Perlunya Integrasi Perencanaan

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Perlunya Integrasi Perencanaan

Date: 13-10-17 09:24
Ketika Jerman memutuskan migrasi bertahap PLTN ke PLTSurya, uang mereka tidak pergi kemana-mana karena negara sudah siap dengan industri panel suryanya. Sebelum memutuskan migrasi dari PLTU (Batubara) ke PLTN atau PLTSurya, perlu diperhitungkan berapa banyak dana akan lari keluar negeri untuk belanja peralatan yang kita belum mampu memproduksi sendiri. Kita harus siap mengambil manfaat maksimal dari belanja luar negeri itu.

Pelajaran dari kasus e-KTP, harga kartu jauh lebih mahal dan beli dari luar negeri tapi pemanfaatan lokalnya tidak ada nilai tambah dari KTP tradisional yang difotocopy. Kita juga bisa belajar dari pemasangan cctv kota Jogja (http://cctv.kotajogja.go.id). Pemasangannya membuat kita merasa wah namun karena tidak ada yang memanfaatkan terus-menerus maka ketika mati satu persatu sampai mati semua seperti kondisi saat ini, tidak ada seorang pun yang mengeluhkannya. Harapannya cctv bisa berfungsi lebih dari sekedar lampu hias.

Sebaiknya peralatan teknologi kontemporer tidak usah diadakan sebelum kita tahu persis siapa yang pelaksanaan kerja sehari-harinya akan bergantung pada kinerja peralatan itu. Tanpa pengguna yang jelas, pengadaan peralatan teknologi hanya buang-buang anggaran saja

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik E5B4 di