Bambang Nurcahyo Prastowo

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Kuliah

1. Pengantar Blockchain (Pilihan Elins/Ilkom, 3 SKS)
Kuliah ini memberi pemahaman dan pemanfaatan komputasi dan matematika pendukung teknologi blockchain yakni hash function dan public key cryptosystem untuk menjaga integritas dan otentisitas data catatan transaksi (ledger). Pengajaran akan dilakukan menggunakan kasus integrasi teknologi blockchain dan Internet of Things untuk mendalami kasus menjaga integritas data IoT dan menggunakan data IoT sebagai bagian dari smart contract (skrip program yang dimasukkan sebagai konten transaksi untuk dieksekusi setiap kali ada akses ke transaksi yang bersangkutan).

2. Pemrograman Jaringan dan Piranti Bergerak (PJPB, Pilihan Elins, 3 SKS)
PJPB membahas pengembangan aplikasi client-server melalui sistem jaringan Internet mulai dari pengenalan server web dengan mengutamakan pembuatan web service sebagai application programming interface (API). Selain itu, PJPB juga akan membahas aspek-aspek utama dari aplikasi piranti bergerak seperti: ukuran layar, deteksi posisi potrait/landscape, keamanan koneksi 24 ke Internet, serta akses sensor-sensor dalam piranti bergerak. Kuliah akan dilakukan menggunakan project pengembangan aplikasi piranti bergerak untuk membaca informasi serta mengendalikan perangkat hardware yang terhubung ke komputer di sisi server sebagai studi kasusnya. Kuliah ini akan diselenggarakan dalam Bahasa Inggris karena setengah semester kedua akan digabungkan secara daring dengan kuliah serupa dari Universiti Teknologi (UiTM) MARA Malaysia.

3. Kapita Selekta Sistem Komputer dan Jaringan (KS SKJ, Pilihan Elins/Ilkom 3 SKS)
Kuliah ini mendiskusikan gambaran umum topik-topik penelitian di Laboratorium Sistem Komputer dan Jaringan yang dapat dilihat di sini.

4. Pemodelan Jaringan Komunitas Digital (PJKD, Pilihan Ilkom, 3 sks)
Komunitas digital adalah sekumpulan manusia dengan kesamaan ide, kepercayaan dan minat, yang terbentuk karena ketersediaan dan penggunaan media komunikasi digital. Pemodelan Jaringan Komunitas Digital mempelajari persamaan matematik dari relasi graf yang mendasari terbentuknya komunitas digital untuk menjelaskan dan membuat prediksi pertumbuhan dan perkambangannya yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti keamanan, perlindungan data privasi dan berbagai regulasi baik yang ditetapkan pemerintah maupun sebagai kebijakan penyelenggara sistem komunikasi sosial.

Penelitian

Konvergensi Blockchain dan IoT
Blokchain adalah teknik pengamanan integritas dan dan otentisitas pelaku transaksi (pengirim dan penerima data) dengan memanfaatkan fungsi kriptografi hash dan sistem kunci publik. Internet of Things (IoT) adalah sistem integrasi siber dan fisik melalui jaringan Internet. Pemanfaatan blockchain untuk pengamanan IoT serta IoT sebagai bagian dari persamaan komputasi transaksi smart contract dalam blockchain merupakan obyek penelitian yang masih terus berkembang.
Mahasiswa yang tertarik untuk skripsi di bidang ini dapat mulai mengambil kuliah seminar dengan berbagai topik yang bisa diGooge dengan kata kunci blockchain IoT. Berikut ini bacaan yang saya rekomendasikan.
https://www.ibm.com/blogs/blockchain/2020/08/how-blockchain-adds-trust-to-ai-and-iot/
https://www.i-scoop.eu/internet-of-things-iot/blockchain-iot/
https://builtin.com/blockchain/blockchain-iot-examples
Komprehensif survey bisa dilihat di
https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2096720921000014
Mahasiswa Ilkom dapat mengambil seminar bidang penelitian blockchain untuk pengamanan dan otentikasi data dan obyek dalam berbagai konteks dari sistem informasi.

Informatika Sosial
Informatika Sosial adalah studi tentang dampak sosial dari kehadiran teknologi informasi dan komunikasi di masyarakat serta perancangan sistem teknologi informasi dengan pola pikir membentuk perubahan sosial ke arah yang lebih baik. Beberapa topik penelitian di bidang informatika sosial antara lain: pengembangan sistem informasi yang melindungi data pribadi para penggunanya; sistem komunikasi sosial terdistribusi; online game; aset uang kripto dan NFT; dan sebagainya.

Bacaan Informatika Sosial bisa diriset dari internet dengan kata kunci social impact dan berbagai buzzword teknologi informasi sekarang seperti AI, big data, cryptocurrency, NFT, metaverse dll.

  1. THE IMPACT OF ONLINE GAMES ON SOCIAL AND COGNITIVE DEVELOPMENT ON ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS https://repository.bbg.ac.id/bitstream/495/1/ICIP2017_040_paper.pdf
  2. Blockchain for Social Impact: The Good, Bad, and in Between
  3. Big Data and Their Social Impact: Preliminary Study
  4. Ten NFT Projects and Collectives Disrupting Social Impact
  5. The impact of artificial intelligence on human society and bioethics

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik AAA4 di
  • 2. bambang prastowo

    UGM

    23-11-22 09:43
  • 1. Bambang Pastowo

    http://www.ugm.ac.id

    23-11-22 09:42