The Powe of Big Ideas

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

The Powe of Big Ideas

Date: 09-09-16 11:10
Salah satu artikel di CACM edisi Juli 2016 berjudul The Power of Big Ideas. Singkatnya setiap orang perlu memikirkan ide besar yang dijadikan pokok rujukan kontribusi seluruh gerak langkah yang kita lakukan. Itu yang dijabarkan oleh Vinton Cerf, vice president and Chief Inernet Evangelist di Google.

Bagaimana dengan kita? Ide besar ajaran Islam adalah menggerakkan seganap umatnya untuk beribadah kepada Allah swt. Secara operasional telah diperintahkan pada manusia untuk berperan sebagai khalifahtullah fil ardh (wakil Allah di dunia). Apa indikatornya? Ajaran agama mengarahkan kita pada keindahan, kebersihan, keteraturan, keadilan, dan pengembangan pengetahuan. Sebaliknya kita harus berusaha menghindari kerusakan, kekotoran, kekacauan, ketidakadilan dan kebodohan. Niat dan keseriusan kita dalam mengusahakan keindahan, kebersihan dan sebagainya itu akan mendapat balasan berlipat dari Allah. Kalau pun tidak langsung di dunia karena terbatasi oleh sunatullah, insyna Allah di akhirat.

Ada sangat banyak urusan dunia. Sebagian umat manusia ada yang beruntung mendapat kesempatan berkontribusi dalam banyak hal: kesehatan, pendidikan, peningkatan kesejahteraan, dan sebagainya. Sebagian yang lain hanya bisa fokus pada satu dua urusan saja. Yang penting kita semua perlu memikirkan ide besar menuju kontribusi ide superbesar manusia.

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik B3FF di
  • 3. s

    s

    23-11-16 11:12
  • 2. admin

    test

    09-09-16 07:45
  • 1. admin

    test

    09-09-16 07:44