Ranking webometric UGM: if you built it, they will come

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Ranking webometric UGM: if you built it, they will come

Date: 23-08-07 12:44

Dulu saya pernah nonton film Field of Dreams dengan bintang Kevin Costner yang lupa-lupa ingat mengisahkan anak mantan pemain baseball yang terjerat hutang sehingga dipaksa untuk menjual ladang gandum (atau jagung?). Dalam situasi terjepit itu, Ray selalu dihantui mimpi suara (ayahnya?) yang menyuruh membangun lapangan base ball di ladang yang dipersengketakan itu. Suara itu berulang-ulang menyebutkan kalimat "If you built it, they will come!"

Tidak tahan dengan impian-impian itu, akhirnya dibuat juga lapangan base ball yang tentu saja membuat penagih utang semakin mencak-mencak. Saya tidak bisa mengikuti film itu dengan baik karena tidak ada sub titlenya (nontonya di Canada). Entah bagaimana logika cerita, pada akhir bagian bermunculan "hantu" pemain baseball dan banyak orang berdatangan untuk nonton. Sepertinya dengan banyaknya penonton itu, Ray bisa membayar hutangnya.

Fasilitas mail dan web hosting UGM itu seperti field of dreams. Sejak dulu saya memiliki impian membangun sistem layanan mail dan webhosting dengan kualitas setara Yahoo dan Google untuk warga UGM. Banyak yang menyansikan ide ini, termasuk kadang saya sendiri. Tapi implementasi jalan terus meskipun terhimpit keterbatasan anggaran universitas. "If you build it, they will come!"

Ketentuan awal tetap berlaku: free mail dan web hosting untuk lembaga, organisasi, pusat studi, dan segenap sivitas akademika, termasuk alumni, untuk mendapatkan tempat mail hosting 10 meg web space 50 meg (bisa ditambah on request basis) free of charge! Alhamdulillah sampai sekarang tiap hari ada saja yang mendaftar minta ruang untuk mail dan web hosting. Sampai sekarang kebijakannya masih on request basis; belum pembuatan by default. Nampaknya kebijakan ini justru membawa kebaikan. Mereka yang kirim request adalah yang memang punya sesuatu untuk dibagai ke masyarakat melalui webspace.

Untuk aktivitas building web server, jelas sudah banyak yang coming, terbukti dari meningkatnya ranking webometric UGM dari 100 ke 95 besar Asia. Untuk mail server, saat ini PPTIK berjuang keras untuk merebut hati para sivitas akademika UGM agar menggunakan server mail UGM. Sementara ini meskipun tidak bisa dibilang gagal total, perjuangan itu jelas belum berhasil. Penyebabnya jelas: kurang handal! Karena itu kalimat akan saya modifikasi menjadi:
"If you build and market it right, they will come!"

Ini terbukti pada aktivitas building website. Kita perhatikan website yang diopeni dengan ketelatenan merespon feedback, banyak memuat tips and trick yang tidak perlu canggih, serta menyertakan fulltext akan banyak mendapat kunjungan. Kunci marketing website sederhana saja: 1 tentukan target pembaca, 2 penuhi website dengan artikel-artikel tentang segala hal yang diperlukan target pembaca. Google akan secara otomatis membantu kita mencarikan pembacanya. Tidak perlu dilakukan iklan besar-besaran di TV nasional (ontoh www.okezone.com) itu.


Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik D52E di
  • 2. eigun

    Untuk fasilitas mail dan hosting lebih baik tetap dipertahankan 'on request' saja, itu utk menjaga efisiensi. Tapi mohon tetap disosialisasi dg baik kepada semua stakeholder bhwa ugm pnya fasilitas tsb. maksudku 'yang daftar hanya yg membutuhkan saja" daripada mubazdir.
    makasih...

    17-09-07 03:02
  • 1. arwan

    selamat pak di ALEXA rank ugm masuk rangking 21,770
    sehingga kemungkinan mahasiswa yang menggunakan adsense di web HMJ nya bakalan mudah keluar....

    hehe saya ikut2 ngajak anak2 di lingkungan fak saya yang suka nulis artikel untuk mendaftar domain di ugm, jadi ga enak sama mba yang nunggu didepan rame2 dateng rada berisik XD

    lagi mw mengajak berwiraswatsa adsense di google adsense biar bisa punya beasiswa sendiri hehehehe....
    btw terima kasih pak sebagai pelopornya kalo bapak ga memulai mungkin tidak bakalan seperti sekarang ini...

    24-08-07 02:51