Template Hoax I: khasiat obat

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Template Hoax I: khasiat obat

Date: 01-02-16 08:08

Internet memudahkan kita mengedarkan berbagai macam pesan. Dengan kemudahan itu, banyak pesan sampah beredar luas lantaran banyak orang tidak bisa menilai kualitas pesan yang diterimanya. Karena mengira bagus, tanpa penelitian banyak orang menyebarkan berita yang bsru saja diterimanya. Saya akan coba bahas beberapa struktur hoax untuk membantu teman-teman menilai kualitas berita yang baru diterima layak disebarkan atau tidak. Salah satu jenis hoax adalah yang berkaitan dengan khasiat tanaman. Perhatikan struktur berikut:

Menurut penelitian Dr. (sembarang nama Cina/India/Rusia) dari (sembarang kata bahasa inggris) Research Center di (nama negara bagian di Amerika atau Eropa): (nama latin sembarang tanaman) atau (nama lokal Indonesianya) dapat digunakan untuk menyembuhkan (sembarang masalah kesehatan sulit seperti diabetes, kanker, dan gagal ginjal).

Lanjutkan dengan sembarang cara mengkonsumsinya, makin panjang dan makin rumit akan makin meyakinkan. Jangan lupa menutup berita dengan perintah sebarluaskan. Untuk meningkatkan kredibilitas hoax, tambahkan link ke webpage yang menjelaskan panjang lebar tentang tanaman yang disebut itu. Tidak perlu ada kaitannya dengan penyakit yang disebut.

Contohnya, dengan template itu saya bisa membuat pesan:
----
"Menurut Dr. Slova Romanov dari Botany Reserach Center, Georgia, daun tanaman gnetum gnemon atau kita kenal sebagai mlinjo dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan jamur volvariella volvacea yang dikenal sebagai salah satu penyebab gagal ginjal.

Dr Romanov mengajurkan mengkonsumsi daun mlinjo minimal 2 kali perminggu untuk menjaga kesehatan ginjal. Cara mengkonsumsinya, campurkan segenggam daun mlinjo yang masih muda dalam larutan santan, bawang merah, bawang putih, cabe, lengkuas dan garam secukupnya. Panaskan sampai mendidih bersama olahan kedelai seperti tahu atau tempe. Keterangan lebih lanjut tentang khasiat melinjo dapat dilihat di http://www.worldagroforestry.org/treedb/AFTPDFS/Gnetum_gnemon.PDF. Mohon sebar luaskan informasi penting ini."
---

Sebelum memforward pesan-pesan semacam itu, pastikan anda tidak terjebak menjadi bagian dari penyebar kebohongan. Pastikan dulu apakah memang ada pakar dengan nama yang disebutkan itu? Apakah bidang penelitiannya relavan? Apakah ada institusi yang namanya disebut itu? Apakah bidang penelitian institusinya relevan? Baca teliti link yang diberikan, apakah isinya mendukung pesan yang diberikan? Apabila semua ya maka pesan itu layak untuk diteliti lebih lanjut.


Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 6BDF di