Peran Bahasa Pemrograman

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Peran Bahasa Pemrograman

Date: 06-01-07 07:58
Wendy menanggapi artikel saya yang menyoal peran Visual Basic dalam tugas akhir mahasiswa Ilmu Komputer/Teknik Informatika. Karena panjang, tanggapan itu saya masukkan ke blog ini dengan sedikit editing format dan typo; beberapa tempat saya tambahi komentar dalam kurung kotak. Enjoy.

Mengembangkan Topik Tugas Akhir
Oleh Wendy
Kesalahan membedakan tool dan objek penelitian seperti masih sangat banyak yang tidak menyadari, karena kekurangkritisan dalam berpikir. Apalagi masalah kesalahan-kesalahan penulisan, pemilihan kosa kata, penyusunan kalimat dan sebagainya, masih banyak orang yang tidak peduli pada bahasa, masih banyak orang (termasuk dosen) yang berkata seperti \"ah, biarin lah, ga ngaruh, yang penting ada, lagian ga dibaca kok\". Orang-orang berkata seperti itu menurut saya adalah orang-orang yang tidak memiliki kebiasaan, kejelian, bahkan kemampuan membaca.

Biasanya orang mengukur orang lain berdasarkan diri sendiri, nah ini dia, orang-orang itu mengira semua orang sama seperti dia. Bikin abstrak berbahasa inggris cuma pake TransTool, yang hasilnya amburadul pun TA-nya disetujui dan sidangnya lulus, dapat gelar sarjana, (?).

Saya sependapat dengan Pak Bambang. Saya juga merasa ada yang salah, kesalahannya ya itu kan, mencantumkan keterangan \"...dengan Visual Basic\", \"...dengan Visual Basic 6.0\", dan sejenisnya, sementara penelitiannya tidak mengandung studi tentang VB dan hal-hal tentang bagaimana VB digunakan dalam pemrograman, pembangunan suatu SI, dan sebagainya. Kita ambil contoh saja judulnya begini \"Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang di Toko A Menggunakan Visual Basic versi 6.0\". Hehe, bentuk kalimat judulnya dan kosa katanya memang ga jauh-jauh dari seperti itu. Ngomong-ngomong, nulis \"analilis\"-nya aja \"analisa\" (i images/smile.png)OK, harusnya kan kalau judulnya seperti itu ya laporannya kurang lebih begini:
- Pertama, bagian latar belakangnya mengandung deskripsi umum dan singkat yang merupakan jawaban dari pertanyaan \"mengapa penjualan barang di toko A perlu dibuatkan SI-nya?\",
- dilanjutkan dengan deskripsi umum dan singkat yang merupakan jawaban dari pertanyaan \"mengapa menggunakan Visual Basic 6.0?\".
- Kedua, di bagian identifikasi masalah mencantumkan pertanyaan-pertanyaan seperti:
(1) Bagaimana sistem penjualan barang di Toko A?,
(2) bagaimana Visual Basic 6.0 digunakan dalam APSI Penjualan Barang?,
(3) Memangnya kalau menggunakan selain Visual Basic 6.0 bagaimana? kan bisa aja pake VB.NET atau VB5 atau C# atau C++ atau Delphi atau Java,
(4) Seberapa baik sih Visual basic 6.0 digunakan dalam APSI penjualan barang?, dan sebagainya.
- Ketiga, bagian pembatasan masalahnya mengandung kurang lebih hal-hal seperti ini:
(1) SI penjualan barang di Toko A,
(2) penggunaan Visual Basic 6.0 dalam membangun SI di Toko A.
- Keempat, bagian tujuan penulisan/penelitiannya mengandung kurang lebih hal-hal seperti ini:
(1) memahami sistem penjualan barang di Toko A,
(2) mempelajari cara membangun SI penjualan barang,
(3) memahami lebih jauh tentang Visual Basic 6.0,
(4) mempelajari bagaimana Visual Basic 6.0 digunakan dalam membangun SI penjualan barang,
(5) mempelajari sebeberapa baik Visual Basic 6.0 digunakan dalam membangun SI penjualan, dan seterusnya.
- Kelima, landasan teorinya mengetengahkan teori-teori tentang informasi, SI, APSI, Visual Basic 6.0 dari aspek bahasanya sampai fitur-fitur teknologinya.
- Keenam, di bagian analisis selain mengemukakan analisis tentang SI penjualan barang di Toka A, ya juga analisis tentang Visual Basic dari aspek bahasa sampai fitur-fitur teknologinya.
- Ketujuh, bagian perancangan memaparkan perancangan SI penjualan barang di Toko A, dan pemrogramannya menggunakan Visual Basic 6.0, bagaimana algoritma-algoritma tertentu diimplementasikan dengan Visual Basic 6.0, dan penggunaan beberapa fitur teknologi pada Visual Basic 6.0.

Catatan: Khusus mengenai APSI-nya, biasanya TA-TA yang \"beginian\" ini di jaman sekarang pun masih pake APSI terstruktur, digramnya pake DFD. Padahal sekarang kan sudah banyak dikembangkan metodologi-metodologi mutakhir (yang sudah barang tentu pada dasarnya jauh lebih baik daripada medolofi terstruktur) untuk analisis dan perancangan baik perancangan sistem maupun perancangan perangkat lunak, paling tidak yang sudah umum digunakan adalah OOAD, diagram-diagram yang digunakannya use case diagram, sequence diagram, dan lainnya sesua dengan kebutuhan.

Selanjutnya, metoda pemrograman yang dipake juga setidaknya ya OOP lah sekarang.Kedelapan, bahaslah bagaimana SI yang dibangun dengan menggunakan Visual Basic 6.0 itu diimplentasikan di Toko A.Kesembilan, bagian kesimpulan menyimpulkan tentang (diantaranya):
(1) APSI penjualan barang di Toko A,
(2) kegiatan penjualan barang di Toko A dengan menggunakan SI,
(3) apresiasi tentang Visual Basic 6.0,
(4) nilai-nilai yang diperoleh dari penggunaan Visual Basic 6.0 dalam pembangunan SI penjualan barang.
- Kesepuluh, bagian saran (kurang-lebih):
(1) menyarankan atau tidak menyarankan (tergantung pada hasil penelitiannya) membangun SI untuk sistem penjualan barang di Toko A,
(2) menyarankan atau tidak menyarankan (tergantung pada hasil penelitiannya) penggunaan Visual Basic 6.0 dalam pembangunan SI penjualan barang,
(3) saran untuk perbaikan di masa yang akan datang, terkait dengan (misalnya) kendala-kendala yang dialami selama penelitian,
(4) saran bagi peneliti-peneliti selanjutnya, dan seterusnya.Mungin gitu ya Pak?, ya maklumlah saya bukan orang hebat kok. Teman-teman bisa kembangkan dan perbaiki komentar saya di atas.Saya sebenarnya punya sifat malas berkomentar, karena biasanya saat saya merasa ingin berkomentar saya merasa begitu banyak yang ingin saya katakan, sampai-sampai saya masalah memilih starting point. Saat awal Pak Bambang menulis saya sudah baca, tapi ya itu tadi, saya malas berkomentar.

Melihat komentar-komentar yang pada ga nyambung terus saya jadi gatel .Mungkin sebenarnya inilah pangkal masalahnya, kemampuan menyimak yang memprihatinkan, akibatnya kemampuan berbahasanya juga memprihatinkan, otomatis kemampuan akademisnya juga memprihatinkan, karena betapapan knowledge transfer itu protokolnya adalah bahasa, dan destination bisa me-receive dengan kemampuan menyimak yang memadai.

Lebih parah lagi dosen meraka juga biasanya adalah orang-orang yang dulu waktu kuliahnya seperti mereka. Dan sampai saat ini tidak pernah meng-upgrade pengetahuan, karena tidak memiliki bakat dan kebiasaan mengeksplorasi, tidak haus ilmu pengetahhuan, bukan jiwa pemakan ilmu pengetahuan. Kadang-kadang sang dosen bisanya jadi dosen itu juga hanya sebagai alternatif dari ketakprofesionalan mereka di bidangya.Lagi, udah jelas si anak emang begitu, pembimbingnya juga ya...h, ga tau deh. Yang jelas TA-nya seperti tidak dibimbing.

Di bagian akhir ini saya memang sengaja agak pedas, karena saya memang melihat dan merasakan berada di dalam suasana seperti itu. Lagi pula tentunya di sini saya tidak perlu merepresentasikan isi hati sacara saca semu.Saya mahasiswa TI suatu PTS yang nuansanya seperti yang saya gambarkan Pak. Saya muak dengan beberapa diantara dosen-dosen saya. Tapi apa boleh buat, kuliah saya harus selesai dan saya harus berusaha mendapatkan nilai A untuk semua matakuliah (ga sepenuhnya tercapai sih ).

Untuk meraih profesionalitas demi masa depan, saya harus lebih intens otodidak, karena... apalah yang saya dapat dari kampus. Saya berani bicara begini kepada Bapak karena saya yakin Bapak tidak termasuk tipe-tipe seperti di atas, jelas setidaknya Bapak adalah dosen PTN qualified.Coba lihat, Aduh aduh.......!!!, ha7...yang terbilang agak bisa nyimak maksud pak bambang cuma Syarifudin, dan saya kali ya yang paling kebangeten itu UOEN, udah pak bambang komentar n komentar lg segitu tandesnya, masi...h ga nyambung juga, hm....

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 2753 di
  • 15. Rizal

    terimakasih atas postingannya bos..
    travel
    property

    22-06-09 09:04
  • 14. keren man

    keren man,,

    mantap

    10-06-09 06:08
  • 13. orang keren

    lapar

    24-05-08 03:01
  • 12. Erni

    Selamat pagi Pak? Pak saya sedang mengerjakan Tugas Akhir saya kesulitan membuat bentuk tampilan webyang baik dengan Judul Sistem Penjualan , sebelumnya trimakasih

    05-05-08 08:25
  • 11. bastanul

    pak Prastowo,saya sedang kesulitan buat tugas akhir nich,saya ingin memberi judul "APLIKASI PENJULAN NASI GORENG DENGAN VISUAL BASIC 6.0" sebelumnya terima kasih Pak Prastowo.

    03-04-08 08:55
  • 10. same

    Bisa krimin gambar DFD penjualan Toko pak..

    02-06-07 12:30
  • 9. Wendy

    Mohon maaf, Pak. Untuk selanjutnya mungkin saya akan menyapa Bapak dengan "Pak Bambang", "Pak Nurcahyo", "Pak Nur", "Pak Cahyo", "Pak Prastowo", "Pak Pras", "Pak Towo" sekenanya deh, soalnya saya tidak tahu Bapak lebih suka atau biasa dipanggil apa, atau malah itu tidak penting buat Bapak

    13-03-07 02:49
  • 8. Wendy

    Buat angga386@y.co.id: Kamu kreatif dan produktif. Teruskan dan sukses buat kamu. bravo

    13-03-07 02:12
  • 7. Wendy

    Pak Prastowo, saya kok jadi nompang nge-blog sih, he2. Mhon maaf dan makasih banyak ya Pak

    13-03-07 02:08
  • 6. Wendy

    Buat asty: Kamu baik banget, luar biasa. Makasih banget...

    13-03-07 02:06
  • 5. Wendy

    Buat Kukuh:- Terima Kasih untuk memuji saya- Jawabnya "Ya".Kukuh bisa bareng pembimbing merujuk secara saksama Pedoman Tugas Akhir yang berlaku di kampus Kukuh. Buka bagian ketentuan yang berkenaan
    dengan "judul" TA. Kuasai "what", "who", "when", "where", "how" dan "why" tentang TA Kukuh. Kalaupun judul itu harus mencantumkan "pendekatan" yang digunakan, Kukuh bisa cantumkan metodologi yang Kukuh gunakan, misalnya terstruktur, orientasi objek, orientasi layanan, atau yang lainnya. VB hanyalah kakas (tool) kan?, VB bukan metodologi. Sebenarnya "pendekatan" juga bukan "metodologi", "pendekatan" adalah "approach". Lebih luasnya kukuh pasti ingat apa itu paradigma, dalam paradigm ada methodology, approach, architecture, framework, dan pattern. Hati-hati: Jangan terkecoh dengan "how", "how" tidak mensyaratkan bahwa "tool" harus tercantum dalam judul.Tapi kalau Kukuh memang meneliti VB ya Kukuh harus mencantumkan VB-nya di judul.Gitu aja kali ya Kuh?, takut kepanjangan lagi neh. Maaf lo..., setulusnya tidak ada niat untuk sok menggurui. Thx, C ya...

    13-03-07 02:03
  • 4. Wendy

    Maaf buat semuanya, saya baru mampir di sini lagi. Terima kasih banyak Pak Prastowo untuk tanggapan Bapak. Ini hal yang sangat berharga buat saya. Terima kasih teman-teman untuk membaca dan memberikan komentar.

    13-03-07 02:02
  • 3. angga386@y.co.id

    sy pny ide untuk membuat
    TA "mekanisme pembayaran listrik untuk sektro perumahan" menggunakan PHP & MySQL.

    formulanya sudah ada,tinggal kemauannya aj..

    26-02-07 10:06
  • 2. asty

    wah tulisannya bagus banget...mengingatkan aku sebenernya aku mungkin salah satu orang yang tidak terlalu menggubris tentang tata bahasa yang baik..makasih karena hal ini memberi aku inspirasi agar lebih baik...

    25-02-07 09:48
  • 1. Kukuh

    Wah mantap jg pak, saya jg sedang ngerjain TA trus liat komentar ini jadi berpikir lagi....mo pake VB jg sih......Tapi klo misal ngga pake kata "Visual Basic" kita harus gimana pak? apa cuma mencantumkan "APSI penjualan barang di toko A"?? Nanti saya tanya jg pembimbing saya tentang ini...makasih ya pak

    14-02-07 02:15