Cek Kebenaran Berita Edaran Sosial Media

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Cek Kebenaran Berita Edaran Sosial Media

Date: 11-07-16 05:22
Ada yang tanya bagaimana kita cek kebenaran suatu berita yang beredar. Mestinya ada banyak cara.

1. Saya biasanya mulai dengan merasakan gaya tulisan beritanya. Kalau dengan membacanya timbul dorongan spontan untuk share, apalagi berita itu diakhiri perintah/ajakan share maka ianya patut dicurigai.

2. Kalau berita edaran tidak memuat sumber link web, perorangan atau institusi untuk verifikasi, langsung lupakan saja. Kalau itu memang penting dan benar biasanya segera akan muncul berita resminya.

3. Kalau berita itu memuat link rujukan, perhatikan domain web rujukannya. Ikuti link dengan seksama, baca sumber berita itu dengan teliti sebelum memutuskan perlu tidaknya share lebih luas. Perhatikan tanggalnya, reputasi websitenya.

4. Lakukan cek sederhana. Kalau dalam berita mengaku dari polri, cari di web polri. Kalau ngaku dari unesco, cari di web unesco, kalau ngaku dari kementrian kesehatan, cari di web kementrian kesehatan dst.

5. Bila domain artikel rujukan tidak kita kenal bereputasi dan artikelnya tetap menarik untuk dishare, luangkan waktu baca-baca artikel lain di web yang sama. Kalau secara umum berkesan bereputasi bolehlah diasumsikan bereputasi meski jangan langsung percaya 100%. Awas ada banyak situs satire: kesan umum serius tapi isinya parodi semua.

Setelah cukup pedhe telah melakukan pemeriksaan langkah-langkah itu baru saya ambil keputusan layak tidaknya berita edaran disebarluaskan lebih lanjut.

Bambang Nurcahyo Prastowo
http://prastowo.staff.ugm.ac.id

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 7053 di
  • 1. X

    X

    19-05-17 02:19