Bambang Nurcahyo Prastowo

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Akhirnya Treo 650 Istirahat

Date: 23-07-08 01:26
Sebenarnya tidak ada masalah dengan Treo650 yang selama ini saya pakai. Telpon genggam satu ini masih mengabdi dengan penuh kesetiaan dan kinerja prima. Masalahnya hanya satu, tombol ketiga baris atas, huruf e, tidak selalu memunculkan huruf atau kadang malah muncul banyak huruf bila dipencet.

Upaya kudeta pernah dilakukan oleh Sony Erickson dengan produl M600i-nya. Selama beberapa hari Treo 650 sempat saya istirahatkan gara-gara saya tergiur untuk membeli M600i. Setelah bermain-bain beberapa hari, ternyata saya tidak tahan dengan leletnya hp SE ini. Dengan rasa malu pada istri yang telah mengijinkan saya beli hp baru ini, saya kembali menggunakan Treo650nya.

Ternyata Eva semakin cinta dengan saya. Melihat review ponsel Nokia e71 di TV, dia berkeyakinan ini ponsel yang cocok untuk sang suami. . Saya lihat di Internet memang banyak yang memberi nilai positif pada e71. Cek pricing di www.bhinneka.com, e71 tersedia dengan harga Rp.5.055.000,-- Lumayan juga nih. "Boleh bu?" saya tanya ke Eva. "Gak papa." katanya. Atas rekomendasi teman, saya kontak pak Harris dari NoLimit Cellular. Kebetulan ada stok dengan harga Rp.4.850.000,-- (katanya ini harga teman; saya tidak tahu apakah kalau teman itu lebih mahal atau lebih murah dari pasaran). Impresi pertama, telpon ini berpeluang tinggi menggantikan Trep650 dengan alasan beberapa hal berikut.

Dari sisi depan, ukuran fisik lebar dan tinggi E71 kurang lebih sama dengan Treo650 (tidak termasuk antena) namun layar E71 lebih pendek (320x240) dari Treo 650 (320x320) untuk memberi kesan ada tambahan peralatan atau semacam docking di sebelah bawah keyboardnya. E71 tidak touch screen. Dengan feature non touch screen, saya tidak harus berjaga-jaga agar layar tidak tersentuh benda-benda disekitarnya. Saya bukan penggemar touch screen. Satu-satunya aplikasi yang membutuhkan touch screen adalah melukis dengan komputer. Saya bukan pelukis. Karena tidak touch screen, navigasi kunci mestilah lebih efisien.

Nilai plus E71 dibanding Treo650 adalah ketipisannya. Dengan berat yang tidak beda jauh, Nokia berhasil menipiskan pesawat ini sehingga lebih sopan untuk dimasukkan dalam kantong. Dengan ketipisan ini barangkali memang tidak ada lagi tempat untuk slot MMC/SD card. E71 menggunakan format Micro SD untuk tambahan memorynya sehingga fitur ini tidak praktis untuk bisa digunakan sebagai alat transfer data. Saya sendiri sangat sering copy data dengan ukuran relatif besar semisal foto dan video. Standar SD/MMC card menurut saya cukup ideal sebagai sarana generasi penerus dari floppy disk/flashdisk.

E71 dilengkapi dengan chip GPS. Terus terang baru sekarang saya berkesempatan bermain-main dengan GPS. Sementara belum ada komentar tentang fitur yang satu ini selain barangkali layarnya terlalu kecil untuk menampilkan peta. Pada posisi zoom out, detail nama jalan tidak tertulis. Pada posisi zoom in, hanya 3-4 nama jalan saja yang terlihat. Saya akan tulis tambahan komentar lagi nanti setelah berkesempatan bepergian agak jauh.

Fitur-fitur selebihnya biasa-biasa saja. Untuk setel radio harus tancapkan kabel earphone. Nanti saya tanyakan teman-teman elektronika apakah dimungkinkan suatu saat nanti bisa dibuat radio penerima pada frekuensi AM/FM tanpa antena panjang.

Terakhir, saya belum berhasil memindahkan addressbook dari ponsel lama baik yang Treo maupun yang M600i secara keseluruhan. Upaya mengirimkan data contacts secara keseluruhan melalui bluetooth hanya diterima entry pertamanya saja.


Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik D6F3 di
  • 12. alert(1)

    123

    14-03-10 07:35
  • 11. Tahir Ali

    Sekalipun saya juga pengguna E71, teman bapak, pak Khabib lebih "efisien", beliau memakai E61 dan membeli perangkat gps external untuk melengkapi kekurangan E61 ....

    31-12-09 06:57
  • 10. Prastowo

    Di NoLimit (gerai di gedung eks BDNI Jogja) 3900

    09-06-09 01:42
  • 9. Sofiudin Nurmansyah

    saya juga baru membeli dan hasilnya puas banget.... tapi harganya kok diatas 4 juta ya... di sby harganya masih dibawah 4 juta

    09-06-09 06:37
  • 8. prastowo

    Wah iya betul. Pesawat touch screen yang saya kenal pertama kali adalah Palm IIIC. Waktu itu pemakaian terbanyak memang untuk iseng buang waktu menggambar aneh-aneh. Saya sendiri termasuk yang paling sering kehilangan alat tulis sehingga waktu itu pikiran tersita untuk konsentrasi agar stylus jangan sampai hilang. Nah, soal ijin istri itu memang perlu mengingat belanja istri itu jarang yang untuk diri sendiri. Kalau belanja, istri saya pilihannya rice cooker, panci stainless, perabotan pyrex yang memang mahal juga tetapi kan itu untuk pemakaian keluarga.

    07-10-08 01:16
  • 7. dharma

    wah kalo komper hadwer apple to apple dong omm...
    btw touch screen itu bukan buat melukis om, tapi accessibility buat entry atau access menu. kalo ada beberapa row icon , trus kita pilih icon ke 5 touch screen lebih cepaattt...belum lg di excel mobile.

    e71 emang manteb....harganya juga hehehe

    dengan value segitu (4,7 - 5 jt) saya lebih memilih apple phone... dpt yg 8 GB
    ato Treo 500V dengan harga 2.7 juta perak...

    o iya kalo beli2 yg mahal udah jadi kewajiban suami utk ijin istri..? soalnya saya juga gitu ,,,kekekekk bisa perang dingin nanti heheheh

    well ada rupa ada harga, enjoy your e71 ye

    07-10-08 12:26
  • 6. DilLa

    Hihi..kenapa ya, Pak, para suami selalu bertanya "Boleh, Bu?" sebelum belanja kebutuhan dirinya yg rada mahal. Suami wkt beli E51 juga nanya boleh atau ga. Padahal kita para istri insya Allah seneng2 aja kalau suami menikmati hasil keringatnya u kebutuhan diri sendiri
    (asal kebutuhan yg pokok sudah dipenuhi :P)

    21-09-08 04:05
  • 5. prastowo

    Salah satu kelemah built in camera digital pada ponsel datang dari ukuran fisik lensanya. Kamera fotografer profesional selalu berkururan besar dengan lensa berdiameter beberapa sentimeter. Karena itu jangan berharap banyak dari fitur kamera dengan lensa berdiameter 1-2 milimeter.

    03-08-08 06:04
  • 4. Eko SW

    Oowh, jadi kalau istri semakin cinta, tandanya boleh beli gadget baru ya Pak?

    wah wah, saya catet nih!

    31-07-08 05:37
  • 3. Prastowo

    Masalah komunikas dengan PC itu merupakan salah satu sebab utama saya bertahan menggunakan Palm OS. Sangat boleh jadi karena Palm adalah produk PDA tertua, maka banyak orang telah menyiapkan interface (conduit, istilah mereka) yang menghubungkan PDA dengan fungsi-fungsi serupa di PC. Anehnya, modul-modul serupa belum saya temukan di Internet. Mungkin ini peluang buat kita untuk membuatkannya. Kalau sudah ketemu tentu saya tidak akan mengalami problem yang saya tulis sebagai komentar nomor 1.

    29-07-08 05:36
  • 2. Adhi

    Pak, mau tanya, gimana caranya mengkoneksikan E71 tersebut dengan PC ber-OS Linux? Misalnya saja untuk mentransfer Contacts, Messages, Calendar, To-Do Lists, dll. Kan kalau menggunakan Windows cukup menginstall PC Suite dari Nokia saja sudah mencukupi. Apakah di Linux, terutama Ubuntu, ada aplikasi yang mengcover hal-hal tersebut?
    Makasih...

    28-07-08 12:58
  • 1. prastowo

    Problem pertama yang saya hadapi adalah transfer address book dari palm ke nokia. Dulu tidak ada masalah sama ketika melakukan transfer phonebook treo 650 ke se m600i dan sebaliknya. Nokia hanya mengenali entry pertama dari file .vcf.

    Karena sangat dibutuhkan, terpaksa saya lakukan cara manual. File .vcf dari treo saya ubah ke .txt dan disimpan di e71 sebagai note. Setelah itu, saya buka note itu dan gunakan menu find phone number. Satu persatu saya save ke phonebook. Akhirnya sekitar 1200-an entry terproses semua. Masya Allah. Hikmah proses manual ini adalah terpangkasnya entry menjadi sekitar 300-an saja yang benar-benar saya kenali isinya. Sisanya banyak duplikasi dan entry otomatis dari aplikasi evolution.

    26-07-08 09:33