Komputer Mobil juga Bisa Hang

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Komputer Mobil juga Bisa Hang

Date: 04-11-09 09:08
Ternyata komputer mobil bisa juga hang. Ceritanya saya lama tidak pakai mobil. Terakhir mobil dipakai mudik lebaran 2009 dan sekali dipakai ke kantor karena ban sepeda saya gembos. Beberapa waktu lalu saya dan istri ada waktu bersama untuk ajak Ahmad, Atikah dan Asma keliling kota. Sebenarnya ini acara rutin tiap akhir pekan untuk naik mobil dengan route menuju Jembatan Janti dan baliknya mampir Galeria Mall untuk menengok Time Zone (tempat favorit Ahmad). Entah kenapa, sudah beberapa weekend ini tidak jalan-jalan seperti biasa.

Saat distart, mobil tidak mau jalan. Ada suara motor starter tapi tidak terasa ada proses pembakaran mesin. Kalau aki lemah tidak mungkin lah. Saya baru ganti aki merek Global 80 ah. Karena sudah niat pergi, kami harus berangkat. Bagus juga ada acara mobil mogok karena dengan demikian niat naik Trans Jogja terlaksana. Ternyata jalur Trans Jogja agak mirip dengan route kebiasaan kami keliling kota. Masalahnya kecepatan tidak terlalu tinggi dan selalu berhenti di halte. Akibatnya kalau pakai mobil biasanya hanya 30 menit, dengan Trans Jogja mencapai 1,5 jam. Lumayan juga.

Kembali ke mobil, saya langsung telpon pak Joko, montir bengkel KIA. Karena memang jarang dipakai, pak Jokonya tidak perlu langsung datang. Setelah ada kesempatan mampir ke rumah, kutak-katik sebentar, mesin langsung jalan. Apa masalahnya?
Dia bilang: "komputernya hang."
"Hang?"
"Iya." katanya.
"Kalau terjadi lagi, dia bilang sangat jarang, solusinya adalah copot konektor aki dengan kunci kontak dalam posisi on barang 10-15 menit. Komputer akan tereset dari awal."
Haduh... mobil kok kayak HP SE600i saya dulu yang sesekali perlu copot batere karena hang. Ya sudah, mungkin seri berikutnya bisa kita minta pabriknya install sistem operasi Linux saja.

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 8EE4 di
  • 4. dangdyud

    mungkin itu RAM nya kurang pak,jadi hang,
    atau jangan2 sistem operasinya masih pake DOS itu pak..hehe.. :p

    25-11-09 02:52
  • 3. f.j.wenji

    untung saya cuman punya SE600i aja jadi cukup 1 aja yang hang, hehehehe

    24-11-09 11:23
  • 2. adithya

    anu pak,pake komputer stand alone bikinan motec ataw apex'i ajah...
    trus peta pengapian n injektornya di-mapping sendiri,itung2 nambah ilmu,ntar klo berhasil saya dibagiin ilmunya ya pak...hihihi

    14-11-09 02:00
  • 1. ryan_oke

    Apa jadinya kalau ditambah terinfeksi virus, trojan, worm, dkk?

    11-11-09 08:08