Pembahasan soal UTS Pemrograman Jaringan

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Pembahasan soal UTS Pemrograman Jaringan

Date: 01-11-12 02:46
1. Jelaskan satu perbedaan pokok protokol UDP dan TCP? Sebutkan contoh masing-masing satu aplikasi jaringan komputer yang cocok untuk menggunakan protokol TCP dan UCP. Jelaskan.
JAWAB:
TCP mengutamakan keutuhan pengiriman data dengan mekanisme feedback dan resend bila perlu (makan tambahan waktu). UDP mengutamakan kecepatan pengiriman data dengan resiko tidak semua paket data terkirim utuh. TCP cocok untuk mengirimkan file program yang tidak boleh ada kesalahan data satu bit pun. UDP cocok aplikasi streaming komunikasi suara dan video. Ada salah-salah sedikit di data suara (kresek-kresek) atau data gambar (bintik-bintik hujan) tidak terlalu mengganggu asal arus komunikasi secara umum lancar.

2. Teks berikut ini adalah data nomor dan hal di suatu sistem pengagendaan surat masuk:

17/ISO-KPU/2012 hal Rapat Koordinasi
6668/PII/Set.R/2012 hal Undangan Pendampingan
17/ISO-KPU/2012 hal Rapat Koordinasi
13/SIFE/Oktober/2012 hal Permohonan domain
005/B/KMP FB/X/2012 hal Permohonan Pembuatan Account dan Blog
926/SDM/KP/2012 hal Undangan
02/PANITIA/2012 hal Permohonan Doorprize
6595/PII/Set.R/2012 hal Undangan Koordinasi BOPTN
8657/H1.1/17/BD/2012 hal Permohonan Pembuatan Email

Tuliskan regular expression untuk memisahkan data nomor surat dan hal dari database tersebut.
JAWAB
([^ ]*) hal (.*)

Keterangan: non spasi sebanyak mungkin, diikuti string ' hal ', semua sisa karakter. kurung pertama mengambil nomor surat, kurung kedua mengambil string hal-nya.

3. Keaslian pengguna suatu layanan di jaringan komunikasi data banyak dinyatakan dengan pasangan identitas pengguna (userid) dan password. Sebutkan salah satu kelemahan dari sistem autentikasi dengan userid dan password. Meskipun mengandung kelemahan, sistem userid dan password masih banyak digunakan. Utarakan pendapat saudara dengan penjelasan tentang perlu tidaknya peningkatan keamanan sistem autentikasi lebih dari sekedar userid dan password pada layanan-layanan yang bisa kita peroleh gratis di Internet.

JAWAB

Salah satu kelemahan sistem userid dan password mudah dipinjamkan ke orang lain. Layanan bagus di Internet akan mendapat banyak user. Dari sekian banyak user akan ada bisa dikelabuhi untuk mengisikan userid dan password pada laman palsu. Penggunaan sistem autentikasi alternatif (biometrics, external hardware token, dsb) terlalu mahal untuk layanan gratisan di Internet. Melatih user untuk memastikan laman web tidak palsu bisa dilakukan dengan membiasakan user melihar URL web yang diaksesnya semisal dengan menampilkan teks besar semisal: "Pastikan anda mengakses http://webmail.ugm.ac.id" di atas kolom userID dan Password akan melatih user untuk melihat url di kolom akses webbrowsernya.
(jawaban siswa bisa lain, tidak harus berarti salah)

4. Suatu API (application programming interface) menghasilkan output data beberapa atribut dalam bentuk sebaris teks dengan karakter titik koma sebagai pemisah antar antribut. Bagaimana saudara mengatasi dalam pemrogramannya apabila satu atau lebih dari isi atribut itu mengandung karakter titik koma?
JAWAB
mengganti karakter titik koma dengan kode berbasis karakter lain yang diperjanjikan antara programer client dan programmer server.


Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik DFD5 di