Hilal enaknya: dihisab saja..., diru'yat saja...

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Hilal enaknya: dihisab saja..., diru'yat saja...

Date: 12-10-07 07:00

Saat ini masyarakat semakin terdidik dengan luasnya publikasi mengenai metoda hisab atau ru'at untuk melihat hilal. Perbedaan tanggal awal puasa atau 1 Syawal tidak lagi difahami sebagai akibat dari penerapan 2 metoda (hisab dan ru'at) namun sebagai konsekuensi perbedaan definisi hilal itu sendiri. Satu kubu meyakini definisi asal bulan tenggelam setelah matahari berarti esok hari masuk hari pertama bulan berikutnya. Kubu yang lain mendefinisikan masukkan bulan berikut setelah hilal bisa yakni pada saat matahari terbenam, sudut matahari bulan sudah mencapai nilai tertentu (sekitar 2-3 derajat) baru bisa dikatakan hari esok masuk bulan penanggalan baru.

Selama dua kelompok pendefinisi bulan penanggalan baru tidak menyepakati satu definisi, terjadinya dua kali sholat Idul Fitri tidak bisa dihindari pada saat batas tanggal kalender lunar sedang membelah suatu negara. Jadi, sebenarnya maslah hilal akan sama saja sepanjang zaman baik dengan cara hisab maupun ru'yat. karena itu seperti nyanyian iklan suatu obat multivitamin untuk anak, kita pun bisa bernyanyi

Hilal enaknya, dihisab saja,
diru'yat saja, dihisab saja....

Hilal enaknya dihisab saja,
diru'yat saja, dihisab saja....
hasilnya sama saja, tidak akan ketemu spanjang tidak ada kesepakatan definisi. Foto di atas yang tidak ada hubungan langsung dengan hilal memperlihatkan dua diantara sekian jamaah sholat Ied yang masih bertahan sampai kata terakhir dari khotib. Mereka duduk diantara sampah kertas-kertas koran yang ditinggalkan jamaah sholat Ied sebelum khutbah selesai disampaikan.

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 307E di
  • 1. Eko SW

    saya kemarin ikut ru'ya hilal Depag di Parangkusumo. Yah, emang belum kelihatan sih.. :p

    Jadi hari sabtu di masjid al-ittihaad, meski di kampung saya karanggayam hari jum'at sih

    Met idul fitri

    18-10-07 08:45