Layanan Internet Gratis

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Layanan Internet Gratis

Date: 04-11-07 06:44

Di dunia ini tidak ada yang gratis. Bisa saja kita menggunakan suatu fasilitas tanpa bayar secara langsung, tetapi pasti lah ada seseorang atau pemerintah yang membayar layanan yang kita gunakan itu. Kata gratis sering menyesatkan. Banyak pihak bahkan menggunakannya untuk membuat kita semakin "tersesat." Bayar percakapan 5000 rupiah, dapat gratis bicara senilai 5000 rupiah? Apanya yang gratis? Jelas bayar gitu kok! Bayar 10.000 rupiah, gratis sms selama sebulan. Lho! Bayar kok dibilang gratis!

Yahoo dan Google tidak mengatakan layanannya gratis. Mereka menyebutnya "free of charge" tidak ada tagihan bayaran. Mereka memang tidak perlu menagih bayaran karena kita dengan suka rela telah membayar layanan itu dengan data/informasi yang amat sangat berharga. Yahoo mendanai proyek koleksi informasi dengan menyiapkan sistem email dan search engine yang bagus. Dalam perjalanannya, baru disadari bahwa sistem mailing-list lebih cepat lagi bisa digunakan untuk mengoleksi informasi. Karena itu egroups dibelinya. Google "menyempurnakan" bisnis Yahoo dengan berbagai inovasi. Youtube diambil Google sebagaimana egroups diambil Yahoo. Mereka tidak mengambil alih pekerjaan layanan gratisan, mereka membeli koleksi informasi yang isinya terus bertambah dengan sendirinya. Para pengguna layananlah yang membesarkan bisnis mareka.

Kembali ke koneksi Internet gratis dengan CDMA, setelah diskusi dengan Pak Eko SW, saya berkesimpulan bahwa koneksi tersebut dapat dilakukan tanpa bayar bukan karena ada orang dermawan yang membangun BTS-BTS CDMA untuk disumbangkan pada masyarakat namun karena pada sistem yang sedang berjalan tersebut ada lubang yang dapat kita gunakan tanpa melalui sistem billing.

Distribusi akses Internet sangat berbeda dengan listrik. Pada kasus listrik, yang kita bayar adalah content aliran listrik (termasuk biaya sewa salurannya). Pada Internet, yang kita bayar bukan content internetnya, namun biaya sewa jalur komunikasi data dari komputer kita ke gateway Internet. Selebihnya tidak ada biaya khusus untuk content yang kita dapat dari Internet kecuali ada perjanjian khusus (semisal akses ke basis data journal). Bisa saja, dengan teknologi CDMA kita bisa hubungkan ponsel kita dengan suatu titik koneksi yang terhubung ke Internet yang tidak dikelola pemilik jaringan CDMA. Dengan koneksi ini seolah-olah kita bisa mendapatkan koneksi Internet gratis, tidak kena pulsa. Namun demikian pada dasarnya kita menggunakan jaringan komunikasi data milik orang lain. Pertanyaannya apakah pemilik jaringan itu memang menyumbang fasilitasnya untuk kita pakai? Kalau ya, terimakasih. Kalau tidak, berarti kita menggunakan fasilitas milik orang lain tanpa ijin.

Sehubungan dengan rahasia internet gratis dot com yang ditanyakan Ian, saya berpendapat:

  1. sifat legal yang disebut dalam website itu setara dengan legalitas kita melintasi lahan orang yang kebetulan tidak dipagari; pada dasarnya aktivitas itu tidak legal apalagi kalau aktivitasnya dikombinasi dengan membajak internet wifi yang kita sebenarnya tidak berhal menggunakannya.
  2. aktivitas website itu pada dasarnya tidak beda dengan aktivitas pencari keuntungan dari internet yang lain.
Ada banyak cara di internet untuk membuat orang merelakan uangnya dikompulkan oleh para oportunis internet sesaat. Jaringan komunikasi data global ini memungkinkan kita memprospek ribuan orang sekaligus. Respon positif dari 1 persen saja sudah cukup untuk bisa untung. Banyak orang tidak peduli dengan potensi kita dikutuk oleh yang 99%.


Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik FE13 di
  • 28. dodosulinux

    Boro boro omong internet gratis ... kite tanya dulu pada kite semua.. emang kita udah kuat beli software gratis ... la pakai windows aja bajakan. kalau kita nuruti legal semua, orang indonesia gak ada yang melek komputer .... laaa itu mulai sekolah SD sampai perguruan tinggi pakai yang gk legal..... hee dan saya rasa saudara Nurcahyo dulu waktu kuliah juga pakai software yang ilegal....., bukannya orang indonesia gk mau pakai yang legal... tapi anda juga harus ingat berapa sih income per bulan orang indonesia..,apa harus nunggu 20 tahun lagi biar bisa melek internet......., heee ... kalau anda saya yakin beruntung laa di kantornya dah ada fasilitas internet ...makeknya juga gratis.... ,Ibarat kita punya kebun mangga 1 hektar turus ada beberapa orang yang ngambil mangga kita 1 pohon, yaa itulah internet gartis yang di pakai banyak orang. Tidak terlalu merugikan sang pemilik mangga... kalau merugikan pasti juga dikejar sampai lubang tikus.... heeeeeeeeeeeeeee

    17-10-09 01:20
  • 27. prastowo

    Segalah sestuatu yang dinyatakan tidak legal jelas tidak diperbolehkan oleh hukum; namanya juga tidak legal. Mungkin istilah yang lebih tepat adalah dibiarkan. Berbicara masalah kenyataan di masyarakat, persoalan menjadi lebih rumit karena kenyataan tidak sedikit anggota DPR(D) dan Bupati/Walikota yang dinyatakan terlibat tindak pidana korupsi. Banyaknya orang korupsi tidak berarti memberi ijin pada kita untuk melakukannya pula.

    10-10-08 09:29
  • 26. xsan

    Apa benar itu legal atau tak legal, tetapi jika tidak legal kenapa kok masih diperbolehkan, kenapa juga searang kok jadi dipersoalkan, setelah banyak orang menggunakan kenyataan ini.

    10-10-08 09:19
  • 25. Prastowo

    Mungkin perlu kita diskusikan kenapa orang berani menjual tips merampok?

    18-08-08 08:00
  • 24. Prastowo

    Ada-ada saja.

    17-08-08 09:33
  • 23. brosing gratis

    DIJUAL TIPS INTERNET GRATIS FREN DAN THREE, HANYA 100RIBU, BROWSING DAN DOWNLOAD SEPUASNYA TANPA BATAS, 24 JAM!! GARANSI!! TRIK TERBARU. DIJAMIN TANPA PULSA SAMA SEKALI!!.NO PROXY VIETKONG! INFO CALL/SMS: 08812831605 EMAIL / YM : browsing_gratis@yahoo.com

    17-08-08 08:04
  • 22. naruto

    untuk internet grtis.... pakai GSM sippp....
    aku juga dah nyoba... apalagi pakai simnya fren..
    wuiiihhh pokoknya sih.. bagi teman2 yang pengen ngrasain atau pinggin tau caranya bisa kirim e-mail ke- tsubasa_attar@yahoo.com

    25-07-08 04:06
  • 21. proxy & software gratis

    yang butuh tambahan proxy dan software pendukung download aja di sini , http://1001-game.blogspot.com/ gratis ada

    11-07-08 10:20
  • 20. Utuh Lacuk

    Iya ... Kaitukah Bang ?
    Mana yang lebih berharga ?
    Uang atau Beras ?

    19-05-08 01:47
  • 19. toy

    "HIDUP GERATIS COY!!!!

    11-05-08 11:04
  • 18. Wasis

    Gratis atau Mensiasati shg berkesan gratis ....relatif.... tergantung ukuran & indikatornya ...untuk masyarakat Indonesia ...yg selalu hidup dlm kesusahan ....dan pemerintahnya selalu belum dapat mengoptimalkan kenyamanan bagi masyarakatnya ..... sementara pajaknya selalu dikejar ....sepertinya kasus internet gratis .....asik-asik aja tuh?! .... toh semuanya buat rakyat juga .... masalah legal & tidak legal .....berbudaya & tidak berbudaya ....kita lihat saja profil orang yang berpendapat .....apakah layak diteladani ? ...sudah saatnya kenyamanan & kepentingan rakyat diutamakan.....

    13-03-08 12:15
  • 17. Riza

    Saya setuju dengan pendapat anda tentang internet gratis itu termasuk hal yang tidak legal.... thx atas semua penjelesannya...Boss

    28-02-08 07:01
  • 16. prastowo

    Perhatikan artikel tersebut. Saya tetap berpendapat bahwa setting internet gratis dengan cdma itu, kalau berhasil, merupakan aktivitas tidak legal. Mohon pengertian teman-teman untuk tidak menggunakan website ini sebagai sarana bertukar informasi cara melakukan aktivitas tidak legal.

    03-02-08 12:17
  • 15. nando (playmaker182@yahoo.com)

    gimana cara menggunakan atau mensetting cdma biar bisa mengakses internet secara gratis? mohon dijelasin secara lengkap dan detail. makasi bnyk ya pak....

    02-02-08 09:19
  • 14. prastowo

    Waktu SMP dulu, saya punya teman yang bangga sekali dan cerita-cerita ke teman-teman lain kalau berhasil ndoglas (makan tidak bayar) kantin sekolah atau kabur tidak bayar saat beli bensin eceran.

    31-01-08 09:41
  • 13. BAHAGIA

    TO UJANG LAM KENAL KALO LU BISA COBA INGAT2 LAGI NYETINGNYA BO SAYA KPENGEN....?

    31-01-08 09:00
  • 12. ujang BAHAGIA

    gue orang awam dah bisa gratisan internet cdma loh !!!'''tapi karena gue lupa nyetingnya gue ngak bisa kasi tau loe loe loe semua! kacian de luh...

    31-01-08 08:53
  • 11. satria

    ngomong doang.....!!!!!!!!!!!!!!!!!!! mulut loe kayak tai prasss...!!!! mau gw entot ga bini loe...!!!!! tp gratisan ya...!!!!!!!!!!!!!1

    17-01-08 02:05
  • 10. milisdad

    "Kembali ke koneksi Internet gratis dengan CDMA, ....."
    Sama aja pak, beli modem sama kartu perdana nya gak gratis kok.
    Saya dulu juga pernah make

    29-12-07 12:46
  • 9. Gratis Tonjok

    Kalo begitu jangan salahkan iklan yang menggunakan kata "gratis". Salahkanlah pencipta kata tersebut dan pakar bahasa yang tidak menghapusnya dari perbendaharaan kata-kata. Kan Bapak bilang, "Di dunia ini tidak ada yang gratis."

    26-12-07 12:25
  • 8. freehunter

    buat yang nyari grentongan.
    bisa join forum ini, ni forum tandingannya cyberphreaking.
    cyberphreaking dah kagak ada apa2nya.

    silahkan join disini, semua trik gratisan dibahas juga.
    mata-mata provider silahkan masuk juga ya, gwa tunggu

    www.freehunter.co.cc

    14-12-07 11:25
  • 7. prastowo

    Bayak dan bayar tentu menyenangkan. Banyak dan tidak bayar itu yang tidak menyenangkan. Tetapi sebenarnya kalau kartu itu hidup, kan memang ada minimal usage/bulan yang harus dibayar untuk mempertahankan kehidupan kartunya. Karena itu, meskipun kondisinya kosong, minimal tiap bulannya ada masa si pemilik mengisikan pulsa untuk mempertahankan nomornya.

    19-11-07 09:18
  • 6. ipung13

    bagaiman sikap pemilik jaringan cdma tersebut, apakah membiarkannya saja karena mungkin tidak di rugikan dan mengikhlaskan agar masyarakat indonesia bisa menikmati internet dengan free carger tsb. Dan bukankah akankah bertambah banyak pengguna kartu cdma tersebut, menurut keterangan internet akan aktif kalau kartu tsb tidak berada di masa tenggang, thank's .

    18-11-07 02:12
  • 5. Coky

    Saya sudah nyoba koneksi ke internet gratis dengan CDMA, memang bisa tapi lambatnya minta ampun, juga putus nyambung. Ngabisin listrik iya. karena untuk buka satu halaman aja bisa makan waktu lama. dan kalau putus ngulang lagi. Ah namanya juga gratis Om. yang jelas bagus pake duit. Kalau dihitung hitung internet gratis. bayar listrik bisa bengkak. nasib.....nasib.......podo wae.

    16-11-07 04:23
  • 4. koko

    ... namanya juga iklan ... oops, kok pasrah gitu sih... suara 1 orang bisa membawa perubahan... percaya ? kalau aku percaya...
    nuwun

    14-11-07 02:39
  • 3. boyka

    namanya juga iklan Pak Pras, pasti udah dipinter-pinterin bikinnya, target akhir yg diharapkan pun pasti jelas untuk mereka. Jika jeli tentu dapat "disidik" dari content dan cara menyajikannya, akan dibawa kemana "para pelintas" yang lewat, "ditawari apa", "dibujuk apa", dan alih-alih "icip-icip" siapa tahu jika telah "ngetrend" jadi bernilai. "no problem" gratis atau murah, prinsipnya "customer" telah "ngeeh" untuk memilih, termasuk pilihan untuk tak memilih. Nuwun.

    13-11-07 08:00
  • 2. prastowo

    Social network terbentuk dari content. Teknologi hanyalah alat untuk membangun content tersebut. Sama seperti egroups atau youtube, nilai facebook ada pada content dan komitmen penggunanya, bukan pada teknologi yang mendukungnya. Tentu saja komunitas pendukung hanya akan terbentuk apabila teknologi yang digunakan memenuhi standar tertentu untuk keandalan dan kenyamanan pemakaiannya.

    05-11-07 07:28
  • 1. Eko SW

    Sebenarnya, menurut saya, untuk menilai kenapa kt bs menggunakan banyak layanan tanpa bayar, adalah kenyataan bahwa kita bs mengeluarkan uang ke mereka, dalam satu dan cara lain yg berbeda.

    misalnya, yah, facebook yg (baca di InfoLinux bulan lalu) akan dibeli MS seharga (kalau tdk salah) 300 Juta US Dollar. Nah, lho?

    Kita senang dunk pakai social network spt itu, dan pengembang yg menjaring kita tak meminta kita bayaran, tp akhirnya mereka mendapatkan uang dalam satu cara yg berbeda.

    Mungkin kalau yg mau kreatif bs mencoba cara ini. Bangun social network. Kemudian bina sampai besar. Dan, Jreeng, dibeli Telkomsel.

    Ada yg mo coba?

    • Kalau bikin Search Engine, insya Allah bakal tak bs saingin Google (karena invest h/wnya. Tp kalau social network... ada peluang lho

    05-11-07 02:25