Server web.ugm.ac.id diplekotho usernya sendiri

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Server web.ugm.ac.id diplekotho usernya sendiri

Date: 16-01-08 04:53
Terus terang saya penasaran betul tentang penyebab web.ugm.ac.id sering melambat abis. Hari ini saya mampir ke ruang Bidang Komunikasi PPTIK untuk membicarakan pemasangan MCU vicon UGM. Pada saat itu pak Zudha Gofur sedang memeriksa log server web.ugm.ac.id. Sepintas tidak terlihat hal yang aneh, semua biasa-biasa saja. Saat dilihat aktivitasnya, ternyata transaksi didominasi website tertentu. Setelah ditengok halamannya, masya Allah, ternyata berisi link-link iklan macam-macam banyak sekali.

Aneh juga, bagaimana link-link iklan ini mendapat klik yang tinggi. Kalau menilik ada google sponsornya, sangat boleh jadi ini merupakan akal-akalan untuk mendapatkan adsense click. Tetapi saya tidak tahu bagaimana mekanismenya. Kalau dihitung server usage, website ini makan resource yang extra tinggi. Sangat boleh jadi ada website serupa terpasang di web.ugm.ac.id.

Di salah satu kuliah, ada mahasiswa mengatakan temannya bisa mendapatkan beberapa ratus dolar perbulan dengan memasang google adsense di UGM. Waktu itu saya menanggapinya sebagai sesuatu hal yang sangat positif. Dalam model bisnis adsense, semestinya mereka yang dapat banyak adalah mereka yang bisa menampilkan informasi berguna di Internet. Adsense yang saya pasang di site ini saja hanya menghasilkan 3 dolar selama 6 bulan. Tentu saya ikut berbangga bila ada situs di ugm yang memberi manfaat untuk orang banyak. Kalau ternyata caranya dengan memasang situs pancingan semacam itu, saya sungguh sedih. Bagaimana mungkin ada warga UGM yang tega memasang sistem yang secara langsung memberikan DOS attact ke server milik sendiri sehingga merugikan ribuan user lain demi beberapa ratus dolar?

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 2E93 di
  • 17. jay

    testing...1,2,3

    03-10-08 09:08
  • 16. ade Passau

    mengapa bukan adsenser nakal saja yang diblokir, banyak pemikiran mahasiswa kreatif yang bisa dihargai dari adesense tersebut. karena kita tahu sebuah karya mahasiswa lebih bernilai diluar kampusnya sendiri. bukan karena pesimis terhadap impressi pihak ugm, namun hubungan timbal balik mahasiswa dan sesuatu pembiayaan kuliah mereka yang tak pernah tuan2 dan nyonya2 ugm tahu bahkan tidak ingin tahu, berujung pula pada kantong masing2 untuk mengepul dapur. Namun begitu adsenser yang baik seharusnya mendapatkan perlindungan dari pihak ugm, bukan hanya mereka. tapi kenyamanan pengguna yang baik menjadi tanggung jawab pihak UGM. saya sudah lama ingin hosting Web di UGM, namun berbagai pertimbangan menunda penggunaan hosting UGM yang katanya "Gratis" tersebut.
    terima kasih

    21-03-08 03:56
  • 15. ade Passau

    mengapa bukan adsenser nakal saja yang diblokir, banyak pemikiran mahasiswa kreatif yang bisa dihargai dari adesense tersebut. karena kita tahu sebuah karya mahasiswa lebih bernilai diluar kampusnya sendiri. bukan karena pesimis terhadap impressi pihak ugm, namun hubungan timbal balik mahasiswa dan sesuatu pembiayaan kuliah mereka yang tak pernah tuan2 dan nyonya2 ugm tahu bahkan tidak ingin tahu, berujung pula pada kantong masing2 untuk mengepul dapur. Namun begitu adsenser yang baik seharusnya mendapatkan perlindungan dari pihak ugm, bukan hanya mereka. tapi kenyamanan pengguna yang baik menjadi tanggung jawab pihak UGM. saya sudah lama ingin hosting Web di UGM, namun berbagai pertimbangan menunda penggunaan hosting UGM yang katanya "Gratis" tersebut.
    terima kasih

    21-03-08 02:54
  • 14. daaan

    OOhh ini to penyebabnya buset mareset reset dah ahh hehe

    12-02-08 11:33
  • 13. arwan

    jangan salah paham menginterprestaikan "menaikkan citra diri" hal ini hanya untuk bhwa pemikiran yang ditulis teman2 sejalan dengan ilmu yang dimilikinya, sehingga akan tercipta jaringan terhadap orang yang melihat websitenya dan tertarik dengan pemikirannya (semoga2 bisa menambah pengalamanya)

    24-01-08 05:01
  • 12. arwan

    hmmm maksud pak pras bukan berarti semua content isinya iklan?? dan adanya script yang membuat user secara dan tidak sengaja ngeklik iklan kan?

    sejauh ini memang seperti itu teman2 saya, saya sarankan, iklan hanya sebagai pengikut dalam artikel mereka, untuk menampilkan pemikiran dan ide mereka untuk membantu masyarakat.

    hmm.... mengenai server yang sudah overload kan bsa berarti adanya request yang masuk tidak sebanding dengan kemampuan server dalam melayani service, kalau usernya sudah mencapai 4000 sepertinya server dan bandwidthnya jg harus di audit kembali....

    salah satu alasan umum membuat personalweb kan juga agar lebih dikenal sehingga menaikkan citra diri, kalo bikin personalweb bukan untuk dilihat lalu..??
    kcuali content web

    24-01-08 04:55
  • 11. Prastowo

    Saya pribadi berpendapat memasang content yang isinya semata-mata pancing klik adsense di server ugm merupakan penyalahgunaan fasilitas. Hosting website pribadi disediakan sebagai sarana aktualisasi diri segenap sivitas akademika UGM.

    Tidak ada salahnya bekerjasama dengan Google mendapatkan target pembaca yang cocok dengan pemasang iklannya; namun hal ini hendaknya hanya merupakan efek positif dari terbentuknya komunitas pembaca website yang bersangkutan; bukan menjadi content utama.
    Penyalahgunaan berarti kriminal. Mohon pencerahan sidang pembaca sekalian mengenai hal ini.

    23-01-08 03:43
  • 10. prabowo

    @ arwan
    "maka itu fasilitas dari ugm yg memberikan web gratis dapat menjadi peluang mencari penghasilan tambahan"

    IMHO, saya _kurang_ setuju kalau hosting di UGM dijadikan ajang beriklan (entah itu white atau black), karena nama domain (*.ac.id) kita bisa jadikan _salah_satu_ parameter isi / content situs (saya tidak melihat ada google adsense di ugm.ac.id. Beri tahu saya kalau saya keliru), walau sebenarnya dalam lembar pendaftaran tidak secara jelas disebutkan persyaratan teknis mengenai hal itu. Itulah mengapa saya berpendapat bahwa jikalau memang semata-mata mencari penghasilan tambahan (dengan adsense) sebaiknya teman-teman tidak menggunakan layanan yang merupakan hajat hidup orang banyak. Ada apa dengan dot tk atau hosting + domain gratis yang lain? Sebuah domain berbayar pun bisa digunakan lebih dari 1 orang (dengan membaginya menjadi beberapa subdomain, misalnya).

    Saya yakin, para adsenser di *.web.ugm.ac.id jauh lebih sedikit daripada mahasiswa yang hanya ingin belajar membuat situs sendiri, atau yang ingin mempublish hasil karya, atau yang hanya sekadar membuat log hidup. Zolim namanya kalau memprioritaskan yang minoritas hanya demi selebritas, popularitas, hasil pencarian teratas, atau penghasilan (yang inginnya) tanpa batas. Jalan hidup tak hanya lewat adsense, Bung. Ah, dunia kita sudah dipenuhi manusia yang tak mau bekerja keras namun menghendaki miniatur surga. Apalagi dengan cara-cara yang kurang elegan. Koreksi saya bila salah.

    "yah saya share saja kepada mereka bagaimana menjadi adsenser yang fair, SEO dan mendapatkan PR.
    daripada membayar >300rb buat belajar di luar, lebih baik saya share.

    murni dakwah bilhall lillahi ta`ala"

    Ga usah disebut-sebut. Pahala ente entar berkurang. (QS 2:264)

    Boleh tahu alamat situs ente? Rumah saya di prabowomurti.com, sempit, dan (sebagaimana kalimat populer dalam berendah-rendah diri) sedang dalam tahap pembelajaran.

    Wassalaam
    Prabowo Murti

    @ prastowo
    Apakah PPTIK punya data yang bisa (atau boleh) diakses publik, misalnya log pengguna layanan yang bermasalah, fakultas yang tidak jelas kebijakannya (terkait dengan hotspot area, misalnya), sebagai semacam "pembuat malu"?

    23-01-08 09:29
  • 9. arwan

    @prabowo

    ga dramatisasi ^_^
    tapi ada beberapa keadaan di lapangan yang seperti itu, yang membantu membiayai kuliah dengan jualan di boulevard.
    kan kacamata setiap orang berbeda.....
    yah saya share saja kepada mereka bagaimana menjadi adsenser yang fair, SEO dan mendapatkan PR.
    daripada membayar >300rb buat belajar di luar, lebih baik saya share.

    "murni dakwah bilhall" lillahi ta`ala

    saya melihat di salah satu fakultas yang melakukan fit dan proper test untuk mendapatkan beasiswa BOP itu mahasiswa jg yang notabenenya juga temen sendiri???
    cuman liat tapi ga pernah ikut....(CMIIW)
    wah kalau begini yang nakal sapa aja???? kalau yang begitu bisa lolos??? good governance dimulai dari generasi muda kan....

    nah ini harus di tindaklanjuti baiknya gmana, kan new adsense publisher atau mungkin white adsenser belum tentu dapat $100/bulan sapa tau baru 3 bulan baru dapet $7, hosting yg murahpun 50mb Rp.12.000 + domain (.com,.org) Rp.90rb /tahun dengan bandwidth 500mb/bulan, (banyak alasan) semua orang kan juga punya primary budget, kalau penghasilan adsensenya baru segitu dan belum adanya bayang2 love letter* dari google (yang white publisher prof saja terkadang dapet love letter juga) sehingga harus mendaftarkan domain yang berbeda lagi kalau mau ikut atau mengikuti advertise yg lain macam adbrite,TLA or else

    biasanya adsenser prof memiliki lebih dari 20 website (termasuk blog dan dummy blog) untuk mengumpulkan $ nya kesemuanya memakai tehnik SEO yang baik.
    wah buat yang baru belajar dan cuma punya budget minim, dah pusink mikirin biaya hosting ma inet nya, kan SEO harus rajin manajemen webnya.


    loh saya pikir hosting di ugm ga gratis.... karena harus bayar Uang masuk,SPP,BOP, blablabla.... untuk mendapatkan KTM,fasilitas hosting,kesehatan, de el el. berarti kalo sudah bayar seharusnya jasa dan QOS nya kita dapatkan alias haknya setelah kewajiban.... ;)

    tentunya dengan ketentuan yg berlaku, wah nih kan mesti di track juga apakah ada yang suka pasang bot auto clik. parked domain, club klik, script yang menyebabkan kinerja server load terus.... ni baru yang mesti di anulir.

    afwan, karena bila di block untuk adsense. Teman2 yang sedang merangkak akan kesulitan (terutama yang kadang saya share untuk mencoba dulu dipraktikan memakai hosting ugm) untuk menempatkan adsense di setiap artikel yang mereka tulis.

    sekali lagi afwan
    seandainya ada yang salah dari kata2 saya karena manusia ini masih belajar....

    "semoga berkah dan menyenangkan"

    • love letter = ban

    23-01-08 03:03
  • 8. Prabowo

    @ 6.arwan
    "kesulitan saat kita harus meloakkan baju di bringhardjo hanya untuk bisa berangkat kuliah"

    Buset sureseeet.... Dramatis bener ceritanya? Masih ada yang seperti itu ya? Yang kaya tapi belagak miskin juga banyak.. Yang ngambil beasiswa BOP untuk ganti hape baru, atau yang nekat beli motor walau kosnya deket dari kampus. :p

    Yang adsenser mestinya juga sadar diri. Apalagi dengan menzolimi orang lain dengan menggunakan hosting gratis yang notabene untuk bisnis. Mari bandingkan pembayaran domain + hosting untuk setahun dengan dollar yang didapat sebulan.

    Terima kasih.

    20-01-08 08:47
  • 7. tester

    sudah sekitar 1 bulan saya tidak bisa mengakses forum chip (http://forum.chip.co.id) dari jaringan ugm bila menggunakan proxy (10.13.254.101). Apa web tersebut termasuk salah satu web yg diblok?

    terima kasih sebelumnya

    18-01-08 01:38
  • 6. arwan

    memang ada pemain adsense yang tidak fair, tapi kan kita bisa report ke team adsense agar mereka di keluarkan sebagai publisher,

    tidak semua mahasiswa yang menggunakan adsense menggunakan cara2 seperti itu, ada juga yang menaruh pemikiran di dalamnya, ide, pengalaman hidup, mungkin pengetahuan diluar kuliahnya dan memerlukan dukungan untuk terus dapat menulis (kuliah) dalam bentuk adsense.
    yang diwaspadai disini adalah mahasiswa yang mengikuti club click, ataupun menggunakan software yang mengklik adsense mereka sendiri.

    harus dipikirkan jalan keluar agar tidak menggusur white adsenser.
    karena adsense menjadi angin segar beasiswa ditengah mahalnya biaya ugm. tentunya yang berkecukupan tidak akan terasa, kesulitan saat kita harus meloakkan baju di bringhardjo hanya untuk bisa berangkat kuliah.

    maka itu fasilitas dari ugm yg memberikan web gratis dapat menjadi peluang mencari penghasilan tambahan.

    terima kasih

    17-01-08 03:29
  • 5. prastowo

    Mengenai adfilter saya masih belum bisa memutuskan perlu tidaknya dipasang. Pada dasarnya saya justru mendukung konsep adword/adsense karena memiliki dasar filosifi win-win-win antar user (kita), pemasang iklan, dan penyelenggara layanan. Bagaimana saya bisa blocking adsensel sementara dalam pekerjaan sehari-hari, saya benar-benar terbantukan oleh kehadiran Google?

    Maling-maling adsense ini lah yang merusak kenyamanan kita berinternet.. Sungguh terlambat, saya baru menyadari sekarang apa yang terjadi. Pernah suatu ketika saat googling, saya menemukan banyak kalimat-kalimat yang diberi atribut http://prastowo.staff.ugm.ac.id yang memang datang dari website ini tetapi bila diklik, larinya ke situs iklan lain. Waktu itu dengan lugunya saya anggap ada error saja.

    16-01-08 09:27
  • 4. prastowo

    Masya Allah,
    Mohon maaf yang sebesar-besarnya, betapa bodohnya saya (dan teman-teman admin di PPTIK) berasumsi bahwa para mahasiswa itu benar-benar membutuhkan webspace untuk keperluan publikasi karya-karya dan pemikirannya.

    16-01-08 08:19
  • 3. anung

    assalamualaikum.

    bantai saja pak..
    adsensenya diblock aja..
    pake adfilter

    16-01-08 08:17
  • 2. Prabowo

    Assalaamu'alaikum
    Jangan beri ampun Pak. Hapus saja. Demi kemaslahatan ummat.

    Wassalaam
    Prabowo Murti

    16-01-08 06:21
  • 1. josh

    Sebaiknya di perketat lagi policy hosting di web.ugm.ac.id. Saya sering menemukan banyak site web hosting disana tidak berkaitan sama sekali dengan aktifitas akademik atau personal information.
    Misalnya : http://www.datu.web.ugm.ac.id/download/index.php
    http://www.rahmatsoft.web.ugm.ac.id/
    http://novian.web.ugm.ac.id/
    http://okti.web.ugm.ac.id/
    http://medha.web.ugm.ac.id/
    dst

    16-01-08 06:17