Pejabat Negara perlu Blogging di Internet

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Pejabat Negara perlu Blogging di Internet

Date: 10-07-12 12:22
Kita baca banyak pejabat yang ditangkap aparat mengaku melakukan pelanggaran yang diperkarakan semata-mata untuk kebaikan unit yang dipimpimnya dalam memberi pelayanan maksimal ke masyarakat. Di pengadilan, semua bicara peraturan. Pelanggaran adalah pelanggaran. Masalahnya, ada saja peraturan-peraturan yang tidak harmonis sehingga mengikuti yang bisa diinterpretasikan melanggar yang lain sampai-sampai di Kemkumham ada Direktorat khusus untuk harmoninasai peraturan.

Kalau memang punya tujuan mulia di balik pelanggaran (yang sering tidak bisa dihindari bila ingin mencapai tujuan itu), sampaikan pada semua pihak sebelum urusan sampai ke aparat penegak hukum. Saya suka dengan cara pak Dahlan Iskan menyampaikan melalui weblog banyak hal seputar kebijakan yang dia telorkan. Bisa saja kebijakan beliau mengganti direksi berbagai BUMN serta meng go-public-kan beberapa BUMN diperkarakan karena \'melanggar\' entah peraturan yang mana, tapi semua langkah dengan berbagai pertimbangannya telah beliau sampaikan ke masyarakat (dan siapa saja yang berkepentingan) melalui Internet.

Bagus juga kalau semua pejabat negara mensosialisasikan pemikiran kebijakannya melalui weblog pribadi agar masyarakat bisa tahu persis mana pemikiran yang baru diwacanakan mana yang sudah menjadi peraturan/kebijakan resmi.

Ada bagian yang saya tidak suka dari pak Dahlan yakni pada penggunaan server asing untuk blogging dan komunikasi lingkar internalnya; tapi ini masalah lain. Saya percaya beliau punya pertimbangan tersendiri semisal barangkali rasanya risih juga kalau harus blogging di plasa.com yang milik Telkom misalnya.

http://kickdahlan.wordpress.com/

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 3D9A di