Web Browser Error saat Menampilkan JPG

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Web Browser Error saat Menampilkan JPG

Date: 01-01-08 09:44
Hari ini saya mengalami kejadian yang belum pernah terpikir akan bisa terjadi. Saat bekerja tuning sistem paperless office PPTIK, tiba-tiba semua file image format jpg tidak bisa tampil. Mozilla Firefox memberi pesan tentang adanya error pada format file image sehingga tidak bisa ditampilkan.

Karena peristiwa itu terjadi saat saya kutak-katik script, kecurigaan pertama jatuh pada script yang sedang diedit. Hampir setengah jam saya cari-cari tanpa hasil. Langkah berikut saya masukkan error message ("cannot be displayed, because it contains errors") itu ke google search. Ternyata banyak juga keluhan itu dimunculkan di Internet. Berbagai analisa muncul antara lain adanya format jpg CMYK, bukan RGB sehingga solusi mengarah pada konversi format CMYK ke RGB. Sementara itu, kalau file jpg saya konversi ke gif, browser bisa menampilkannya dengan baik.

Setelah hampir 2 jam mempelajari berbagai solusi, saya punya ide menambahkan ubuntu feisty pada google search dengan harapan ada solusi khusus. Ternyata ada juga pengguna ubuntu feisty yang mengalami problem serupa. Saya coba pelajari berbagai solusi di forum-forum ubuntu termasuk teori tentang bug di library image sampai pada satu baris pernyataan: problem menghilang setelah komputer direboot. Penasaran, saya coba restart Firefoxnya. Problem tetap ada. Saya reboot notebook. Problem menghilang. Benar-benar mencengangkan.

Dimana letak permasalahannya? Saya belum menemukan penjelasan yang memuaskan. Problem yang saya alami tersebut tidak reproducible; artinya kita tidak bisa mempersiapkan setting yang memunculkan error tersebut sebagai starting point untuk melakukan pelacakan error. Yang jelas, lebih dari satu orang mengalami masalah ini, terbukti dengan munculnya diskusi diberbagai forum; termasuk dari pengguna Microsoft Internet Explorer. Solusi reboot untuk persoalan pada level aplikasi (rendering image di browser termasuk aplikasi) di Linux sepertinya mulai ngetrend akhir-akhir ini. Pada zaman pakai DOS/Windows dulu, reboot merupakan solusi normal sehari-hari.


Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik DFC1 di
  • 1. Eko SW

    mungkin ini OOT, tp Ubuntu Gutsy saya masih sering hang lho kalau di reboot, atau lain sebagainya. Ini lg fresh install. Sptnya agak jarang munculnya Kalau udah agak rame apps-nya baru lho!


    06-01-08 11:21