Opensource Innovation?

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Opensource Innovation?

Date: 21-01-07 08:23
Berita UGM kerjasama dengan Microsoft membangun Microsoft Innovation Center memicu tantanya besar pada khalayak yang berkepentingan dengan Ugm Go Opensource. Sebagai kepala PPTIK UGM saya tidak terlibat (lebih tepatnya tidak dilibatkan atau lebih tepat lagi diasumsikan tidak mau dilibatkan) dalam pengembangan MIC ini.

Ketika ditanya apakah kerjasama ini ada hubungannya dengan Microsoft Campus Agreement UGM yang telah berakhir tahun ini? Saya menjawab tidak. Setahu saya, MIC adalah kerjasama corporate biasa dalam pengembangan suatu pusat penelitian yang tidak terkait langsung dengan manajemem kampus. Pertanyaan berikut apakah ada inisiatif serupa untuk pengembangan produk software Opensource? Jawabnya ada. Akhir 2006 lalu, dimotori berberapa mahasiswa Elins telah dibentuk kelompok Riset Optimasi penDidikan dengan memanfaatkan Internet yang dipopulerkan dengan nama kelompok RODI.

PPTIK memfasilitasi kelompok RODI untuk melakukan penelitian dengan menyediakan ruang, komputer dan server. Kelompok ini dibimbing oleh Gede Mujiyatna, dosen program studi Ilmu Komputer di FMIPA UGM. RODI memiliki komitment untuk mengembangkan sistem berbasis opensource dengan harapan kelak dapat diintegrasikan dengan sistem operasi opensource karya anak bangsa seperti Kuliax dsb.

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 7266 di