Dua Generasi Internet Maniac

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Dua Generasi Internet Maniac

Date: 27-11-07 12:22

Hari Minggu, 25 November 2007, yang lalu telah terjadi peristiwa bersejarah berbicaranya dua orang dari dua generasi internet maniac yang berbeda: Prastowo dan Zamroni. Acaranya sendiri sangat menyedihkan karena hanya dihadiri belasan peserta dari target audience 800 mahasiswa elins total; tapi saya tetap enjoy saja meskipun kadang salah tingkah karena joke yang saya lontarkan ditanggapi serius.

Saya tidak tahu persis arti acungan tangan itu. Prastowo mengacungkan 5 jari, Zamroni 2 jari. Apakah itu ada kaitannya dengan usia yang 50-an dan 20-an? Generasi Prastowo adalah generasi pengguna internet yang sempat menikmati indahnya mengirimkan satu dua kata melalui jaringan komunikasi data 300 bps. Generasi Zamroni adalah generasi internet dengan tambahan m didepan bps. M berarti mega atau juta dalam bahasa Indonesia Artinya, Zamroni dapat mengirimkan data satu juta kali lebih banyak perdetiknya dibanding ketika Prastowo pertamakali mengirimkan teks melalui jalur data elektronis.

Banyak hal berubah, dahulu orang berpikir keras untuk menciptakan sistem kode komputer sedemikian hingga sebanyak mungkin informasi dapat dimasukkan ke dalam sistem storage komputer yang terbatas. Sisa-sisa pengkodean zaman dulu masih bisa kita amati di komunikasi data reservasi penerbangan. Coba lihat transkrip rencana perjalanan dari travel agent yang memuat kode-kode penerbangan, kode operator, kode level biaya, discount dsb. Coba pelajari lagi seberapa jauh kita dapat memahami secarik kertas tersebut.

Saat ini, dengan volume data yang sedemikian besar, format yang clear lebih penting dari penghematan ukuran data. Generasi HTML yang sudah melibatkan data dengan format boros saat ini kian boros dengan kode-kode (meta) XML. Apalagi dengan conten video streaming.


Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 95A3 di
  • 3. HannY

    bapak ada2 aja! he he he...

    hebat pak! malah adek2 2007 tanya kapan mreka di doseni bapak?! saya jawab aja "apabila anda beruntung seperti saya?" he he he....

    kapan mau bicara lagi pak?

    30-11-07 07:01
  • 2. Tyo

    5 dan 2, bisa juga diartikan tanggal 25 Pak.. Heheheh.. Setuju tho?

    30-11-07 04:26
  • 1. Eko SW

    tambahan Pak : generasi tak bs hidup tanpa internet ^_^

    29-11-07 10:50