Ngantuk di Ruang Kelas

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Ngantuk di Ruang Kelas

Date: 10-04-08 12:26
Beberapa waktu lalu media massa sempat disibukkan dengan berita presiden marah karena ada peserta pelatihan lemhannas yang tertidur saat beliau berpidato. Tadi saya juga marah saat ada mahasiswa tertidur saat saya memberikan kuliah. Ternyata prastowo ini tidak beda-beda amat dengan dengan presiden.

Yang menjadi pertanyaan adalah, bila ada pendengar yang tertidur, siapa yang salah? dia atau penceramahnya? Pengelaman saya, mahasiswa akan tertidur bila kuliah saya kurang fokus yang pada umumnya diakibatkan oleh kurangnya persiapan. Saya tidak tahu apa yang terjadi dengan presiden, tetapi yang jelas tadi saya kehilangan orientasi mengajar ketika bahan-bahan demo pemrograman perl untuk keperluan simulasi pemrosesan paralel tidak berhasil saya temukan. Ini 100 % kesalahan saya tidak mempersiapkannya tadi malam. Asumsi saya, bahan-bahan untuk kuliah dari kelas tahun lalu mestinya sudah ada di komputer. Mungkin memang ada di sana, tetapi karena tidak ditengok terlebih dahulu, saya tidak bisa menemukannya saat saya butuhkan.

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 08E8 di
  • 17. Sigid Pamungkas

    Gak sia-sia saya kuliah 5tahun, bisa jadi cerita buat anak nih..hehe

    22-02-12 03:46
  • 16. dMashi(nama samaran)

    mybe ne anak kecapean belajar bwt sisop kale ya??eh malah pas kul ngantuk??

    tyus sorotna jg ga fokus jadi mata cepet lelah,..bisa jadi ngantuk kan??


    -gag semua yg lo denger itu bener-

    14-05-08 04:25
  • 15. Tanti

    It's a good idea! Salut, Anda juga mengakui kesalahan sendiri karena kurangnya persiapan. Anyway, it's nice pose. Lol.

    11-05-08 03:33
  • 14. prastowo

    Tien, bukannya aku jahil. Ini variasi era teknologi informasi dari kebiasaan lama melempar mahasiswa tidur dengan kapur atau penghapus.

    10-05-08 12:02
  • 13. iben

    menurut saya ni anak terlalu banyak persiapan malam sebelum kuliah sampe begadang.. jadinya pas kuliah malah mengantuk dan tidur..

    08-05-08 12:27
  • 12. Hanan

    • Ralat
    Bukan di ejek, tetapi di motivasi dengan gaya BNP tertentu biar cepet selesai skripsi.. heheheheh

    08-05-08 07:19
  • 11. Hanan

    Waduh pak, sepertinya bukan HANYA karena kurang persiapan deh, materinya itu lho... PERL...

    I hope you remember, Sir, when i learned(USA)/learnt(UK) PERL from you. It was such a hard to learn programming language... lolmao

    satu lagi pak, mahasiswa akan ngantuk apabila acara kuliah tesebut cenderung serius dan kurang ice breaking.
    Saya pernah dapet sesi diajar pak Pras dulu, waktu salah satu orang dosen berhalangan hadir( inget mahasiswa yang diejek pak pras itu yang meninggal lho pak)

    06-05-08 09:20
  • 10. dzale

    heheeh, wah jadi terkenal tuh anak..
    kapan2 coba ah, biar dipoto trus diposting di web, heheeheh

    27-04-08 04:10
  • 9. sabix

    Yang gak ngantuk lebih aneh tuh..
    Yang didepan berusaha menyembunyikan wajahnya, eh... yang dibelakang malah pasang aksi

    25-04-08 05:20
  • 8. hesty

    saya cuma inget waktu di kelas saya dulu waktu di ajar ama bapak ga ada yang ketiduran tapi yang ada ketahuan chatting...he he

    23-04-08 01:52
  • 7. sabix

    syukur waktu kuliah tidak pernah diajar sama Pak Prastowo
    heuheuheuhe, soalnya dulu kalo kuliah ngantuk teyus

    22-04-08 07:27
  • 6. Tien

    Jahil aja, nich.....

    22-04-08 05:28
  • 5. Medong

    siiip, seharusnya presiden juga sama sprti pak bambang, menyadari kesalahan diri sendiri daripada marah-marah....

    22-04-08 08:30
  • 4. eko sw

    ooowh itu?
    itu lg menyerap materi dgn bantuan alam mimpi pak!

    20-04-08 09:27
  • 3. dante

    WAH enak tu mimpi indah....he5

    19-04-08 07:43
  • 2. zam

    wakakaakakak!!

    15-04-08 08:44
  • 1. d3ptzz

    wah...mahasiswanya jadi terkenal gara-gara kuliah sistem operasi..hehehe....

    15-04-08 02:13