}Continuous Improvement Pada suatu hari saya terlibat percakapan dengan vendor peralatan komputer tertentu mengenai berapa lama barang terkirim ke pembeli terhitung sejak dibuatnya PO (purchase order/pernyataan membeli). Dia mengatakan 40 hari. Saya bilang kan bisa 2 minggu? Dia tetap bertahan dengan angka 40 untuk dituliskan pada dokumen kontrak. Saya kejar, kalau bisa 2 minggu, mengapa harus ditulis 40 hari? Dia mengatakan bawah sampai saat ini perusahaan belum bisa menjamin 2 minggu untuk semua pembelian (bisa untuk pembelian yang sedang dibahas waktu itu).

Apaa maknanya? Dia bilang kualitas pelayanan tidak boleh mundur. Apabila suatu order secara formal telah terlayani dalam 2 minggu, maka untuk selanjutnya order-order lain tidak boleh terlayani lebih lama dari 2 minggu. Pada dasarnya customer pada gilirannya juga memilik beban tanggung jawab tertentu yang pelaksanaannya kadang sangat bergantung pada kualitas layanan vendor yang dia gunakan. Oleh karena itu pernyataan "paling lambat dalam 40 hari barang sudah sampai" lebih menentramkan dibanding janji "saya usahakan bisa sampai dalam 2 minggu."

Tugas: Tuliskan komentar saudara mengenai butir-butir continuous improvement pada profesionalisme sebagai mahasiswa semisal apabila pada semester satu mendapat IP 2.5, semester berikutnya tidak boleh kurang dari itu. Seberapa jauh butir-butir jaminan kualitas bisa dipertahankan?