Potensi Ahmad Isa Prastowo

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Potensi Ahmad Isa Prastowo

Date: 30-11-07 06:04

Ketika dikeluhi teman sesama orang tua anak autistik, istri saya dengan pdnya memberi nasehat: "jangan teralu disibukkan dengan menormalkan anak-anak kita, coba kenali potensi yang ada pada mereka dan berikan fasilitas untuk menguatkan potensi itu."

Kami sendiri kadang juga panik. Sampai sekarang saya dan istri saya masih meraba-raba Ahmad Isa kelak akan menjadi seperti apa. Satu fase besar telah terlampoui. Sampai usia 6 tahun, Ahmad Isa masih buang air di celana. Memasuki usia ke 7 dia sudah mengenal baik fungsi WC. Kesadaran fungsi speech sebagai media komunikasi semakin tinggi. Masalahnya kualitas speech dia masih sangat rendah sehingga orang tua dan anak sering frustrasi karena gagal mencapai kesepahaman melalui media komunikasi kata-kata.

Satu hal yang perlu diteliti lebih lanjut adalah hobi Ahmad Isa kutak katik komputer. Ada dua jenis game yang disukai: klik ke gambar yang menimbulkan bunyi/omongan tertentu dan balapan mobil. Autistiknya terlihat dari cara bermain yang tidak lazim seperti malawan arus router balapan atau sering mencari file-file tayangan game langsung dengan file manager. Dari hobi ini, bila disediakan kapur tulis, Ahmad Isa akan memenuhi seluruh halaman konblok dengan peta jalan-jalan. Kadan bisa saya kenali itu peta perjalanan dari rumah (blunyahrejo) ke sekolahnya (lempong sari) tapi kadang tidak bisa dikenali karena tercampur dengan peta router game balap mobil di komputer.

Belakangan dia senang menggambar. Berawal dari penggunaan program nggambar tuxpaint, dia temukan bahwa koleksi gambar-gambar di tuxpaint dapat ditayangkan dengan mode slide show. Apabila durasi penayangan tiap gambar dipercepat, fasilitas slide show daoat digunakan untuk mendapatkan sensasi animasi. Suatu saat Ahmad Isa melihat kakaknya menggunakan Gimp (software menggambar semacam PhotoShop tapi opensource) untuk membuat animasi). Semalam suntuk dia bekerja keras belajar membuat animasi dengan the Gimp. Subhanallah, dalam dua hari dia sudah bisa menghasilkan animasi lucu-lucu. Ahmar adalah plesetan Ahmad, saya tahu Ahmad melakukan plesetan itu karena ketika saya baca, dia tertawa terbahak-bahak. Aishah (Ais) adalah kakak sulungnya.


Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 9F09 di
  • 13. ni\"nk

    q' kira lucu?????????????

    08-04-10 12:34
  • 12. abu miqdad

    jangan lah melihat anak dari sudut ia suka melakukan hal yang aneh tetapi lihatlah anak bagaimana ia mengembangkan ide dan temuan-temuan yang menakjubkan.... selamat menemukan ide berilian untuk anak tercinta....

    19-11-09 09:52
  • 11. kulinux

    Saya keblasuk disini saat mencari di google dengan keyword: membuat animasi dengan gimp
    Anyway. Trims tulisannya pak. Lumayan nambah info. Moga tambah berkah.

    09-06-08 05:48
  • 10. Yoshi

    Menurut saya,jalan sesama di trans 7 ada pelajaran kelas 2 sd.Anak2 jng dibiasakan nonton tv.Karena skrng acara tV kbanyakan kurang pantas dinikmati anak2 khususnya anak kecil

    07-03-08 09:45
  • 9. Yuli

    Saya salut dengan putra bapak, Karya yang bagus

    Dari tulisan Pak Bambang, saya jadi malu........ karena saya ndak mengenali potensi anak saya yang autis dan kurang maximal mendukung dia.

    26-02-08 09:12
  • 8. Ian

    Wah... hueebbarr

    25-12-07 12:37
  • 7. rani

    Subhanallah....
    Ke'renz....

    Dari cerita bapak diatas rani jadi bisa mengambil banyak hikmah dan pelajaran. Terutama Ketekunan Ahmar dalam belajar membuat animasi. Salut...
    Angkat dua jempol.

    Membaca cerita bapak, rani jadi inget sepupu rani, namanya hisyam..
    Hisyam sekarang kelas 3 SD dia juga austik. Tapi Hebatnya disekolahnya dia bisa masuk peringkat ke10 dikelas. Subhanallah luar biasa (salut saya hiks..).
    Walaupun hisyam dulu sulit merespon orang yang mengajaknya bicara. Alhamdulillah setelah sering diterapi, hisyam sekarang jadi bisa merespon hampir setiap orang yang mengajaknya bicara.

    Dibalik kekurangan hisyam, kerennya dia bisa menghapal dengan cepat segala sesuatu yang dia lihat.
    Seperti dia menghapal semua nomor telepon, nama panjang semua keluarga bahkan merek mobil dan plat nomornya saja dia hapal (saya saja gak bisa hiks..). Hal ini disadari kedua orang tuanya saat keduanya menanyakan nomor telepon, nama panjang saudara-saudara. dan dengan benar hasyam menjawabnya. (wuih...Subhanallah...^^)

    Jadi dibalik kekurangan seseorang rani rasa, Tuhan pasti juga memberikan kelebihannya. Jadi Tetap Semangat,ya pa..
    Coba cari potensi anak bapak. Ayo SeMangat!!\^_^/
    Seperti dikutip dari pernyataan istri bapak:"jangan teralu disibukkan dengan menormalkan anak-anak kita, coba kenali potensi yang ada pada mereka dan berikan fasilitas untuk menguatkan potensi itu."

    SeMangAt!!!

    19-12-07 11:42
  • 6. Tien Sribimawati

    Canggih, Pak Bambang. Pemilihan dn komposisi warnanya enak dilihat. Salut buat Ahmad. Saya juga salut atas Ketekunan Anda dan Istri dalam mengamati perkembangan Ahmad. Anda berdua luar biasa.

    Salam buat Istri, Ahmad, dan Ais.

    Wassalam,

    07-12-07 03:11
  • 5. Eko SW

    hebat sekali ya?
    Saya tidak menyangka itu bisa dilakukan. Indah sekali..

    06-12-07 11:13
  • 4. Prastowo

    Terimakasih atas tanggapannya. Gimp biasanya sudah terpasang by default kalau kita menggunakan PC Linux. Biasanya dia bertengger di menu graphics. Pengguna Windows dapat mendownloadnya dari http://gimp-win.sourceforge.net. Setahu saya, Adobe PhotoShop juga punya fasilitas serupa, namun harganya terlalu mahal.

    Sebelum menggunakan Gimp, Ahmad biasa membuat animasi dengan cara copy-edit-copy-edit gambar yang sama sehingga terdapat banyak frame dengan perubahan-perubahan sedikit demi sedikit. Gambar-gambar ini kemudian diview dengan fasilitas slideshow. Efek animasi terlihat dengan memendekkan durasi penampilan tiap gambarnya. Software favorit (baca yang disediakan orang tua) Ahmad sebelum Gimp adalah TuxPaint (http://www.tuxpaint.org).

    03-12-07 07:29
  • 3. Fauzia andrini (mamanya Irin)

    Alhamdulillah, saya kagum dengan kemajuan Ahmad Isa...
    Kebetulan anak saya,Irin, 8 tahun, ASD non verbal, senang sekali komputer dan menggambar.
    Kalau boleh saya bertanya, dimana pak mencari software Gimp tersebut ?
    Saya tinggal di Pekanbaru.

    Terima kasih

    (fauziaandrini@yahoo.com)

    02-12-07 09:18
  • 2. Fauzia andrini (mamanya Irin)

    Alhamdulillah, saya kagum dengan kemajuan Ahmad Isa...
    Kebetulan anak saya,Irin, 8 tahun, ASD non verbal, senang sekali komputer dan menggambar.
    Kalau boleh saya bertanya, dimana pak mencari software Gimp tersebut ?
    Saya tinggal di Pekanbaru.

    Terima kasih

    02-12-07 09:17
  • 1. Neila

    Pak,
    alamat situs ini ku share kan kepada milis puterakembara salah satu tempat para ortu anak anak autis bercengkerama berbagi rasa.

    BTW Autism Research Center di Yogya itu mutlak pak. Ayo kita dah punya modal. Sisa dana Hibah (semoa ada) ikhlas untuk cikal bakal itu.

    01-12-07 01:44