Pendidikan Kewarganegaraan

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Pendidikan Kewarganegaraan

Date: 27-02-08 08:04

Sore tadi anak saya mengeluhkan pelajaran PPKN yang sulit. Saya menjawab enteng saja, "Baca saja penjelasannya. Jawab pertanyaan sesuai bacaan."

Berbeda dengan reaksi saya, ibunya langsung pinjam buku yang memuat pelajaran PPKN itu.

"Memang sulit." kata Eva.

"Mosok?"

Penasaran, saya ikut membaca buku itu. Ternyata ekspektasi penulis buku pelajaran itu pada anak SD kelas IV menurut saya cukup dahsyat. Simak potongan pelajaran di buku itu. Menurut saya, menelusuri susunan Kabinet presiden Megawati dan mendiskusikan mengapa kabinet Indonesia Bersatunya SBY sering reshuffle tidak cocok bagi anak SD kelas 4.. Apakah saya terlalu underestimate anak-anak itu?


Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik AC5F di
  • 13. emang aneh sekali

    kalo menurut saya itu penting buat obrolan warung kopi.

    hehehe

    24-12-09 01:36
  • 12. Prastowo

    Itu dia... sangat boleh jadi ini ada kaitannya dengan kebebasan pemakaian buku sekolah. Penerbit melakukan pendekatan langsung ke sekolah-sekolah. Siapa yang berhak dan berkompeten menyeleksi buku-buku yang ditawarkan itu?

    27-11-08 09:36
  • 11. anggie

    Penting ya hal tersebut bagi anak2?? Kenapa para pendidik tidak mengajarkan dan MEMBERI TELADAN tentang CARA MENJADI WARGA NEGARA YANG BAIK, misalnnya: menaati rambu lalu lintas, membayar pajak, disiplin dalam waktu, membuang sampah pada tempatnya dll. dari pada membahas pemerintahan yang belum saatnya,,

    27-11-08 09:28
  • 10. anggun dan vita

    kita berdua ajaa gak apal tuu sapa ajaa yang termasuk kabinet gotong royong ..
    ada.ada ajaaa

    26-10-08 01:19
  • 9. Asnawi Zain

    Wow...! Saya juga sering mengalami hal sama. Kesannya pengarang buku skrg cuma pikir bisnis aja...!

    17-04-08 03:31
  • 8. masdedi

    suer.. !! saya sendiri nggak mampu mengerjakannya... !!!

    07-04-08 01:49
  • 7. sioko

    emangnya kita perlu yg namanya kwn yaaaaaa ^ ^ menurut you!!!!
    blzzzz!!!!!

    24-03-08 06:47
  • 6. milisdad

    emang anak kecil sudah tahu reshuffle kabinet?
    Kalo saya lebih setuju pertanyaannya "istilah lain pergantian kabinet adalah?"

    17-03-08 03:28
  • 5. Neeng

    ko kayak soal ujian Prajabatan PNS????
    Kasian Anak2 kita kecil2 sdh dituntut untuk ikut2an mikirin negara, sepertinya belum saatnya.....
    Biarkan dia bermain2 dengan imajinasinya tentang cita2 mereka jangan paksakan untuk memahami masalah negara yang penuh dengan politik... Kasian.......

    12-03-08 11:29
  • 4. Eko SW

    itu soal bonus

    sekedar mrangsang saja.
    bagus kok

    03-03-08 03:47
  • 3. Adhi P

    Memang, jaman sekarang anak dituntut untuk menjadi "superior" (bener nggak sih istilahnya?)

    Kalo dulu saya hanya disuruh mengenal nama2 menteri saja sih..nggak sampai mendiskusikan sejauh itu..

    Biarkanlah anak2 itu menjadi anak2 dan menikmati masa kanak2 mereka..

    01-03-08 10:17
  • 2. atun

    anak saya kelas IV juga mengeluh demikian. Setelah saya konfirmasi dengan wali kelas, beliau juga berpendapat kalau materinya memang berat.

    01-03-08 07:57
  • 1. siti

    setelah baca sendiri baru percaya khan pak?

    28-02-08 08:27