Virtual Machine

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Virtual Machine

Date: 19-07-08 10:08
Majalah Info Linux bulan Juli 2008 memuat ulasan berbagai macam software yang dapat digunakan untuk menjalankan (booting) berbagai macam sistem operasi komputer sebagai salah satu proses di Linux. Sudah lama saya tidak menengok teknologi ini. Sangat boleh jadi terakhir saya menyentuh virtual machine pada saat mencoba booting msdos dengan dosemu.

Belum lama saya sempat mencoba running program aplikasi Windows Electronic Workbench dengan wine. Hasilnya kurang memuaskan karena tidak ada kecocokan font sehingga tampilan sistem aplikasi itu kurang nyaman dipandang meskipun sudah bisa digunakan sesuai kebutuhan (praktek simuamasi elektronika). Waktu itu akhirnya Aishah memilih menggunakan simulator lain yang sudah tersedia di Linux karena tidak enak sendiri menggunakan software bajakan meskipun sistem operasinya free.

Membaca ulasan majalah Info Linux, saya tertarik untuk mencobanya. Kebetulan saya membutuhkan sofware Windows untuk testing tampilan program aplikasi web-based yang saya kembangkan di Microsoft Internet Explorer (MSIE). Sebenarnya tidak banyak, hanya ada 2: Waton CMS dan PLO-PPTIK. Waton digunakan untuk membangun personal website sederhana dengan basis data ascii text files, PLO untuk komunikasi perkantoran berbasisdata MySQL semacam kantaya-nya BPPT.

Selama ini, setiap ada keluhan user MSIE tidak saya tanggapi mengingat saya tidak punya tool untuk mencobanya. Sebenarnya UGM pelanggan MSCA tetapi males lah membangun dual boot. Kalau sudah terbiasa main suspend, booting bolak balik 2 sistem operasi tentulah sangat menyengsarakan. Dari berbagai pilihan yang disebut-sebut di artikel Info Linux tersebut, saya memilih virtualbox. Dengan Ubuntu, saya cukup search aplikasi virtualbox di synaptic package manager dan memilih beberapa paket sofware yang muncul. Percobaan pertama menjalankan program setelah install paket virtualbox-ose gagal. Ada pesan meminta instalasi virtualbox-ose-modules. Kalau memang harus diinstal paket modulesnya, kenapa tidak sekalian diinstallkan melalui mekanisme paket dependensi?

Proses create virtual machine tidak makan waktu lama. Saya pilih optimasi untuk Windows XP (TM). Yang lama adalah instalasi XPnya itu sendiri. Booting XP pertama langsung sukses, termasuk menjalankan program-program aplikasi jaringan dan multimedia. Yang menyenangkan adalah untuk jaringan, virtualbox telah menyiapkan jaringan virtual dengan dhcp dan gateway yang di NATkan ke IPhostnya. Pada saat instalasi, XP akan menemukan interface yang bisa dikonfigurasi dengan nomor IP DHCP. Sekarang saya bisa dengan cepat membantu debugging sistem kalau ada keluhan dari teman-teman yang masih menggunakan XP.


Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 5A0A di
  • 11. 88office

    Peran virtual machine memang saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata, karena banyak perkantoran bahkan sekelas perusahaan ternama menggunakan virtual machine sebagai salah satu alternatif untuk melakukan pengetesan program ataupun software bahkan hingga OS untuk mencari kesalahan ataupun mengatasi bugs yang ada. Peran virtual machine yang hanya secara virtual bisa menjadi acuan dan panduan dalam kondisi real karena dilakukan dalam tahap lokal komputer. Saya saat ini bekerja di salah satu virtual office di jakarta dan memang IT kami banyak menggunakan virtual machine namun tentu harus ditangani oleh ahli yang tepat.

    Regard's
    88Office.co.id

    25-07-16 03:16
  • 10. ahmad tomik dumadi

    saya juga mau belajar tentang virtual machine manager pak,sama seperti kawan - kawan.bisa kasih saya informasi tntang VMM pak dan apa sich pengertian VMM juga kelebihannya?!terima kasih sebelumnya, pak!!

    15-04-09 10:45
  • 9. Bambang Prastowo

    Bisa dicoba download virtualbox dari Sun untuk XP. Setelah itu, siapkan cd installer windows dan redhatnya. Create virtual machine satu-satu dan install.

    26-03-09 09:43
  • 8. gotep

    pak saya mau tanya nih masakah vm, ni buat TA saya loh!!! mau tanya suport gak klo saya buat VM dengan XP sebagai hostnya,windows server 2000 vm1 dan linux red hat 9.0 vm2 nya. terus gimana cara koneksi data dari xp ke linux atau sebaliknya/ itu aja pak terima kasih...(^_^)

    26-03-09 08:28
  • 7. charles

    saya ingin mempelajari tentang virtual machine manager pak,bisa kasih saya informasi tntang VMM pak.thanx b4!!!

    04-11-08 11:18