Linux tapi Vista

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Linux tapi Vista

Date: 17-01-09 11:12
Saat Googling mencari software webcam recorder untuk Linux, saya menemukan situs berurl linux-webcam-motion-garchive.org. Dari namanya sepertinya cukup menyakinkan; pakai org lagi!

Yang menarik adalah produk-produk yang ditawarkan di situ berplatform Vista, Windows, Mobile. Aneh bukan? Rupa-rupanya kata "linux" cukup menarik sebagai media mendulang klik website. Setelah saya cek lagi, ternyata tidak ada situs ber url seperti itu. Terus-terang ini mainan baru buat saya. Teknologinya seperti rewrite atau redirect, tetapi yang saya heran kenapa bisa masuk di database Google? Bisa jadi yang masuk di Google adalah URL dengan parameter macem-macem yang kemudian dipercantik.

Penasaran saya coba buka http://garchive.org isinya direktori website biasa-biasa saja. Setelah saya tengok sourcenya, ternyata isinya hanya frame yang memuat lokasi searchportal.information.com dengan banyak paramater. Bula dibuang parameternya, tampilan akan dibawa ke information.com. Kalau dilihat sourcenya, ternyata situasi semakin mbulet.

Sekarang saya baru mulai bisa memahami mengapa proses googling atau mencari informasi dengan search engine lain tidak lagi senikmat beberapa tahun yang lalu. Kehadiran pihak-pihak tertentu yang secara sistematis melakukan penipuan semakin mencengkeram komunitas Internet.

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik 9B75 di