Kebijakan tanpa Dasar Bijak

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Kebijakan tanpa Dasar Bijak

Date: 18-07-17 12:13
Autisma adalah salah satu bentuk masalah pertumbuhan sosial anak yang belum mendapatkan metoda penanganan yang baku karena spektrum persoalanannya yang sangat lebar. Namun demikian, meskipun tidak ada yang baku, orang tua anak autis tetap harus melakukan sesuatu agar tidak dikatakan membiarkan anak. Yang saya maksud baku itu seperti pendidikan braile untuk anak tuna netra atau bahasa isyarat untuk anak tuna rungu.

Ada banyak hal diupayakan pada anak autistik tidak atas dasar hasil penelitian yang mapan namun dilakukan semata-mata karena merasa harus melakukan sesuatau dengan dasar \"siapa tahu ada hasilnya\" dalam arti selama ini belum ada yang tahu itu berhasil atau tidak. Upaya itu antara lain: aku punktur, balur, konsumsi klorofil, kejut listrik dsb.

Saking banyaknya metoda yang ditawarkan dan variasi \"hasil\" dari yang pernah mencoba, sulit dibedakan apakah hasil-hasil itu, baik yang positif atau pun negatif, terkait dengan tindakan tertentu atau terjadi begitu saja seiring dengan pertambahan usia anak.

Saya amati ada banyak kebijakan (pendidikan, ekonomi, keamanan) diambil atas dasar \"tuntutan harus mengambil tindakan, apa saja\" dengan pemikiran \"siapa tahu hasilnya baik.\"

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 10BE di