!Mohon teman-teman membaca penjelasan pendek di butir-butir acara kuliah dan mengirimkan karya tugasnya dalam bentuk komentar pada setiap butir tersebut. Tidak ada halangan untuk mengomentari komentar teman lain yang masuk. Yang tidak mengirimkan komentar, dihitung tidak mengerjakan tugas. Kita semua sedang belajar, apapun opini yang anda tuliskan, kita semua happy-happy saja, tidak perlu pakai minta maaf segala :-)

Kuliah Ilmu Profesi dan Masyarakat

Judulnya agak aneh, tapi pada dasarnya kuliah ini mendiskusikan etika profesi pada umumnya dan profesi yang akan digeluti lulusan Program Studi Elektronika dan Instrumentasi khususnya. Bahan bacaan mengacu ke segala macam buku yang berkatian dengan etika profesi yang banyak dijumpai pada Engineering dan Kedokteran. Etika profesi scientist juga menarik untuk disimak.

Sebagai working example, siswa diminta menyiapkan diri untuk membangun portal layanan masyarakat secara profesioanal. Topik layanan bebas sesuai kemampuan masing-masing. Selain mengacu pada kemampuan diri, pilihan topik layanan harus memperhatikan kebutuhan masyarakat baik yang kita ciptakan atau yang sudah terlihat nyata.

Tugas minggu 1: Create [[email dan web account]] di ugm.ac.id

Tugas minggu 2: Siapkan [[topik layanan masyarakat]] berbasis web melalui Internet.

Tugas minggu 3: Teknik pemasaran secara [[etis dan profesional]]

Tugas minggu 4: Menjamin mutu layanan; [[manual dan standard operating procedure]]

Tugas minggu 5: [[Continuous improvement]]: standar minimal pelayanan

Tugas minggu 6: [[Mendahulukan Kepentingan Masyarakat]]

Tugas minggu 7: [[Pendidikan Formal dan Sertifikasi Keahlian]]

Tugas minggu 8: [[Asosiasi Profesi]]

Tugas minggu 9: [[Informatika Sosial]]

Tugas minggu 10: Dampak Sosial Teknologi

Tugas minggu 11: Teknologi untuk Perubahan Sosial

Tugas minggu 12: [[Tanggungjawab Sosial]]

Tugas minggu 13: [[Copyright dan Patent]]

Tugas minggu 14: Peraturan Perundang-Undangan

Tugas minggu 15: Kontribusi Sosial

Tugas minggu 16: Profesi dan Politik

Pelaksanaan tugas dilakukan dengan menuliskan langsung pendapat anda di website ini sebagai komentar, tidak perlu mencantumkan identitas komplit, asal sudah login terlebih dahulu kan sudah jelas siapa menulis apa. Jangan lupa menyimpan di storage sendiri. Menjelang akhir acara perkuliahan (bisa dicicil mulai sekarang), koleksi tulisan anda masing-masing harap disusun menjadi paper untuk dikumpulkan, hardcopy, pada saat ujian akhir. Paper yang anda tulis bisa dilengkapi dengan kutipan pendapat teman atau pendapat lain di Internet sepanjang kutipan tersebut jelas menyebutkan sumbernya.