Bambang Nurcahyo Prastowo

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat
Bambang Nurcahyo Prastowo: Pengamanan Data
Date: 01-03-07 09:33
Banyak teknik telah ditawarkan untuk mengaman data mulai enkripsi file individual (save with password di berbagai word processor, misalnya) sampai ke sistem email secure (dengan PGP misanya). Dalam praktek, saya sendiri boleh dikatakan tidak pernah memanfaatkan teknik pengamanan data tersebut dan juga jarang melihat orang memanfaatkan pgp dalam sistem email mereka serta enkripsi untuk penyimpanan file-filenya.

Mohon komentar teman-teman apakah \"kurang laku\"nya sistem-sistem pengamanan data itu disebabkan oleh tidak adanya kebutuhan atau karena justru para memakai merasa tidak aman (tidak lancar dalam bekerja) apabila menggunakan sistem-sistem pengamanan tersebut.

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik C33D di
  • 7. sahal

    sebenarnya faktornya sangat simple menurut saya, banyak orang tidak aware mengenai cara hidup di dunia maya. Banyak orang berfikir karena di dunia maya orang tidak bersinggungan / bertatap langsung sehingga rasanya lebih aman, padahal di dunia maya bisa jadi lebih berbahaya dari dunia nyata.

    Internet yang tampaknya membuat seseorang terisolir tidak disadari bahwa sebenarnya dia lebih terhubung daripada ketika dia berada di dunia nyata, dan banyak orang merasa nyaman dan aman ketika berada di balik layar monitor

    27-02-08 10:29
  • 6. wimkhan

    kenapa kita gak mau atau suka pakai password untuk file yang kita buat. alasannya ya dama dengan beberapa yang udah dikemukakan oleh ardi.

    Tapi masih ada tapinya!
    (rekursif sentence nih) .... he ..... heee ...

    masih ada faktor budaya juga. apa contohnya ;
    bayangkan jika kita hidup di sebuah lingkungan yang mempunyai kecendrungan untuk melihat/membaca apa isi file kita padahal tindakan ini dilarang.

    maksudnya apa sih:
    maksud saya, bagaimana jika kita adaah seorang mahasiswa yang sukses tidaknya kehidupan akademiknya tergantung dari makalah-makalah yang kita buat (seperti yang pernah saya lihat dalam film beautiful mind dimana john nash sangat hati-hati dengan setiap karya bahkan ide yang masih abstrak yang ada di kepalanya sehingga ia menjadi agak-agak tertutup ketika teman-teman setingkatnya menanyakan apa ide yang sedang dipikirkannya). saya rasa, di dalam lingkunagn seperti ini, password akan menjadi salah satu faktor kunci agar seseorang bisa merasa aman dengan karya yang ditulisnya.

    nah itu dia intinya; kultur atau budaya kita sendiri (maksud saya mahasiswa ugm beserta semua dosen-dosennya ... ha .... ha ... sebenarnya ga gitu -gitu amat sih) ....


    13-03-07 08:36
  • 5. prastowo

    Ada beberapa teman yang memang merasa kurang aman menyimpan file dalam bentuk terenkripsi karena takut lupa password.

    08-03-07 02:12
  • 4. Indra

    Ya jelas kurang laku pak. Data yang dikirim itu bukanlah data yang mencapai level amat sangat penting untuk diamankan. Atau bisa juga sudah terbentuk paradigma berpikir bahwa data yang dikirimkan tanpa pengamanan itu sudah aman dari gangguan pihak2 lain. Siapa lagi yang mau mbuka2 email dari anak ke ortunya yang cuman mau meminta tambahan uang saku buat kuliah. Tapi ketika kita berbicara tentang data2 top secret yang bersliweran di pihak intelegent,tentunya mereka akan mati2an menjaga keamanan data yang mereka kirimkan. Bahkan menggunakan metode2 yang jarang diketahui khalayak(Digital Fortress bangett)

    08-03-07 01:54
  • 3. ardi SW

    sebab sebabnya:
    -ngga mau ribet
    -pengen cepet
    -ngga sempet ngeset
    -filenya ngga penting banget
    -dah ada proteksi dari OS dan aplikasi, misalnya dari mail clientnya

    05-03-07 04:53
  • 2. perdana

    menurut saya, tergantung data yang diamankan, klo ga penting2 amat, kadang2 orang malas juga untuk mengamankannya. Dan mungkin belum semua orang yang familiar dengan teknik pengamanan tersebut (PGP, dan lain sebagainya). -CMIIW-

    02-03-07 09:18
  • 1. arwan

    belum paham kalo ada... kyanya deh....
    lagipula cenderung merepotkan kalo mau membuka langsung, bagi pemakai

    01-03-07 05:43