SHMConfig dan syndaemon

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

SHMConfig dan syndaemon

Date: 12-05-08 07:14
Beberapa waktu saya direpotkan oleh kursor notebook yang loncat-loncat pada saat mengetik. Ini sangat menjengkelkan. Bayangkan, pada saat kita ketikkan teksi di suatu paragraph, tahu-tahu kursornya loncat ke paragraph lain di bawahnya atau di atasnya. Berbulan-bulan saya mengira ini terjadi karena mengira ini masalah hardware. Maklum, saya pakai notebook merek ION yang gengsinya beda jauh dengan Fujitsu yang saya pakai sebelumnya.

Karena fungsi-fungsi laing pada umumnya baik-baik saja, saya coba menghilangkan gejala ini dengan bersih-bersih keyboard. Maklum, Ahmad juga sering pakai komputer ini sehingga selalu saja ada nasi/mi kering di sela-sela tombol. Setelah menyerah, iseng-iseng saya google \'jumping cursor while typing\' saya tambahkan sekalian ubuntu dan Feisty. Ternyata memang banyak orang mengalami hal serupa di masa lalu. Kok saya baru tahu? Hal ini terjadi karena saat mengetik, bagian tangan kadang sedikit nyenggol-nyenggol mouse pad.

Salah satu solusi adalah dengan menggunakan external mouse. Kemudian pada monitoring usb, ditambah action kalau terpasang external mouse, internal mousepad dimatikan. Ini bukan solusi yang saya kehendaki karena saya penggemar mouse pad. Solusi lain yang saya terapkan adalah dengan mengaktifkan syndaemon.

Program syndaemon mematikan sementara mousepad ketika sistem menerima sinyal dari keyboard. Saya tidak tahu apakah ada cara berbasis GUI untuk mengaktifkan ini, tetapi menurut petunjuk yang saya dapat dari Internet, kita cukup jalankan perintah \'syndaemon -d\' pada command line atau masukkan ke start-up. Agar bisa aktif, SHMConfig di xorg.conf harus on. Alhamdulillah, saya sekarang tidak lagi mencak-mencak karena \"urusan kecil\" ini.

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 5E70 di
  • 3. prastowo

    Di Ubuntu atau distro linux lainnya ada program aplikasi namanya syndaemon. Program ini bisa dijalankan di background dengan mengetikkan command pada prompt console atau xterm
    syndaemon -d
    Namun mestinya kita kan menginginkan program ini dijalankan sistem secara otomatis agar tidak perlu kirim command setiap kali mulai kerja. Oleh karena itu, di Ubuntu kita bisa minta sistem menjalankannya setiapkali booting/login dengan mengisinya di menu System->Preferences->Sessions
    di menu ini akan ada tab ke startup program. Nah di situ lah kita bisa add command syndaemon -d ini sebagai salah satu program yang kita perintahkan dijalankan setiapkali boot/login.

    12-03-09 01:55
  • 2. bani risset

    Pak bisa di jelaskan lebih jelas lagi karena sy kurang mengerti terutama pada bagian "cukup jalankan perintah \'syndaemon -d\' pada command line atau masukkan ke start-up"

    11-03-09 10:49
  • 1. eko

    wah terimakasih pak Pras atas bagi2 pengalamannya ini

    16-05-08 11:34