Template Hoax II: Logical Fallacy

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Template Hoax II: Logical Fallacy

Date: 01-02-16 09:01
Hoax tipe lain mengandalkan apa yang dikenal dengan istilah logical fallacy. Pada hoax tipe ini, disajikan beberapa fakta yang masing-masing mudah ditelusuri nilai kebenarannya. Dari dua atau lebih fakta itu dirangkai pemahaman baru dengan hubungan logika yang ngaco.

Sebagai contoh, beberapa waktu lalu Herman Saksono berbagi foto rantai besi berkarat kemudian diberi penjelasan: rantai besi ini berkarat karena mengalami oksidasi akibat terkena oksigen (fakta 1). Tiap hari kita memasukkan oksigen sejumlah 5% dari udara yang kita hirup (fakta 2). Kemudian dibangun pesan sebarkan fakta ini untuk meningkatkan kewaspadaan kita pada bahaya oksigen.

Contoh lain saya baru dapat pesan di suatu group chat: seorang ibu rumah tangga baru mematenkan metoda menurunkan kolesterol dari hasil pengamatan kegiatan sehari-harinya. Dia mendapati kenyataan bahwa lemak-lemak di panci dan piring mudah dibersihkan dengan mengguyurnya dengan air mendidih. Dia menyimpulkan bahwa kolesterol tubuh dapat dihilangkan dengan minum air mendidih dua kali sehari.

Sengaja saya contohkan dua pesan berantai yang dimaksud sebagai parodi (lucu-lucuan) berdasar banyaknya hoax yang dibuat dengan model serupa itu. Ngomong-ngomong kita juga harus berhati-hati dalam menyebarkan parodi. Niat lucu-lucuan belum tentu ditangkap lucu oleh semua pembaca lho! Kita bisa buat sendiri semisal: Abdi dalem keraton Jogja menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan karat keris (fakta). Karena itu jangan minum air jeruk nipis karena bisa menggerus dinding lambung (ngaco), Ingat peredaran video orang bersihkan karat bemper mobil dengan minuman soda merek tertentu?

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 0900 di