Menyelamatkan Aset Digital Milik Bangsa

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Menyelamatkan Aset Digital Milik Bangsa

Date: 12-03-10 03:38
Rabu kemarin saya diminta berpartisipasi sebagai narasumber di seminar tahunan Lembaga Sandi Negara. Topik pembicaraanya adalah setrategi sosialisasi keamanan informai untuk menghadapi tantangan dalam pengaturan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pada instansi pemerintah dan pembuatan Security Policy Framework di Indonesia.

Intisari paparan saya:
Internet memudahkan kita mengirimkan data baik ditujukan ke individu tertentu maupun secara masal ke sekelompok individu tertentu atau langsung ke publik. Kemudahan ini telah dimanfaatkan banyak perusahan untuk menarik keuntungan baik melalui mekanisme iklan maupun penjualan hasil analisa pada akumulasi data. Penciptaan kerumunan pengguna dan akumulasi data banyak dilakukan dengan memberikan layanan gratis. Penggunaan layanan gratis berpotensi membocorkan aset digital milik bangsa. Kampanye kesadaran keamanan informasi perlu terus digalakkan agar generasi sekarang bisa meninggalkan warisan informasi yang cukup (lebih lengkap dari yang dibocorkan melalui agen asing) bagi generasi berikutnya untuk membuat perencanaan pembangunan yang lebih baik (seengkapnya bisa dibaca di pdf terlampir).

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 6C58 di
  • 2. ardanto bimo

    saya ingin menambahkan sedikit jika terpaksa harus mengirimkan data-data rahasia lewat free email like google or yahoo bisa menggunakan Pretty Good Privacy (PGP). Saya sangat setuju pada point 5.3 (makalah) mengenai upaya perlindungan hukum.

    25-03-10 08:27
  • 1. mardhani

    sangat setuju Pak. Bahkan berdasar report IDC beberapa perusahaan di luar sudah memasukan digital aset kedalan balance sheet financial mereka pak, karena sangat valuablenya data u dikelola dan dilndungi. Digital aset berada di daerah assets intangible yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan jangka panjang.

    19-03-10 10:49