Bambang Nurcahyo Prastowo

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Gratis = Resiko Ditanggung Sendiri?

Date: 20-05-08 11:25

Pada saat mampir di suatu rumah makan, saya menemui sign menarik pada area bermain anak-anak yang tersedia disitu. Sign itu berbunyi
FREE/GRATIS
AT YOUR OWN RISK
RESIKO DITANGGUNG SENDIRI
Sebagai pengguna sistem komputer, kita sudah sangat terbiasa dengan sign semacam ini.

Untuk produk Microsoft yang tidak gratis pun kita melihat adanya perjanjian yang memuat kata-kata "...... IN NO EVENT SHALL MICROSOFT OR ITS SUPPLIERS BE LIABLE FOR ANY SPECIAL, INCIDENTAL, PUNITIVE, INDIRECT, OR CONSEQUENTIAL DAMAGES WHATSOEVER...."
lengkapnya bisa dibaca di http://www.microsoft.com/windowsxp/home/eula.mspx

Undang-Undang ITE Pasal 15 berbunyi: (1) Setiap Penyelenggara Sistem Elektronik harus menyelenggarakan Sistem Elektronik secara andal dan aman serta bertanggung jawab terhadap beroperasinya Sistem Elektronik sebagaimana mestinya. (2) Penyelenggara Sistem Elektronik bertanggung jawab terhadap Penyelenggaraan Sistem Elektroniknya. (3) Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) tidak berlaku dalam hal dapat dibuktikan terjadinya keadaan memaksa, kesalahan, dan/atau kelalaian pihak pengguna Sistem Elektronik.

Pasal tersebut tidak mempermasalahkan gratis atau tidak gratisnya layanan sistem elektronik. Pada dasarnya tidak ada kegratisan mutlak. Sign free di atas saya ambil dari area bermain KFC eks BDNI. Pada bagian lain ada tulisan layanan diberikan pada diners (yang makan di situ). Jadi tidak gratis tis! Kembali ke penyelenggaraan sistem elektronik, pihak penyelenggara harus bertanggungjawab apabila tidak tidak bisa membuktikan adanya keterpaksaan atau kesalahan/kelalaian pengguna.

Apa pendapat anda?


Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 8E54 di
  • 6. Prastowo

    Masalahnya, kita menghadapi urusan yang tidak ada di alam. Penamis siklamat misalnya, aslinya tidak ada di alam. Bagaimana hukum alam berlaku untuk kreasi-kreasi manusia yang tidak alamiah?

    13-12-08 12:25
  • 5. Wahyu Inf-uad

    Resiko? Bukankah resiko menyertai kita hidup? Berat/ringannya resiko sepadan dengan yg kita peroleh. Hukum alam pastilah berlaku. Salam.

    28-06-08 08:05
  • 4. Ardy

    Linux aja deh^^

    28-06-08 05:18
  • 3. prastowo

    Sabix, UUITE justru berkata lain. Gratis tidak gratis, penyelenggara sistem elektronik harus bertanggungjawab atas penyelenggaraan sistem yang diselenggarakannya. Bingung?

    23-05-08 07:51
  • 2. milisdad

    Gratis atau Bebas ?

    23-05-08 07:26
  • 1. sabix

    intinya di sistem elektronik, gratis gak garatis sama aja.... pilih gratis atau bayar, resiko tanggung sendiri
    Mantab pak..

    22-05-08 08:52