Problematika penyediaan buku sekolah

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Problematika penyediaan buku sekolah

Date: 05-10-14 08:02
Di era reformasi ini tidak ada lagi buku paket yang dipakai seragam untuk penbelajaran SD/SMP/SMA. Maksudnya baik supaya ada persaingan bebas antar pengarang buku dan penerbit. Karena pihak sekolah tidak berani merekomendasikan buku tertentu, takut dibilang kolusi, siswa menjadi merasa perlu membeli semua yang ada di toko.

Celakanya, sekarang bermunculan buku dan lembar kerja siawa yang tidak ketat kontrol kualitasnya. Akibatnya kerja siswa menjadi tidak efektif karena sering mendapati rumus, soal dan jawaban yang salah. Bagaimaana baiknya? Capek juga mendampingi anak bekutetan dengan soal yang ternyata tidak bisa dikerjakan karena salah tulis atau salah konsep.

Saya tidak menyalahkan para pengarang dan penerbit buku itu. Mereka tentu telah bekerja sebaik-baiknya menghasilkan buku dalam suasana persaingan ketat. Seharusnya kalau menemui kejanggalan, masayarakat membantu mengirimkan koreksi, bukannya malah menjadikan kejanggalan itu sebagai bahan membuat meme menertawakan kebijakan pemerintah.

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 0139 di