Mematok lebar tabel html

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Mematok lebar tabel html

Date: 11-05-08 11:40
Saya ini termasuk generasi pengguna html versi 1. Pada zamannya, layout tampilan web dikontrol dengan tabel. Sampai sekarang, saya masih menggunakan tabel untuk melayout web. Pada kondisi normal, spesifikasi paramater width langsung dalam tag td atau melalui style sudah bisa mencukupi. Namun demikian sesekali kita bisa menemui kejanggalan tampilan apabila isian sel tabelnya memuat obyek (seperti url, atau image) yang ukurannya melebihi lebar tabel yang ditetapkan. Ini terjadi karena tabel lebih menghormati ukuran isi sel daripada parameternya sendiri.

Dengan googling \"forcing table width,\" saya menemukan tulisan lama yang membahas hal ini. Singkat cerita, lebar kolom tabel lebih aman dikontrol dengan menentukan lebar isinya. Cool. Karena itu saya gunakan div dengan style yang memuat ketentuan lebarnya. Problem muncul lagi ketika div itu memuat tabel. Ternyata si tabel ini akan mencuat keluar div (meskipun divnya sudah overflow:hidden) bisa berisi object yang lebarnya melebihi lebar div yang ditentukan. Mungkin tabel dalam tabel terlalu kompleks untuk ditangani. Buat saya sendiri ini merupakan tantangan untuk mengurangi rate kepikunan.

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 4D5D di
  • 4. test

    alert(1234);

    04-09-09 06:48
  • 3. Bayu

    BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU BAYU

    24-10-08 09:35
  • 2. Prastowo

    Bisa jadi karena itu atau bisa juga karena pemahaman bapak tentang pengaturan ruang hanya mengandalkan intuisi saja; tidak baca manual. Salah satunya adalah tentang margin dan padding. Parameter margin menentukan jarak objek kita dengan obyek disebelahnya yang bisa dispesifikasikan secara keseluruhan di semua sisi (kiri, kanan, atas, dan bawah) atau parsial (margin-left, margin-top, dst.). Dengan kata lain, margin menentukan spasi di sisi luar objek (td, div, dsb). Padding menentukan jarak spasi dari tepi objek dengan isinya. Dengan kata lain, padding menentukan jarak tepi sisi dalam dengan isi objek. Padding juga bisa dispesifikasikan menyeluruh atau parsiap (padding-right, dsb.). Untuk tabel, ada juga spacing yang memberi spefisikasi mirip margin untuk pisisi antar kolom/baris tabel yang bersebelahan. Terus terang bapak belum pernah baca manual. Pengetahuan ini didapat dari membaca source berbagai website; karena itu, bapak tidak tahu persisnya bagaimana spesifikasi margin, padding, dan spacing ini terhadap ukuran obyeknya. Sepertinya, dua objek dengan width dan height yang sama belum tentu terlihat sama saat dijejerkan apabila ada pengaruh-pengaruh tambahan dari spesifikasi spacing, padding, dan margin dari dirinya sendiri dan lingkungannya.

    18-05-08 02:16
  • 1. prastowo

    ini ada hubungannya sama blogku yang kolomnya gak rata nggak?
    -aish-

    18-05-08 10:16