Metodologi Penelitian Sistem Informasi

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id * Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Metodologi Penelitian Sistem Informasi

Date: 16-05-08 10:16
Selama saya menjadi dosen, kebanyakan bimbingan skripsi D3, S1 atau pun S2 saya mengerjakan tugas akhir dalam bentuk pengembangan sistem. Masalahnya, bisa terjadi topik yang dikembangkan dalam proposal menjadi basi saat dikemukakan di akhir masa penulisan skripsi. Oleh karena itu, akhir-akhir ini saya mencoba memaksa para mahasiswa untuk kerja akhir dalam bentuk penelitian. Asumsi saya, hasil penelitian lebih bermanfaat dalam jangka panjang dibanding hasil pengembangan sistem. Selain itu, pengembangan sistem akan lebih tepat mengenai sasaran apabila didahului dengan penelitian yang mendasarinya.

Tantangannya adalah pada umumnya para mahasiswa tersebut tidak cukup bekal teori untuk melakukan penelitian dengan metode ilmiah yang baku. Literatur metodologi penelitian yang tersedia di pasaran pada umumnya lebih difokuskan pada penelitian ilmu murni atau ilmu sosial. Buku yang diterbitkan Andi Publisher tahun 2008 karya Prof. Jogiyanto HM., Akt., MBA., Ph.D. yang berjudul Metodologi Penelitian Sistem Informasi akan sangat membantu para mahasiswa Ilmu Komputer/Informatika sebagai pedoman pelaksanaan pengerjaan tugas akhir non pengembangan sistem.

Hampir 50% masukan di website ini berisi permintaan contoh-contoh proposal tugas akhir. Pengembangan topik ternyata merupakan hal yang dirasa berat oleh mereka. Bab 1 buku pak Jogi tersebut di atas membahas permasalah pengembangan penelitian yang (dianggap) baik. Identifikasi isu untuk pengembangan topik penelitian dibahas cukup komprehensif di bab 2. Contoh-contoh yang diberikan sangat jelas sehingga setelah mempelajari bab ini, pembaca segera bisa mencoba menuliskan rumusan topik yang diminatinya termasuk merumuskan tujuan-tujuan penelitiannya.

Bab 3 dan Bab 4 mengajarkan perumusan teori serta perancangan penelitiannya. Berbagai teknik penelitian dibahas agar pembaca bisa memilih cara yang tepat untuk melakukan penelitiannya agar bisa diperoleh hasil yang memuaskan. Apabila diperlukan, panduan penyusunan questioner dibahas di bab tersendiri (bab 5). Rumus-rumus pengolahan dan pengujian data statistik dibahas di bab 6 dan 7.

Dalam banyak naskah tugas akhir yang saya baca, nampak beberapa pelaksanaan penelitian tidak bisa membedakan antara ringkasan proses penelitian dan kesimpulan. Pak Jogi juga memberi perhatian khusus pada permasalahan ini dengan menuliskan pembahasannya di bab 8.

Saya sangat menghargai usaha keras pak Jogi agar bisa tetap konsisten dalam alih bahasa peristilahan yang dijumpai pada literatur berbahasa Inggris ke Bahasa Indonesia. Saya pribadi menilai susunan kalimat dan pilihan kata dari buku-buku Pak Jogi tergolong berat sehingga kita perlu membacanya dua tiga kali sebelum bisa memahami yang dimaksud. Yang sudah terbiasa membaca buku-buku pak Jogi tidak akan mengalami kesulitan membaca Buku Metodologi Penelitian Sistem Informasi.


Bambang Nurcahyo Prastowo tidak memberi bantuan pembuatan tugas akhir atau penyusunan proposal; apalagi mengerjakan PR. Bimbingan tugas akhir dilaksanakan dalam bentuk diskusi keilmuan dalam lingkup topik yang dibicarakan di tiap artikel.

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 58DA di
  • 13. prastowo

    pada dasarnya kita boleh menggunakan metoda penelitian apa saja yang mendapat pengakuan akademik untuk diterapkan pada penelitian sistem informasi.

    23-04-12 12:19
  • 12. prastowo

    pada dasarnya kita boleh menggunakan metoda penelitian apa saja yang mendapat pengakuan akademik untuk diterapkan pada penelitian sistem informasi.

    23-04-12 11:17
  • 11. aditia

    Aslm, Pak apa judul Skripsi Analisis Pemanfaatan ? dalam menunjang ? tergolong metodologi penelitian sistem informasi...? Mohon pencerahannya.

    23-04-12 10:22
  • 10. Rahmatullah

    pak tema apa sajakah yang dapat diangkat bila kita mau menggunakan data primer (kuisioner) dalam penelitian kita? misalkan "pengaruh investasi teknologi terhadap kinerja", apakah hal ini bisa dikembangkan dengan menggunakan tools statistik (SPSS) dengan regresi? jika tidak, bagaimana seharusnya? mohon berikan pencerahan pada saya. (kratoe@yahoo.com)

    16-08-10 02:11
  • 9. dewi.masitha

    saya dari fakultas kedokteran sedang membuat tugas akhir dengan judul hubungan antara kadar gula darah pada diabetes melitus dengan terjadinya perubahan status refraksi.populasinya semua pasien diabetes yang datang ke poli penyakit dalam di rumah sakit dan sampelnya pasien diabetes yang gula darahnya lebih atau sama dengan 300 mg/dl. alur penelitiannya: pasien diabet yang gula darahnya lebih atau sama dengan 300 mg/dl dilakukan pemeriksaan refraksi kemudian (beberapa minggu)setelah pasien tersebut gula darahnya kurang atau sama dengan 200 mg/dl (pada orang yang sama)dilakukan lagi pemeriksaan refraksi, kemudian kedua hasil pemeriksaan refraksi tersebut dilihat ada perubahan atau tidah. yang saya ingin tanyakan saya menggunakan model rancangan penelitian apa, lalu bagaimana rumus mencari sampelnya. mohon bantu saya, terimakasih

    10-04-09 08:47
  • 8. tri riyati

    Sudikah kiranya pak Dosen membantu sy? Gmn buat skripsi biar cepat? krn sy hrs lulus S1 TI pertengahan bln Nop'08 dan skripsi yang sy buat Sistem komputerisasi Perpustakaan di SMK pake prog.VisualBasic6.TRIM'S sebelumnya sy ucapkan ( Email :tri_riyati78@yahoo.com )

    21-10-08 12:07
  • 7. WINTI

    SAYA MINTA CONTOH DARI PEMBUATAN TUGAS AKHIR METODE PENELITIAN

    07-07-08 10:47
  • 6. Halim

    Saya Metode Penelitian

    20-06-08 03:20
  • 5. Eko SW

    ya. pemahaman yg baik thd data tidak sembarang org bisa melalukannya

    03-06-08 11:20
  • 4. prastowo

    Tidak. Pada penelitian, langkah awal yang penting adalah mendapatkan data. Utak-atik sesuatu saja belum cukup. Bagaimana mendapatkan data yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan itu merupakan bagian penting dari metodologi penelitian.

    21-05-08 09:06
  • 3. Eko SW

    semacem... utak atik sesuatu, terus disimpul2in ya Pak?

    Hehehe

    21-05-08 06:36
  • 2. prastowo

    Yang dimaksud dengan penelitian adalah aktivitas yang menghasilkan pengetahuan baru. Sebagai pembanding, bisa saja kita mengembangkan CMS baru semacam Waton CMS itu. Hasilnya ya CMS yang kita bangun itu. Untuk penelitian kita bisa kembangkan pengetahuan apakah text-based CMS seperti Waton ini lebih baik atau lebih buruk dibanding CMS berbasis php-mysql seperti Wordpress misalnya. Untuk itu diperlukan serangkaian kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan pengetahuan tentang hal itu. Dari penelitian itu bisa saja didapat temuan semisal pengelompokan jenis aplikasi yang cocok dengan text-based dan aplikasi yang cocok dengan DBMS-based.

    21-05-08 05:45
  • 1. Eko SW

    saya ingat pak Jogiyanto, tentang pemrograman aplikasi grafis 3d dengan pascal. cuman,,.... saya sama temen sering pusing deh, habis ada aja program yg kudu diubah dulu baru bisa jalan.
    Tapi apa karena saat itu kami masih SMP ya? jadi gak nangkep2


    yg dimaksud penelitian dn bukn pengembangan itu, adalah teori baru yg kudu diejawantahkan ke suatu apliksi baru ya pak?

    21-05-08 12:23