Jailbreak

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Jailbreak

Date: 17-10-10 12:17
Saya tidak tahu apakah jailbreak ini istilah baru atau istilah lama yang diberi makna khusus. Yang jelas, ketika saya masukkan ke google, semua entry mengarah ke instalasi sistem pada iPhone, iPodTouch atau iPad untuk melepas kunci sistem operasi yang memaksa pengguna peralatan itu memasukkan software, termasuk data yang direstui perusahaan Apple saja.

Istilah ini saya temui setelah mendapat kesempatan menggunakan iPad, hadiah dari teman-teman PPTIK saat saya lengser dari jabatan Kepala. Pada mulanya saya mengira tidak adanya modul Flash di Safari karena belum ada usaha porting ke web browser itu. Saya sadari ini sejak membeli iPod Touch sebagai hadiah ulang tahun untuk istri saya. Namun saya penasaran juga mengapa modul ini tidak juga terpasang di safari for iPad?

Dari searching Internet, saya baru tahu kalau Apple memang tidak berniat memasukkan Adobe Flash ke dalam gadget-gadget yang diproduksinya. Alasan resminya adalah bahwa Modul Flash di web browser sangat rakus dalam menggunakan CPU sehingga membuat peralatan menjadi panas dan secara drastis mengurangi umur charge batere. Kita perlu test ini. Namun pihak Adobe menuduh bahwa Flash membuka jalur data baru yang gratis sehingga berpotensi memotong jalur data berbayar melalui iTune (baca ini).

Dari bacaan masalah Flash di iPad ini saya menemukan istilah jailbreak yang secara harfiah berarti pembobolan penjara dan secara teknis adalah upaya membuka kunci penutup sistem operasi iOS. Banyak sekali sumber-sumber informasi mengenai jailbreaking ini. Salah satunya adalah http://ipadjailbreak.ziphone.org. Untuk sementara saya tidak tertarik untuk mencoba-cobanya karena saya tidak menggunakan sehari-hari iPod dan iPad yang ada di rumah meskipun Eva dan anak-anak menggerutu karena web browsernya pincang.

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 7278 di