Basmi segala bentuk perploncoan

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Basmi segala bentuk perploncoan

Date: 05-03-07 07:44
Setiap awal tahun ajaran, selalu saja kampus ini diwarnai dengan kegiatan bentak-membentak mahasiswa baru. Apapun alasan dan tujuannya, membentak mahasiswa baru merupakan perbuatan yang tercela. Buat teman-teman mahasiswa, mari kita buat kegiatan percepatan orientasi kampus mahasiswa baru agar kualitas warga UGM semakin meningkat dari generasi ke generasi.


Ada banyak hal yang bisa dilakukan. Buat teman-teman pemerhati kemajuan teknologi informasi dan komunikasi kampus, bagaimana kalau kita buat kegiatan pengenalan fasilitas TIK kampus:
- mail, IM, dan web hosting (kursus singkan membuat web log?)
- public terminal dan WIFI
- Googling dan searching journal ilmian on-line
- dll yang kita pikirkan bersama
Basmi segala bentuk perploncoan, isi masa orientasi kampus dengan kegiatan percepatan peningkatan prestasi di segala bidang.


Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 23A5 di
  • 11. ospek... melulu

    tuh panitia ospek cman pengen nunjukin kalo dirinya sangar (kalo bergerombol sih) trush minta di hormatisegani (gila hormat, kurang dapat kasih sayang ya), yang pasti saya TIDAK SETUJU ospek jaman sekarang, mending ada manfaat banyakan mudharatnya, ayoo anak2 baru kompak kalo senior mulai membentak/mencela hajar saja urusan di belakang , kantor polisi banyak koq santai saja, masyarakat pasti dukung orang yang teraniaya

    07-08-07 03:07
  • 10. arwan

    gmana pak sebentar lagi penerimaan mahasiswa baru dan masa orientasi mahasiswa baru sudah semakin dekat...
    apakah akan ada "gerakan"

    24-05-07 01:28
  • 9. Affan

    Atau diganti aja pak acara ospeknya, bikin acara spt Takeshi Castle gitu, tapi tugasnya musti setup wireless network point to point di Lt 9, tapi nggak boleh naik lift ;) Atau suruh bikin backbone 10Base5 nyolder sendiri ;)

    Kata orang dulu sih, OS itu masih ada kreatif2 nya gitu, tapi sekarang sih isinya bentak2an aja, arogansi.

    26-04-07 10:55
  • 8. arwan

    mulai tahun besok saya sudah berhasil mulai memasyarakatkan TI di fakultas saya, berawal mula mereka berkonsultasi mengenai komputernya yang terkena virus saya berikan doktrin sdikit demi sedikit mengenai menariknya TI, apa saja keuntungan mengetahui hal tersebut, apa itu PID dalam OS, hal-hal yang sederhana, sampai mereka menginginkan membuat workshop secara privat, dan menurut rencana ada HMJ, dan BSI di fakultas yang tahun 2008 bsok memasukkan program pengetahuan TI dalam menaikkan tingkat pengetahuan pengurus barunya.... dan sy juga termasuk diminta ikut berperan..... meskipun sulit awal mulanya tapi kalo grass rootnya dah tertarik bisa di loby...

    coba masa pertama kali masuk maba dan saya kemukakan mereka malah mencibir, buat apa dimasukkin pengetahuan TI orang itu bukan bidang kita, kasi ke tkg reparasi aja beres...

    yahh meskipun begitu saya masih dalam tahap belajar masih banyak kekurangan ilmu, belum sehebat yang lainnya.... ;P

    18-04-07 06:38
  • 7. setyo

    saya setuju...pokoke saya mau 100% jadi volunter, hubungi saya di marchingband@ugm.ac.id.

    sekalian kita harus memperkenalkan bahwa kita bisa punya situs dibawah domain ugm.ac.id, saya liat ga banyak yg tahu tentang hal itu.kbanyakan taunya friendster.

    05-04-07 01:36
  • 6. Ian

    Wah saya jadi ingat lufty

    21-03-07 05:06
  • 5. arwan

    bagaimana kalo mendelegasikan saja ke setiap mahasiswa fakultas masing2 untuk itu, ntuk awal ga perlu semua 6000 mahasiswa datang ke PPTIK, mencoba dari awal dulu seperti merakit komputer contohnya kan di PPTIK banyak jeroan yang kemungkinan bisa dipinjamkan...?

    mahasiswa seniornya yang menjadi relawan kan bisa di transfer pengetahuannya dulu baru nanti mereka mentransfernya... yahh paling tidak untuk ini harus ada mahasiswa2 yang mau tampil "BEDA" diantara yang lain.....

    07-03-07 04:43
  • 4. prastowo

    Dua-duanya, saya kesal dengan acara bentak-membentak serta atribut dan kegiatan aneh-aneh di kampus. Kalau terjadi lagi tahun ini, saya berencana untuk demo didepan para senior arogan itu. Selain itu, saya punya gagasan untuk mengenalkan fasilitas TIK kampus seawal mungkin ke mahasiswa baru agar mereka segera bisa menggali dan memanfaatkan sumber-sumber ilmu di Internet sebagai bagian penting dari penerapan konsep student centered learning. Pelaksanaannya tentu tidak mudah. Insya Allah akan ada sekitar 6000 mahasiswa baru.
    Sementara lupakan dulu workshop praktek. Untuk menyelenggarakan tutorial saja, dengan ukuran ruang 60 siswa, kita perlu 100 sesi. Untuk pengenalan lengkap, per sesi perlu waktu minimal 2 jam. Kalau kita jadwalkan 4 sesi per hari dalam waktu 5 hari, kita membutuhkan setidaknya 4 ruang paralel.
    Kalau tutornya kira-kira apakah kita bisa dapatkan cukup mahasiswa senior yang bersedia manggung?

    07-03-07 01:26
  • 3. arwan

    mohon maaf pak sebenarnya,bapak ini kesal dengan kegiatan perploncoan yang buang waktu atau mau memasyarakatkan TIK??

    kalau rencananya mo memasyarakatkan TIK, subhanallah akhirnya ada gerakan juga untuk mengenalkan TIK dan mengurangi kegaptekan....
    malah lebih luar biasa lagi bila kegiatan ini di motori PPTIK sebagai kordinatornya dan mahasiswa2 di setiap fakultas sebagai ujung tombaknya, yang dipersiapkan PPTIK sebagai "agen of change"

    semoga ini tidak hangat di awalnya saja... maju terus Teknologi Informasi Komunikasi di lingkungan Kampus kita tercinta...

    06-03-07 05:22
  • 2. arwan

    kapan ngumpulnya???

    ayoo dah... kalo di fasilitasi, untuk alat2 presentasinya...

    06-03-07 05:02
  • 1. ronny s

    setuju pak. biasanya pembentakan itu karena masalah balas dendam (dulu pernah di bentak juga), merasa harus dihormati oleh maba (mahasiswa baru), dsb. menurut saya praktek perploncoan selama ini tidak menimbulkan rasa hormat mahasiswa baru terhadap mahasiswa lama. yang didapat hanya lingkaran setan dendam karena perploncoan yang dialami dan nantinya dilampiaskan pada mahasiswa baru tingkat dibawahnya. tentunya rencana ini harus didukung oleh pihak yang berwajib (pptik ?). diharapkan dengan kegiatan ini maba dapat menguasai dan menggunakan fasilitas tik kampus dengan baik dan pptik menjadi terlecut untuk senantiasa memberikan pelayanan tik yang lebih baik pada mahasiswa.

    05-03-07 11:22