkan SOP kita.terima kasih

    21-11-07 03:47
  • 8. yazidisme

    Standard Operating Procedure yang biasa disingkat SOP yang baik memang sangat diperlukan dalam jasa layanan profesi, agar layanan/jasa yang disuguhkan dapat digunakan masyarakat secara baik dan benar sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

    Agar jasa layanan dapat dinikmati masyarakat secara cepat dan mudah, minimal harus tersedia media untuk layanan informasi yang siap akses, diantaranya :
    1. Contact Person (biasanya dalam bentuk nomor telpon atau hanphone, yang sewaktu-waktu dapat dihubungi). Dengan Contact person, dapat dilakukan layanan interaktif.
    2. Jika memungkinkan, disediakan website yang isinya menunjukkan jasa layanan yang akan ditawarkan, sehingga masyarakat dapat lebih mudah untuk mempelajari layanan yang ditawarkan tanpa harus mendatangi secara langsung. Dan di dalam website dibuat suatu forum untuk tanya jawab (konsultasi) sehingga masyarakat akan lebih yakin dengan layanan yang kita tawarkan.

    dua hal di atas saya rasa sudah cukup mewakili SOP.

    21-11-07 03:23
  • 7. ilun

    Membaca buku panduan sebelum mengotak-atik barangnya sangatlah penting
    karena disitu dijelaskan semua tentang tata cara penggunaan barang tersebut.
    Sebenarnya dengan membaca buku panduan kita bisa belajar menggunakan barang
    tersebut dengan lebih cepat dan lebih tepat. Sehingga lebih efisen dan juga
    meminimalisasikan resiko barang menjadi rusak akibat salah pengguaan.

    Agar dapat mendapatkan layanan (= dari saya) dengan cepat, tepat dan efisien pada
    dewasa ini sangatlah mudah, diantaranya adalah:
    1. dengan cara menghubungi call center
    2. mengunjungi secara langsung
    3. mengirimkan e-mail
    4. mengirimkan surat lewat pos

    19-11-07 06:35
  • 6. heRmaN

    standar operating prosedure yang baik adalah suatu kunci kesuksesan bisnis secara kontinyu. Untuk mendapatkan layanan secepat mungkin mungkin dapat dilakukan antara lain :
    1. Adanya hotline service yang sangat memadai dan dengan mudah dihubungi, atau layanan konsultasi via sms juga bisa dilakukan.

    2. Menyediakan suatu forum-forum bisa melalui website atau forum konsultasi dan tanya jawab melalui radio. Jadi kita bisa sekalian mempromosikan keahlian kepada konsumen sekaligus menjawab permasalahan yang ada.

    3. Adanya forum konsultasi langsung pada office-office yang bersangkutan dengan pelayanan yang memadai.

    4. Bila ada klaim garansi secepatnya diperhatikan. Pengalman saya sudah 2 minggu lebih klaim garansi hardisk yang saya beli 2 bulan lalu tetapi sampai sekarang belum ada tanggapan dari toko tempat saya beli.

    Terimaksih.

    16-11-07 05:25
  • 5. dzale

    Menurut saya standar operating prosedure yang paling efefktif adalah melalui hubungan langsung antara pemakai layanan jasa denagn penyedia layanan jasa tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah karena makin berkembangnya zaman. Dan cara termudah unuk menghubungi penyedia layanan jasa adalah melalaui telepon. Dengan begitu, penyedia jas abisa langsung tanggap terhadap pemakai layanan jasa tersebut

    13-11-07 05:13
  • 4. yonan

    Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi kecepatan dan kemudahan dalam berkomunikasi sangat menguntungkan dalam kemajuan profesi.
    1.Untuk yang sederhana adalah melalui cuztomer care/saluran telepon, pelanggan dapat berinteraksi untuk menanyakan berbagai keluhan-keluhan.
    2. mengunjungi dealer resmi, ataupun service center terdekat di kota pelanggan.
    2. untuk kawasan terpencil dapat melalui kartu pos.
    3. e-mail

    Hanya saja terkadang dijumpai klaim asuransi yang susah dan terkesan berbelit-belit. Sebaiknya dibuat aturan jaminan asuransi yang jelas maknanya, tidak ambigu dan cukup sederhana.

    13-11-07 03:55
  • 3. adjiex

    Menurut saya jika suatu standart operating prosedure yang baik adalah yang memiliki hubungan timbal balik yang seimbang antara konsumen dengan produsen dalam pemakaian produksinya.
    Jadi untuk membuat standardisasi pada suatu sistem yang berhubungan dengan manusia, kata kunci MUDAH adalah jawabannya. Dengan berkembanganya generasi, dan makin tambah tingkat generasi, kecenderungan sifat malaz dari individu akan makin ketara. Singkatnya, menurut saya ada 3 jalan agar standar operating procedure itu dapat tersosialisasikan. Pertama membuat suatu interface yang mudah bagi user untuk menjalankan programnya dengan atau tanpa fitur yang menarik. Kedua adanya manual petunjuk yang dapat menjelaskan secara rinci produknya dengan bahasa yang lugas dan dapat dimengerti. Dan terakhir yaitu adanya hubungan antara konsumen dengan produsen melalui "hotline service",yang diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang diajukan dengan proses yang tidak lama.
    Dengan ketiga solusi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kinerja dari user dan dapat mengembangkan suatu sistem baru dan dapat dimengerti dalam penggunaannya.

    13-11-07 12:20
  • 2. d\\\'sigit

    sebenarnya, penggunaan manual sangat penting, karena yang sangat mengerti tentang alat adalah produsen sendiri. Jadi, produsen tampaknya perlu mencantumkan peringatan dalam box kemasan produk, bahwa penggunaan manual wajib hukumnya.
    Dan juga dalam kartu garansi ditunjukkan bahwa garansi tidak berlaku untuk kerusakan karena tanpa pembacaan manual.
    Sehingga, dengan policy yang tepat akan mengarahkan konsumen agar tidak asal-asalan dalam menggunakan produk.
    Untuk itu, buku manual juga harus user-friendly, dan lebih ringkas serta mudah dipahami, sehingga konsumen tidak malas untuk membaca manual tersebut.

    12-11-07 05:49
  • 1. atta

    benar manual harus dibaca, namun karena orang kebanyakkan sok tahu jadinya asal diotak atik sendiri aja tanpa liat petunjuk. Saya mungkin salah satunya he3....

    soalnya perkembangan masyarakat sekarang ingin yang serba instan jadi langsung pake atau langsung makan aja tanpa butuh proses yang lama, termasuk dalam membaca manual yang kadang2 tebalnya bukan main ato banyak banget.

    menurut saya lebih baik sekarang ini peralatan dikembangkan dengan userinterface yang mudah dikenali dan manual yang ada harus singkat dan enak untuk dibaca gak perlu pake buku tebal. Tapi yang harus ditambahkan adalah pelayanan produk nya dengan menyediakan hotline service sehingga bisa dihubungi saat pengguna salah otak atik dan jadi rusak produknya he3......

    07-11-07 11:29