Peran Dosen dalam Memberi Bekal Mahasiswa Menghadapi Dunia Kerja

Bambang Nurcahyo Prastowo

Tenaga Pendidik di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM

Mail: prastowo@ugm.ac.id * Web: http://prastowo.staff.ugm.ac.id
Mobile: +62 811-2514-837 * CV singkat

Peran Dosen dalam Memberi Bekal Mahasiswa Menghadapi Dunia Kerja

Date: 08-08-17 05:02
Di group APTIKOM, mas Tony Dwi Susanto, ITS, mengajukan 5 pertanyaan terkait peran dosen dalam membekali mahasiswa menghadapi dunia kerja. Saya postingkan pemikiran saya di sini dengan harapan bisa menggali pemahaman teman-teman lain secara lebih luas.

1. Perlukah DOSEN mjd seorang PRAKTISI?

Tidak harus tapi bisa menjadi nilai tambah untuk memperkaya wawasan perkuliahan. Atau harus, bila menjadi praktisi itu dimaknai sebagai melaksanakan pengabdian pada masyarakat.

2. atau cukup ia mjd seorang PENELITI?

Selain meneliti, pada dosen ada tuntutan mengajar dan melakukan pengabdian pada masyarakat.

3. Mengapa apa yg diajarkan Dosen/prodi di kelas Belum mampu Menghasilkan Lulusan yg Siap Kerja?

Tidak selalu namun sangat mungkin terjadi karena menilik cepatnya perubahan, lingkungan kerja saat seseorang lulus dari suatu program studi sudah berbeda jauh dengan lingkungan kerja yang diproyeksikan saat kurikulum program itu disusun.

4. Benarkah S1 hanya menghasilkan "Lulusan Siap Latih"? ataukah istilah ini hanya alasan dr kegagalan "Link-and-Mach" sebagian besar kurikulum program S1 di Indonesia? (bukankah salah satu indikator akreditasi prodi adalah seberapa pendek masa tunggu kerja)

Spektrum operasional perguruan tinggi melebar dari ekstrim otonom dengan visi memembangun lingkungan baru dan perguruan tinggi kedinasan yang dirancang untuk menghasilkan lulusan spesifik menduduki lowongan kerja tertentu.

5. Jika no. 4 jawabnya Ya maka bagaimana usaha dosen/prodi S1 untuk memperbaikinya?

Dalam pemahaman saya kita bisa jembatani dengan:

a. Tumbuhkan kebiasaan dosen dan mahasiswa membaca segala macam buku, majalah, laporan, forum diskusi, yang dirancang/diterbitkan untuk kalangan profesional di bidang terkait semisal majalah Trubus untuk Fakultas Pertanian.

b. Tinjau kurikulum sesering perlu, tidak usah menunggu siklus evaluasi 5 tahunan atau uang tertuang dalam aturan tertentu.

c. Jalankan (minimal simulasikan) aktivitas real work dalam kampus sebagai salah satu tempat praktikum semisal gunakan real industrial grade source code libre office, apache web server, telegram chat client, sebagai working example dari praktikum software engineering . Praktekkan sesuatu mulai yang sederhana semisal menata ulang menu, mengubah kosmetik, sampai debugging memory managrment. Sederhana dalam arti scope perannya, bukan persoalannya. Mohon maaf contoh saya ambil dari dunia keilmuan yang saya ketahui.

Cukup lah bisa dikatakan sebagai pendusta, seseorang yang mengatakan semua yang didengarnya (h.r. Muslim)

Kirim Komentar

Nama:
Website:

Ketik A2C5 di