Kita bisa memperoleh data dari berbagai sumber. Dua sumber yang jelas sudah di tangan (dalam arti bisa/boleh kita olah setiap saat) adalah # koleksi file di komputer yang kita gunakan sehari-hari beserta external storagenya (CD, flashdisk, external hardisk, dll) # Internet

Tugas 2: Cermati content dari koleksi file yang ada di komputer masing-masing. Tuliskan artikel tentang pribadi anda masing-masing berdasar file-file yang terkoleksi di komputer tersebut. Coba gali sebanyak-banyaknya fakta tentang diri anda. Berikut ini daftar data-data yang mungkin bisa membantu. Anda bisa memikirkan data-data lain yang bisa digali dari koleksi storage masing-masing. # seberapa besar rata-rata ukuran file yang ada? # berapa persen (dari sisi size maupun jumlah file) anda mengkoleksi file yang bersifat hiburan dan berapa persen untuk keperluan akademik? # Seberapa sistematis anda menyimpan file? Berapa level anda menyusun hirarhi folder (directory)? # Berapa banyak file didapat dari download ari Internet? copy dari CD? copy dari komputer teman? # Apakah anda lebih sering menyingkat nama file/folder daripada menuliskannya dengan kata utuh? Kalau menyingkat, apa aturan penyingkatannya? # Apakah anda mengkoleksi semua email yang masuk dan semua email yang keluar? # Internet yang anda akses lebih banyak situs luar atau dalam negeri? # lain-lain... silakan buat butir-butir pertanyaan sendiri.
Dari data-data tersebut, coba simpulkan beberapa hal. Contohnya, orang yang banyak download dari Internet bisa jadi bersifat boros atau royal (dari sisi biaya warnet). Yang banyak menyingkat nama file sangat boleh jadi punya ingatan yang kuat, dsb. Dari koleksi email dapat diduga orang supel bila koleksi email addressbook cukup besar dan jumlah email keluar seimbang dengan jumlah email masuk. Kembangkan imajinasi anda untuk menggali kenyataan tentang diri anda sebanyak-banyaknya dari segala yang anda simpan di komputer.