Internet Explorer, Riwayatmu Kini

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Internet Explorer, Riwayatmu Kini

Date: 30-04-14 03:46
Singkat cerita, demi keamanan file di komputer sendiri, buat yang masih menggunakan Internet Explorer untuk browsing Internet, langsung saja tinggalkan dan beralih ke Chrome atau Firefox.

Persaingan penggunaan software web browser Netscape dan Internet Explorer berakhir saat Microsoft memutuskan untuk menyatukan penjualan Internet Explorer (IE) dengan sistem operasi Windows. Netscape kalah di pengadilan persaingan bebas karena Microsoft berdalih pemrograman IE telah menyatu (tidak bisa dipisahkan) dengan Windows Explorer (software file management system) yang merupakan salah satu bagian utama sistem operasi Windows.

Tahun 2000-an Puskom/PPTIK UGM gencar mengkampanyekan opensource. Waktu itu saya sudah ingatkan pada teman-teman bahwa menyatukan web browser dan file management system sangat berbahaya karena menyalahi salah satu prinsip dasar pengamanan web browser yakni arah akses dari dari luar ke dalam sistem operasi komputer pengguna web browser harus diputus. Nampaknya pelanggaran prinsip keamanan web browsing ini justru dimanfaatkan oleh Microsoft untuk menawarkan fitur unggulan (integrasi Web dan File Explorer) yang tidak mungkin diberikan bila prinsip keamanan itu dipertahankan.

Yang menarik, 10 tahun kemudian CERT baru mengeluarkan peringatan potensi IE untuk digunakan pihak luar mengakses file yang ada di dalam komputer penggunanya. Feeling saya dalam waktu tidak terlalu lama akan ada peringatan pada user untuk meninggalkan penggunaan sistem operasi Windows.

http://www.us-cert.gov/ncas/current-activity/2014/04/28/Microsoft-Internet-Explorer-Use-After-Free-Vulnerability-Being

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik F446 di
  • 4. Datamaya

    Yah saat ini sudah banyak browser yang jadi alternatif untuk digunakann selain dari IE. Inilah yang namanya roda selalu berputar, jika kita tidak melakukan inovasi pasti akan jatuh oleh lawan saing yang selama ini selalu berusaha membuat sesuatu yang baru. Tapi semoga dengan rencana penggabungan IE dan OS Windows Phone bisa membuat IE kembali bersaing dengan browser lainnya.

    09-11-16 06:25
  • 3. Arip



    HONDA MOBILIO


    makasih atas infonya.






    22-05-14 01:28
  • 2. Honda Mobilio

    makasih atas infonya.

    22-05-14 01:27
  • 1. prastowo

    Dulu ada yang mengatakan bahwa penggunaan sistem operasi itu seperti beragama. Kebiasaan sejak lama sudah cukup sebagai alasan untuk tidak mempedulikan ulasan masalah dari ajaran-ajarannya. Sekarang sistem operasi melekat di piranti yang digunakan.

    30-04-14 03:50