Google Dashboard

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Google Dashboard

Date: 31-10-11 06:30
Pernah akses http://www.google.com/dashboard? Saya menggunakan account google untuk chatting, telpon, search, calendar, dan sesekali upload video di youtube. Selain itu saya juga menggunakan plus, voice dan doc sebatas coba-coba untuk keperluan penelitian dan juga mendaftarkan android gadget yang saya miliki untuk download aplikasi dari market.

Kembali ke dashboard, suatu saat entah dari mana saya mendapatkan link ke url tersebut. Terus terang saya tercengang saat melihat-lihat informasi aktivitas internetan yang terlihat di situ. Perasaan saya campur aduk antara mengagumi ketelitian Google dalam membuat catatan dan was-was dengan potensi tindakan kriminal yang bisa menimpa saya apabila informasi itu jatuh ke tangan penjahat. Apa pun, kapan pun, dimana pun saya menyentuh produk google selalu ada catatannya termasuk video yang pernah saya lihat di youtube dan situs yang pernah saya klik dari link hasil google search.

Dashboard menyediakan fasilitas menghapus catatan itu apabila kita menghendaki; tentu saya segera saya manfaatkan fasilitas ini karena malu sekali ketika melihat dalam riwayat berinternet, saya tercatat pernah searching dengan kata kunci luna maya. Saya berterimakasih pada Google yang memperlihatkan semua yang dia catat dari kegiatan berinternet; catatan ini sangat tinggi nilainya. Tidak terbayang biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan data seperti itu melalui kegiatan survey.

Google memberi saya layanan teknologi yang sangat baik, saya membayarnya dengan data. Mestinya Apple melalui account iTune, Yahoo, Facebook, dll juga melakukan koleksi data dari kegiatan Internet kita. Saya sedang mencari tahu fasilitas untuk mendapatkan catatan mereka tersebut selengkapnya sebagaimana dashboard yang disediakan Google.

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik F99A di