Perjalanan Sejarah Amerika dan Indonesia

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Perjalanan Sejarah Amerika dan Indonesia

Date: 02-06-17 10:58
Dalam urusan kebhinekaan, Indonesia lebih mirip Amerika dibanding negara-negara lain, ada penduduk asli, dan berbagai bangsa pendatang bermukim di sana. Dari sisi sejarah, kita pernah dijajah Belanda, Inggris, dan Jepang. Berbeda dengan Amerika, para penjajah Indonesia tidak meninggalkan jejak imigran. Imigran kita banyak dari Cina, India dan Arab.

Dalam berpolitik kita sekarang mirip, atau memiripkan diri dengan Amerika dimana pilihan kepala daerah dan presiden memecah penduduk menjadi 2 kubu. Segala urusan disederhanakan menjadi dua pilihan, mendukung atau menentang.

Yang perlu direnungi, Amerika punya sejarah kemerdekaan yang jauh lebih panjang dari kita. Seratus tahun pertama kemerdekaan mereka diisi dengan urusan perang saudara dan perbudakan. Seratus tahun kedua penuh dengan permasalahan gangster miras, narkoba, perjudian dan pelacuran. Di seratus tahun ketiga, sekarang sudah merdeka 241 tahun, mereka bergulat dengan perpecahan bangsa yang meluas dengan siraman minyak hoax di medsos.

Indonesia belum genap 100 tahun merdeka, kita sudah berurusan dengan semua masalah kebangsaan: perang saudara, gangster serta peredaran hoax pemecahbelah masyarakat. Ayo mikir lebih keras lagi agar bisa mengatasi semua dengan cara lebih baik dari Amerika. Kita bisa belajar dari sejarah mereka, tidak harus ikut mengalami seluruh kepahitannya.

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 0B08 di