Pergeseran Pemahaman tentang Privasi Identitas Komunikasi Elektronik

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Pergeseran Pemahaman tentang Privasi Identitas Komunikasi Elektronik

Date: 20-09-17 07:57
Tradisinya, SMS dan telpon punya fungsi setara sebagai sarana komunikasi singkron. Artinya semua pihak yang berkomunikasi diharapkan dalam kondisi terjaga di waktu yang sama. Pada jam istirahat, kirim SMS sama tidak sopannya dengan menelpon. Untuk komunikasi asingkron, digunakan email. Kita boleh nulis email kapan saja jam berapa pun namun tidak mengharapkan terbaca dan dijawab target penerima segera setelah pencet send.

BlackBerry disusul smartphone lain mengintegrasikan email ke mobile device. Email yang kita kirim ke seseorang bisa memicu notifikasi tone segera setelah kita pencet send. Sekarang ada banyak jalur komunikasi instant messaging serupa: whatsapp, telegram, line, dan fb chat yang bawaannya mengakibatkan bunyi notifikasi ketika seseorang kirim pesan ke kita.

Dalam situasi seperti sekarang ini:
(A) sebagian pengguna mobile communication device menjiwai sms, whatsapp, line dll sebagai sarana komunikasi singkron seperti SMS dulu. Mereka tidak suka mendapat kiriman pesan pada jam istirahat.
(B) Sebagian pengguna lain (termasuk saya sendiri) menjiwai sms, dan segala sarana instant messaging, seperti email. Silakan saja tulis pesan kapan pun namun jangan mengharap target pengiriman pesan itu segera membaca dan menjawabnya.

Termasuk kelompok mana kah saudara? A, B atau kadang A kadang B?

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik C3B2 di