Alat Bantu Manajemen

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Alat Bantu Manajemen

Date: 25-04-14 01:48
Masalahnya bukan mengadakan atau tidak mengadakan Ujian Nasional. Di satu sisi semua sepakat perlu ada sandar dan evaluasi mutu pendidikan nasional. Di sisi lain selalu ada problem dalam penyelenggaraan ujian negara. Karenanya dari menteri ke menteri selalu ada perubahan kebijakan untuk menyelenggarakan atau tidak menyelenggarakan ujian negara.

UN menghasilkan sertifikat penting sebagai penentu kelulusan. Di negeri ini sudah terpateri pemahaman bahwa sertifikat lebih penting dari kondisi yang disertifikasi. Punya SIM lebih penting dari trampil dan tahu peraturan lalulintas. Punya KTP lebih penting dari status kependudukan yang sesungguhnya. punya sertifikat guru dan dosen lebih penting dari kompetensi dan dedikasi sebagai pendidik.

Biar saja lah kita percayakan operasional pendidikan pada yang sedang mendapat amanah untuk itu. Yang penting bagi kita semua adalah belajar dan mengajarkan pada generasi selanjutnya bahwa yang penting adalah kondisi yang sesungguhnya, sertifikat hanyalah alat bantu saja. Tentu bantuan akan bisa memberi manfaat kalau alatnya bagus. Alat jelek justru akan memperburuk hasil kerja kita.

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 777C di