Rumus, Teori dan Model

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Rumus, Teori dan Model

Date: 13-07-17 12:27
Dari proses pembimbingan skripsi, saya amati banyak mahasiswa kurang pedhe dengan pemahamannya atas istilah rumus, model dan teori. Saya sendiri juga kurang pedhe dengan yang saya fahami selama ini. Setelah saya renung-renungi, pada hakekatnya ketiga istilah itu mengacu pada hal yang sama yakni suatu cara untuk memperlihatkan hubungan nilai dari satu atau lebih variabel dengan satu atau lebih variabel yang lain dari suatu sistem.

Rumus adalah kalimat matematika yang memuat hubungan variabel-variabel dari suatu sistem yang bernilai benar bila variabel-variabel itu diganti dengan nilai-nilai hasil pengamatan terhadap variabel-varibel dari sistem yang bersangkutan.

Teori saya fahami sebagai rumus yang berlaku umum dan telah dikenal luas, telah dipublikasikan di masa lalu, dari hubungan nilai suatu variabel dengan nilai variabel lain dalam suatu sistem tertentu. Teori biasanya diberi nama, bisa dari sistem yang diwakilinya atau nama orang yang pertamakali mempublikasikannya. Contoh: teori gravitasi atau teori Kepler. Kadang, suatu teori menjadi sedemikian terkenalnya sehingga membawa rasa spiritual. Teori-teori seperti ini sering disebut dengan hukum alam.

Model adalah sistem relatif sederhana yang dibangun untuk memperlihatkan hubungan nilai dari suatu variabel dengan nilai variabel lain, yang menyerupai suatu sistem kompleks yang sedang dipelajari. Kata sederhana dan kompleks di sini mengacu pada jumlah variabel yang terlibat di sistem-sistem itu.

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 9C70 di