Bambang Nurcahyo Prastowo

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Saya kadang bicara di seminar-seminar yang berhubungan dengan teknologi Informasi. Tanggal 3 Agustus 2004 saya bicara masalah elemen-elemen e-gov di sebuah pelatihan manajemen untuk eksekutif kota Jogja. Sabtu, 7 Agustus 2004, saya memenuhi undangan program A2 Fakultas Kehutanan untuk bicara masalah pengalaman pengembangan TI untuk pembelajaran.

Sejak jaman dulu kala, bahan-bahannya tidak banyak berubah. Pada saat diminta bicara soal Internet di hadapan pengurus DPW Muhammadiyah saya bicara soal bagaimana mendapatkan sambungan Internet dan konsekuensi sosialnya dengan judul Internet Organisasi.

Beberapa fasilitas mailing-list site isnet.org dulu dikerjakan dengan Perl karena itu sempat tertulis Tutorial Perl sederhana.

Catatan Perjalanan Penggunaan Linux adalah curhat Prastowo sebagai juru dakwah GNU/Linux.

Pernah juga saya diminta memberi pengantar Pemrograman Java, padahal waktu itu bahasa yang saya kuasai hanya FORTRAN, PROLOG dan Perl; tapi acara itu boleh juga buat memaksa diri belajar bahasa asing.

Paper yang sering saya bawa ke seminar adalah Mengapa Linux Dirasa Sulit? Paper ini memberi "simpati" kepada para pengguna komputer yang masih ragu-ragu beralih ke GNU/Linux.

Karena mengajar Kriptografi, pernah pula saya diminta bicara soal Keamanan Aplikasi Internet.

Ada hal menarik ketika mengikuti seminar Linux vs Windows di IST Akprind Yogyakarta yakni boleh jadi itu satu-satunya seminar nasional di Indonesia yang menghadirkan pembicara dari Microsoft dan Linux (diwakili majalah Info Linux).


Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 39AD di