Mendorong Cetak Dokumen/Foto di Kertas

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Mendorong Cetak Dokumen/Foto di Kertas

Date: 07-12-11 02:56

Bertentangan dengan konsep paperless office, Di rumah, keluarga saya memerlukan printer untuk antara lain cetak partitur musik piano hasil download dari internet. Cetak kertas masih dirasa perlu karena anak saya belum bisa nyaman main piano sambil lihat partitur spesifikasi musiknya dengan iPad. Istri saya juga masih canggung membawa gadget komputer ke dapur yang berpotensi kena cipratan minyak goreng dan kuah sayur. Beberapa dosen Teknik Informatika UGM masih mewajibkan mahasiswanya mengumpulkan tugas dalam bentuk printout.

Dengan alasan-alasan itu saya beli printer untuk rumah. Karena sudah lama saya tidak berurusan dengan printer, bingung juga memilihnya. Dengan semangat paperless office, saya pilih printer yang ada scannernya. Dengan pertimbangan kelengpan fitur dan harga, pilihan jatuh pada HP PhotoSmart seri B110a dengan harga Rp. 1.100.000,-

Untuk setup operasionalnya kami sekeluarga puas dengan kinerja printer ini dengan beberapa tetapi. Untuk menyatakan printer ini baik perlu waktu yang sangat lama karena kami jarang printing sehingga ukuran kinerja printer di sisi jumlah hasil print per tanki tinta belum akan bisa saya sampaikan dalam waktu dekat. Tetapi yang pertama, kecepatan printing jauh di bawah printer yang sebelumnya (tipe laser). Rasanya lama sekali menunggu printout keluar mulai saat terdengat suara aktivitas printer. Kualitas printing sangat bagus walau pun kita sudah set pada posisi draft/economic.

Fungsi scanning bekerja baik, hanya terasa lebih lambat dibanding Canon LiDE 20 yang pernah saya pinjam dari kantor. Nilai plus ada pada koneksi wirelessnya. Dengan koneksi ini, kami bisa tempatkan printer tidak harus berdekatan dengan komputer meskipun untuk keperluan scanning sebaiknya alat ini ada di dekat komputer. Meskipun printing via wifi lancar, kami gagal (sampai sekarang masih kutak katik) untuk melakukan scanning dengan program aplikasi. Untuk sementara, fungsi scanning kita ambil melalui fitur web browser. Dengan mengarahkan browser ke nomor IP printer, kita bisa operasikan semua fungsi printer termasuk scanning.

Printing dari pc tablet dilakukan melalui program aplikasi khusus. Foto di atas menunjukkan proses printing menggunakan aplikasi di Samsung Galaxy Tab I. Proses ini dilakukan menggunakan program aplikasi terpisah, melakukan printing untuk dokumen yang ada di sistem. Harus saya akui, betapa gigihnya HP dan vendor-vendor printer/mesin fotocopy memperjuangkan regim paperprint untuk bisa terus berkuasa. Banyak inovasi dilakukan untuk mendorong agar manusia terus bernafsu semakin banyak mengkonsumsi kertas.


Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 26A0 di
  • 1. kertas kasir

    Nah ini baru bener, memang perkembangan teknologi akan semakin baik khususnya dalam industri cetak mencetak yang menggunakan kertas. Yah semoga dengan adanya ini bisa mengurangi dampak buruk dari adanya kertas yang tidak terpakai

    28-07-16 06:42